10 Tempat Wisata Hits di Medan dan Sekitarnya

Ngadem.com – Siapa sih yang gak kenal Kota Medan? Ya, kota yang menjadi tempat kelahiran sederet artis “Ibu Kota” ini mempunyai sejumlah obyek wisata yang begitu ciamik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Danau Toba. Menurut cerita yang beredar, di dasar danau tersebut terdapat sebuah desa yang tenggelam karena adanya peristiwa yang tak bisa dijelaskan oleh nalar pikiran. Singkatnya, peristiwa itu terjadi dengan amat dahsyat. Kalau masih gak percaya, baca aja deh cerita rakyat tentang asal-usul terjadinya Danau Toba.

Nah, selain memiliki Danau Toba yang begitu memukau, Medan juga dikenal sebagai kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Geliat perekonomian masyarakatnya membuat kota ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Tapi ternyata, bukan hanya kemajuan perekonomiannya yang menjadi daya tarik Kota Medan, melainkan tempat wisatanya. Ada banyak sekali tempat wisata di Kota Medan yang wajib kamu kunjungi! Oleh karena itu, kami akan mengajakmu jalan-jalan keliling Kota Medan dan sekitarnya untuk menikmati liburan seru dan asyik a-la Ngadem.com. Kamu mau ikutan? Yuk!

1. Pengin Foto Bersama Primata? Dateng Aja ke Bukit Lawang!

Bukit Lawang foto dari @syama_meagher

Bukit Lawang menjadi destinasi wisata favorit yang wajib banget buat kamu kunjungi. Why? Karena di sini kamu bisa berfoto dengan beberapa primata yang udah jinak dan imut-imut. Selain itu, obyek wisata yang terletak di Taman Leuser – Sumatra Utara ini juga dijadikan sebagai tempat pengembang-biakan orangutan. Maka tak heran kalau di sini ada banyak banget turis mancanegara yang rela dateng dari negeri asing nan jauh di sana. Masa’ sih kamu mau kalah sama bule-bule itu?

Istimewanya lagi, di sini juga terdapat sebuah sungai yang airnya cukup jernih. Namanya Sungai Bahorok. Sungai ini bisa kamu manfaatkan untuk berenang, basah-basahan, atau rafting dan berfoto narsis. Selain sungai, di sini juga terdapat sebuah jembatan gantung yang ukurannya cukup panjang dan besar. Dari atas jembatan itu, kamu bisa menikmati keindahan alam Bukit Lawang lengkap dengan pemandangan hutan dan beberapa desa yang letaknya berdekatan dengan obyek wisata Taman Leuser tersebut. Nah, kalau kamu berminat, lokasinya bisa kamu tempuh dengan jarak 80 km dari pusat Kota Medan (melalui Kota Binjai).

2. Indahnya Danau Toba Jika Dilihat Dari Desa Tongging

Tongging, Danau Toba, Sumatra Utara, foto dari @dyllenlee

Desa Tongging terletak di tepi Danau Toba. Dari sudut desa ini kamu bisa menikmati keindahan Danau Toba lengkap dengan bukit-bukit yang mengitarinya. Untuk menuju Desa Tongging, kamu cukup mengarahkan kendaraanmu menuju obyek wisata Danau Toba. Kalau kamu sudah memasuki kawasan obyek wisata tersebut, kamu cukup bertanya pada warga setempat. Dan ingat, jangan pernah malu untuk bertanya. Karena, seperti kata pepatah: “Malu bertanya, sesat di jalan!”

Nah, kira-kira hal apa aja sih yang bisa kamu lakukan di tempat ini? Jawabannya adalah, kamu bisa melakukan segala hal. Misalnya aja berfoto-narsis, bersantai di tepi Danau Toba, ataupun melihat sunrise dan sunset. Tapi, kalau kamu pengin hal yang lebih seru dan menantang, kamu juga bisa berenang sambil melihat danau yang cukup terkenal provinsi Sumatra Utara ini. Eits, tapi tempat renangnya bukan di Danau Toba, ya. Melainkan di kolam renang yang terdapat di Desa Tongging. Untuk bisa berenang di tempat ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 15.000,00/ orang.

3. Mumpung Masih di Desa Tongging, Sekalian Aja Mlipir ke Obyek Wisata Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso foto dari @fatarmaruli

Obyek wisata Air Terjun Sipiso-Piso terletak di lokasi yang cukup strategis, yakni berada di dekat obyek wisata Danau Toba. Selain bisa memandang air terjun yang begitu memukau, kamu juga bisa memanfaatkan momen seru ini untuk berfoto narsis dengan background pemandangan Danau Toba. Soalnya, lokasi obyek wisata ini berada di ketinggian bukit yang terletak di sebelah timurnya Danau Toba. Air terjun Sipiso-Piso mempunyai ketinggian sekitar 100 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing curam yang cukup elok bila dipandang.

