10 Tempat Wisata Kulon Progo Yang Meski Sederhana Tapi Tak Mudah Dilupa

Tempat Wisata di Kulon Progo

Ngadem.com – Rasanya tak berlebihan jika banyak Tempat Wisata Kulon Progo dijuluki sebagai tempat di mana paduan panorama alam berpadu dengan hijaunya bebukitan yang begitu luas. Banyak potensi yang ada di Kota ini, terutama potensi wisatanya yang masih harus terus di-explore. Deretan perbukitan karst yang ditutupi dengan vegetasi subur khas tanah Menoreh tidak hanya menyajikan keindahan yang luar biasa menawan, tetapi juga mampu menghipnotis mata dengan bentuk koridor dalam perut bumi dan air terjun alami nan asri. Perbukitan Menoreh tidak hanya satu-satunya daya tarik bagi Kulon Progo, ada juga pantai Glagah yang memiliki magnet tersendiri di banding pantai yang ada di selatan pulau Jawa.

Terletak di bagian barat Yogyakarta. Jaraknya yang hanya sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota, menjadikan Kulon Progo sebagai tujuan wisata yang layak dikunjungi. Jika kamu bingung apa saja Tempat Wisata Kulon Progo yang harus kamu datangi, berikut Ngadem.com berikan daftar dan jenis wisata yang ada di Kulon Progo:

1. Air Terjun Sidoharjo

View Air Terjun Sidoharjo

Keindahan air terjun muncul dari sudut-sudut eloknya Samigaluh. Lokasinya yang cukup tersembunyi, sekitar 75 meter membuat para wisatawan agak sulit menemukan wisata air terjun ini. Air Terjun Sidoharjo juga dikenal sebagai Niagara mini, dan semakin eksotis di musim hujan ketika aliran air jatuh menimpa bebatuan di bawahnya. Campuran tebing batu air terjun yang tinggi dan jeram, sering membuat orang-orang yang berada pada jarak 3 meter dari air terjun menjadi basah. Pesona lain yang dapat ditemukan di tempat ini adalah bunga liar yang tumbuh berlimpah. Jika beruntung juga bisa menonton monyet ekor panjang yang menggantung di pohon-pohon di dekatnya. Namun, cerita lain ketika di musim kemarau, jangan harap untuk melihat air terjun ini, sebab airnya kering.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

View Air Terjun Grojogan Sewu

Nama Grojogan Sewu tidak asing bagi sebagian masyarakat yang tinggal Jawa Tengah. Tapi siapa sangka di Jogja juga ada air terjun dengan nama yang sama. Air terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo, tepatnya di Dusun Beteng, Girimulyo. Hal ini disebut demikian karena ada banyak air cepat yang melaju sebelum jatuh ke kolam renang alami di bawahnya, sehingga terlihat seperti beberapa air terjun menjadi satu. Air terjun ini tidak pernah keruh meski pun selama musim hujan. Hal ini membuat banyak wisatawan bersedia datang jauh-jauh ke Tempat Wisata Kulon Progo bernuansa alam. Selain indah, pohon-pohon rindang di sekitarnya juga membuat tempat ini teduh dan sejuk. Mencoba untuk berenang di kolam renang alami atau menikmati pemkamungan sekitarnya, akan membuat penatmu hilang seketika.

3. Waduk Sermo

View Waduk Sermo

Waduk Sermo adalah satu-satunya waduk di Yogyakarta. Bukit-bukit hijau Menoreh adalah latar belakang wisata alam ini yang membuatnya tampak seperti danau alami bila dilihat dari kejauhan. Untuk menikmati keindahannya, kamu bisa mengelilingi waduk atau bisa menyewa perahu bebek di sepanjang sisi waduk. Selain jalan-jalan, waduk ini juga menjadi favorit bagi kamu yang hobi memancing. Ikan “Red Devil” adalah jenis umum dari ikan yang akan menyambar umpan nelayan karena jenis ikan predator inilah yang menghuni waduk. Tidak hanya itu, Waduk Sermo juga dikenal karena memiliki malam yang indah sehingga wajar rasanya ketika banyak orang yang menghabiskan malam mereka di sini.

