10 Spot Hits dan Instagramable di Desa Wisata Panusupan, Purbalingga

Ngadem.com – Purbalingga merupakan salah satu Kabupaten yang berada di wilayah Jawa Tengah. Selain terkenal dengan kota penghasil knalpot, Purbalingga juga jadi salah satu kota penghasil bulu mata dan rambut palsu di Indonesia. Namun siapa sangka, kalau Purbalingga -sebuah Kabupaten yang terletak di antara dataran tinggi Dieng dan Gunung Slamet ini memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Tak hanya tempat wisata alam, sejumlah wisata edukatif juga ada di Kabupaten yang mayoritas penduduknya berbahasa ngapak ini. Sampai puncaknya muncul spot wisata nge-hits di kalangan wisatawan bernama Desa Wisata Panusupan.

Desa Wisata Panusupan berada di wilayah Desa Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Konsepnya yang unik, ciamik dan instagramable, ditambah hawanya yang sejuk, membuat Desa Wisata Panusupan kian ramai dipenuhi wisatawan. Bahkan sering muncul di beberapa media online dan cetak.

Nah, berikut ini rangkuman keindahan dan keunikan Desa Wisata Panusupan Purbalingga dari Ngadem.com buat kamu.

1. Jembatan Cinta, spot selfie berbentuk hati yang bisa langsung membuat siapa saja jatuh cinta

jembatan-cinta
Foto dari @53pri

Jembatan Cinta ini adalah salah satu spot selfie yang ada di Desa Wisata panusupan. Jembatan yang dibangun dengan bambu wulung sepanjang 280M ini membentang di atas persawahan yang begitu hijau. Bentuknya yang unik membuat jembatan cinta sering dikunjungi wisatawan. Sekedar ingin menghabiskan waktu berdua dan tentunya foto-foto bisa kamu lakukan di sini. Nah, buat kamu yang lagu PDKT-an, bisa banget menjadikan spot ini buat nembak si doi. Secara tempatnya sweet abis.

2. Omah Susuh, spot selfie yang menyerupai rumah burung raksasa

omah-susuh
Foto dari @anggityugo

Ingin merasakan sensasi menjadi bayi burung? Coba deh ke Omah Susuh. Bentuknya yang menyerupai rumah burung raksasa ini menjadikan spot Omah Susuh spot favorit wisatawan.  Buat kamu yang ingin berfoto di spot ini siap-siaplah mengantri, karena banyak wisatawan yang ingin berfoto di spot unik ini.

3. Merasakan sensasi berdiri di atas lautan awan di jembatan selfie Puncak Sanderan

puncak-sendaren
Foto dari @_olisamping

Jembatan Selfie Puncak Sanderan terbilang menantang dikunjungi karena berada di ketinggian 6000 mdpl. View yang disuguhkan dari tempat ini begitu memukau dan membuat kamu terus berdecak kagum. Buat yang phobia ketinggian, sebaiknya pikir-pikir kembali sebelum selfie di spot yang tak kalah ciamik dengan spot Jembatan Cinta ini.

4. Rumah Pohon Kenangan menamparkan sensasi yang tak terlupakan

puncak-batur
Foto dari @baturadventure

Spot yang satu ini berada di kawasan puncak Batur. Jika diperhatikan, sebenarnya spot yang diberi nama Rumah Pohon Kenangan ini lebih menyerupai gardu pandang. Spotnya yang berada di ketinggian tentu memberi sensasi yang mengasyikan. Karena selain bisa foto-foto, kamu juga bisa menikmati pemandagan alam sekitar yang begitu elok nan mengagumkan, seperti Gunung Slamet yang berdiri kokoh, hamparan persawahan yang begitu hijau, dan keindahan kota Purbalingga.

5. Masih belum puas selfie-selfie? Lanjut ke spot Rumah Pohon Igir Wringin

rumah-pohon-igir-wringin-ii
Foto dari @ika-wahyu_s

Tak beda jauh dengan spot Jembatan Selfie dan spot Rumah Pohon Kenangan, spot Rumah Pohon Igir Wringin ini juga menawarkan sensasi menyenangkan di atas ketinggian dengan suguhan landscape epic antara kota Purbalingga dan kemegahan Gunung Slamet. Oh iya, Selain Puncak Sanderan dan puncak Batur, Igir Wringin juga recommended buat yang ingin latihan treking maupun hiking.