Nah, buat kamu yang punya hobi fotografer, tempat ini juga menyediakan beberapa spot yang tak boleh terlewat dari jepretan kameramu. So, kalau kamu kepengin jepretanmu dikenal banyak orang, maka kamu wajib banget buat memasukkan tempat ini ke dalam daftar list wisatamu. Untuk memasuki obyek wisata ini, kamu akan dikenai tarif sebesar Rp. 10.000,00. Sedangkan untuk biaya parkirnya dibandrol dengan harga Rp. 2000,00 (motor) dan Rp. 5000,00 (mobil).

4. Kunjungi Air Terjun Dua Warna yang Tiada Duanya

Air Terjun Dua Warna, Sibolangit, Sumatra Utara, foto dari @caealdy

Mengapa disebut Air Terjun Dua Warna? Karena memang, air terjun ini memiliki dua warna yang mampu mengundang decak kagum, yakni warna hijau dan biru muda. Buat kamu yang baru pertama kali datang ke tempat ini, kami jamin deh, pasti kamu akan dibuat takjub dan merasa terlena seketika. Pasalnya, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dan berada di ketinggian 1475 mdpl. Gimana nggak keren, coba? Tempatnya aja berada di ketinggian 1475 mdpl, pasti udah pada kebayang dong, gimana sejuknya kawasan ini?

Nah, kalau kamu berminat datang ke sini, kamu bisa menempuhnya dengan jarak sekitar 2-3 jam perjalanan dari kota Medan menuju Kabupaten Deli Serdang. Untuk memasuki kawasan ini, kamu akan dikenai tarif sebesar Rp. 8000,00/ orang, plus tambahan uang parkir sebesar Rp. 3000,00 untuk motor dan Rp. 5000,00 untuk mobil dan sejenisnya. So, kapan kamu mau menyambangi tempat ini, Genks? Sebelum ketinggalan sama yang lainnya, loh!

5. Pesona Danau Linting yang Akan Melinting-Linting Hatimu

Danau Linting, Deli Serdang, Sumatra Utara, foto dari @muharsyahbana

Obyek wisata Danau Linting terletak di Desa Sibunga-bunga Hilir, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Danau ini cukup unik karena memiliki dua warna yang berbeda, yakni warna hijau muda dan biru tosca.  Di sekelilingnya juga terdapat batu-batuan cadas dan pepohonan yang cukup rimbun. Tak hanya itu, warga sekitar juga telah membuat beberapa ayunan yang bisa kamu pakai untuk berselfie.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan danau ini untuk berenang. Tapi ingat, kamu hanya boleh berenang di tepiannya saja. Soalnya, yang bagian tengah airnya cukup dalam. Nah, kalau kamu berminat, kamu bisa masuk ke kawasan ini dengan membayar biaya masuk sebesar Rp. 7000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua.

6. Salju Panas: Obyek Wisata yang Mengundang Decak Kagum

Salju Panas, Tinggi Raja, Sumatra Utara, foto dari @okthaphia

Di Kota Medan, kamu bisa menemukan sebuah tempat yang bersalju. Banyak orang yang dibuat kagum setelah melihat keindahan alam di kawasan ini. Nah, kalau kamu berkunjung ke obyek wisata Salju Panas ini, maka kamu akan mendapati sebuah bukit kapur yang cukup unik; karena mempunyai warna putih terang layaknya gumpalan salju. Di tengah objek wisata ini juga terdapat sebuah danau yang berair panas dan mempunyai warna agak biru kehijauan. Dan karena hal itulah, maka tempat ini disebut sebagai Salju Panas.  Meski objek wisata ini belum begitu terkenal, namun tempat ini tidak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Nah, kalau kamu berminat dan ingin berkunjung ke tempat ini, kamu bisa memaju kendaraanmu menuju Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Untuk memasuki obyek wisata ini kamu tak perlu membayar biaya retribusi, tapi kamu diharuskan membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 5000,00 untuk roda dua, dan Rp. 10.000,00 untuk kendaraan roda empat. So, buruan tancap gas ya, Genks!

7. Tangkahan The Hidden Paradise: Salah Satu Tempat yang Lagi Hits di Sumatra Utara

Tangkahan foto dari @nicholassaputra

Yap, obyek wisata Tangkahan The Hidden Paradise memang lagi hits banget di kalangan muda-mudi Sumatra Utara. Saking hits-nya, sampai-sampai pemeran Rangga (Nicholas Saputra) dalam film AADC juga tak mau ketinggalan untuk berfoto di tempat ini. Nah, kalau kamu berminat dateng ke sini, lokasinya cukup mudah untuk dijangkau, kok. Kalau kamu dari Bandara Kualanamu, kamu bisa menggunakan Bus Damri menuju Terminal Pinang Baris. Setelah itu, lanjutkanlah perjalananmu menuju Tangkahan, dengan estimasi waktu sekiranya 4-5 jam.