Baca Juga:

Satu Lagi Spot Selfie Kece di Purbalingga: Puncak Sendaren

Gardu Pandang Puncak Telkom: Tempat Nyore Asyik di Purbalingga

7 Tempat Wisata Hits di Purbalingga ini Bakal Buatmu Candu

Tempat Ngadem Hits di Purbalingga: Rumah Pohon Igir Wringin


6. Masih ingin menikmati pemandangan alam di ketinggian? Yuk, singgah sebentar di Taman Puncak Simbari Jaya

taman-puncak-srimbar-jaya
Foto dari @aam_riyanto

Taman Puncak Simbari Jaya terletak tidak terlalu jauh dari puncak Sanderan. Masih menawarkan pesona pemandangan dari atas ketinggian, Taman Puncak Sembari Jaya pun tak pernah sepi pengujung. Berada di sini, rasanya akan sangat sayang sekali bila tak foto-foto untuk mengabadikan pemandangan alam yang begitu hijau nan menawan.

7. Puas selfie-selfie, lanjut basah-basahan di Kedung Pingit yang aduhai

curug-pingit-kembar
Foto dari @agusz_bramasta

Kedung Pingit bukan hanya menawarkan sensasi pemandian alam, tapi juga pemandangan sekitar yang menyegarkan, susananya pun sangat mendamaikan karena jauh dari perkotaan. Untuk bisa ke sini, kamu mungkin akan dibawa blusukan terlebih dulu, tapi setelah sampai lokasi dijamin lelahmu terobati.

8. Selain Kedung Pingit, ada juga Curug Pesantren yang asyik buat basah-basahan

curug-pesantren
Foto dari @ukyfanany

Curug Pesantren memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Untuk bisa sampai ke sini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit dengan berjalan kaki dari parkiran. Lokasinya yang tersembunyi membuat kamu harus ekstra hati-hati. Selain itu, kamu juga harus menyusuri tebing-tebing di tepian sungan Pesantren. Setelah sampai lokasi, mata kamu akan langsung dimanjakan dengan pesona curug yang begitu elegan.

9. Susur Sungai Watu Mujur buat kamu para pecandu tantangan

sungai-susur-watumujur
Foto dari @alfinramadhan89

Spot wsiata Susur Sungai Watu Mujur ini cocok untuk kamu yang suka tantangan. Dipandu oleh Team Batur Adventure dijamin perjalanan susur sungai aman dan nyaman. Spot wisata Susur Sungai Watu Mujur ini bisa disebut juga Grand Canyonnya Purbalingga.

10. Sebelum oulang, sempatkan untuk mampir ke Petilasan Ardilawet.

ardilawet
Foto dari @robbyywardana

Petilasan Ardilawet ini merupakan spot wisata religi di Sesa Wisata Panusupan. Di sini, terdapat makam Syech Jambukarang. Tak heran, jika banyak peziarah yang menyambangi tempat ini. Menurut mitos yang berkembang, katanya siapapun yang berdoa di tempat ini makan doanya akan cepat diijabah. Wallahua’lam. Letaknya yang berada di ketinggian, membuat Ardilawet juga kerap dijadikan spot treking dan hiking oleh para wisatawan. View yang disajikan pun begitu memanjakan mata.

Nah… itulah spot-spot unik, ciamik dan Instragramable di Desa Wisata Panusupan, Rembang, Purbalingga. Selain memiliki spot-spot di atas, banyak hal menarik lainnya juga yang bisa kamu jumpai di sini, seperti tarian dayak, cocok tanam, pembuatan makanan khas Purbalingga, dan lain-lain. Buat yang ingin istirahat, di sini juga ada homestay. Tiket masuk Desa Wisata Panusupan untuk masing-masing spot wisata antara Rp2.000 sampai Rp5.000.

Tetap jaga kebersihan ya. Tetap jaga keindahan alam sekitar. Btw, selamat jalan-jalan. Selamat bersenang-senang.

(Foto featureddari @baturadventure)

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com – Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.