Di tempat ini, kamu bisa menjelajahi hutan yang cukup lebat dengan menggunakan gajah-gajah yang sudah dijinakkan. Tapi sayangnya, untuk menunggangi gajah-gajah itu kamu diharuskan membayar dengan biaya yang cukup mahal, yakni sebesar satu juta rupiah/ orang. Tapi jangan khawatir dulu, Genks. Di sini kamu juga bisa berenang di Sungai Batang Serangan yang airnya cukup jernih dan deras. Kamu juga bisa memanfaatkan aliran sungai itu untuk melakukan kegiatan rafting. Ohya, di sini juga terdapat sebuah jembatan gantung yang sangat cocok untuk berselfie, lho. Nah, kalau kamu berminat, biaya masuknya dibandrol dengan harga Rp. 25.000,00/ orang. Tentu kamu nggak mau ketinggalan sama yang lain, kan?

8. Tuntun Langkahmu Menuju ke Pemandian Alam Aek Manik

Aek Manik foto dari @ikram_superb

Permandian Alam Aek Manik terletak di Perkebunan Teh PTPN Sidamanik yang beralamat di Kecamatan Sidamanik, Kota Pemantang Siantar, Sumatera Utara. Jika kamu memutuskan untuk berlibur ke sini, kamu bisa sekalian datang ke Perkebunan Teh PTPN Sidamanik yang letaknya tak jauh dari lokasi. Kalau kamu dari Kota Medan, kamu bisa menggunakan angkutan umum atau bus menuju Pematang Siantar. Dari Pematang Siantar, kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot rute Siantar – Sidamanik. Berhentilah tepat di depan lapangan Desa Huta Lama (Pasar Sidamanik) dan masuklah ke Jalan Siamatahuting sejauh 700 meter. Kalau menemukan persimpangan tiga, silakan berbelok ke kanan dan temukan penunjuk jalan ke Aek Manik. Setelah itu, sampai deh.

Di tempat ini kamu bisa berenang sepuas hati hanya dengan membayar biaya masuk seharga Rp. 7000,00/ orang. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Ya, selain bisa berenang santai, kamu pun boleh memanfaatkan beberapa fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Fasilitas tersebut meliputi kamar mandi, ruang ganti, warung-warung penjaja makanan, tempat parkir yang lumayan luas, dan ban pelampung yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu dengan membayar biaya sewa seharga Rp. 3000,00/ ban (sepuasnya).

9. Pemandian Alam Sejuk: Lokasi Paling Ciamik Buat Ngadem di Sumut

Pemandian Alam Sejuk, Pematang Siantar, Sumatra Utara, via www.tripdomestik.com

Lokasi Pemandian Alam Sejuk (PAS) terletak  Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Dan memang, bentuk pemandiannya terlihat seperti sungai biasa. Tapi di balik itu semua ternyata tersimpan sebuah kelebihan dari tempat ini jika dibandingkan dengan sungai-sungai lainnya. Ya, air yang ada di sini sangatlah jernih dan menyejukkan. Karena air tersebut datang dari mata air langsung sehingga kejernihan dan kesejukannya masih terjaga dengan baik. Ohya, pastikan kamu membawa pakaian ganti jika tak mau pulang dalam keadaan basah.

Selain tempat pemandian, kamu juga bisa menikmati wahana flying fox yang ada di lokasi ini. Wahana tersebut sangat cocok untuk semua usia; baik anak-anak maupun dewasa. Peralatannya pun sudah sesuai standar keamanan dengan instruktur terlatih sehingga akan aman untuk dimainkan. Nah, buat kamu yang hobi memancing, kawasan wisata ini juga menyediakan spot untuk melakukan kegiatan tersebut. Gimana? Udah lengkap banget kan, Genks? Ohya, biaya masuknya dibandrol dengan harga Rp. 7000,00/ orang ya. Pastikan kamu membawa uang lebih kalau kepengin menikmati fasilitas-fasilitas lainnya.

10. Nikmati Pula Pesona Pantai Pondok Permai

Pantai Pondok Permai, Sumatra Utara, foto dari @mrsjonder

Kalau kamu kepengin ciprat-cipratan dan bermain air di tepi pantai, kami sarankan agar kamu mengarahkan kendaraanmu menuju Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang. Di sini kamu bisa menemukan sebuah pantai berpasir putih yang agak kecoklatan. Tak hanya itu, di sini juga sudah disediakan beberapa fasilitas penunjang lainnya, antara lain: kolam pancing, sepeda air, perahu motor untuk berkeliling pantai, dan beberapa pondokan yang menjajakan menu khas seafood. Ohya, untuk biaya masuknya dibandrol dengan harga Rp. 8000,00/ orang. Biaya tersebut belum termasuk tarif parkir sebesar Rp. 3000,00 (roda dua) dan Rp. 5000,00 (roda empat).

Jadi gimana, Genks? 10 tempat wisata di Medan dan sekitarnya cukup menarik, kan? Atau, kamu punya pandangan lain? Yuk, share di kolom komentar! ;)

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Pesona Wisata Baru Cianjur, Curug Luhur yang Sangat Tersembunyi
Bogor Lantai Dua: Rumah Pohon Curug Ciherang Kece Buat Foto-Foto
Pesona Bukit Seribu Bintang (BSB): Tempat Wisata Baru di Kuningan