4. Pantai Glagah

View Pantai Glagah

Pantai Glagah adalah pantai yang paling terkenal di Kulon Progo. Nuansa laguna dan ombaknya yang bergulung-gulung menjadi daya tarik unik yang tidak bisa ditemukan di pantai-pantai lain di Yogyakarta. Tetrapod sebagai pemecah ombak di kanan dan sisi kiri dermaga tampak siap menghadapi gelombang sengit Samudera Indonesia. Di bagian atas dari tetrapod-tetrapod adalah tempat nelayan membuang umpan dan menunggu ikan Surung dan Layur menyambar umpan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Glagah adalah ketika bulan baru dan pasang. Pada saat itu, kamu bisa melihat daya tarik ombak di pantai ini. Gelombang beradu lari dengan angin, memukul tetrapoda dan buihnya mencapai dermaga. Jika kamu di sekitaran pantai, cobalah untuk duduk merenung mengagumi cipta Tuhan. Meskipun tampaknya lucu, berenang di pantai tidak dianjurkan. Selain gelombang besar, karakteristik pantai selatan yang berada di belakang gelombang membuatnya berbahaya untuk berenang. Tapi jangan kecewa, sebab ada banyak laguna di tempat ini yang akan mendamaikan pikiranmu. Ada banyak wahana untuk bermain Pantai Glagah, seperti bebek perahu, kano, sampai melihat nelayan menjalankan perahunya. Suasana matahari terbenam di dermaga pantai menjadi hal favorit yang tak boleh dilewatkan. Untuk penggemar foto, kamu bisa menjadikan pantai ini sebagai objek dengan matahari terbenam sebagai latar belakangnya, terlalu indah jika tidak diabadikan.

5. Gua Kidang Kencono

View Gua Kidang Kencono

Sebuah lubang dengan diameter sekitar dua meter merupakan pintu masuk yang mengarah ke perut gelap bumi. Setelah aliran sungai dengan bantuan cahaya lampu, kamu akan bertemu dengan Langkit Kuntoro, Bulus, Ringin Kurung, Pancoran Candi Sewu, Manik dan beberapa stalagmit stalaktit di gua yang eksotis ini. Gua ditemukan oleh Mbah Bongsoriyo ratusan tahun lalu, kini menjadi salah satu obyek wisata alternatif alam yang menakjubkan di area bukit Menoreh. Koridor panjang sekitar 350 meter ini akan menjadi pengalaman menarik saat kamu mengunjunginya. Tur gua Kidang Kencono masih relatif baru, namun akses jalan, peralatan keamanan dalam mengeksplorasi cukup lengkap dan aman. Kamu akan kagum dengan relief di dalam gua hanya satu menit setelah kamu sampai di gua ini.

6. Gua Kiskendo

View Gua Kiskendo

Umumnya gua hanya menawarkan ornamen indah stalaktit dan stalagmit, tetapi berbeda dengan Gua Kiskendo. Sepotong kisah Ramayana telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan. Dikisahkan, gua ini adalah rumah bagi saudara berkepala kerbau dan sapi, Mahesasura dan Lembusura. Selain itu, di sini menjadi tempat pertempuran sengit mereka melawan Subali, pria monyet. Kisah pertempuran diukir dalam bantuan yang dapat ditemukan di sebelah kanan dan kiri sebelum pintu masuk. Sekarang, sepotong kisah Ramayana juga bisa dinikmati dalam bentuk sendratari akan diselenggarakan di kawasan wisata Gua Kiskendo. Masuk ke dalam gua, kamu bisa melihat 9 situs pertapaan, yaitu: Kusuman, Pertapaan Tledek, Padasan, Semelong, Santri Tani, Lumbung Kampek, Seterbang, Selumbung dan Sekandang. Di tengah gua, dekat koridor mirip dengan sebuah ruangan kecil, ada tong penuh air. Tetes air stalaktit bisa minum untuk memuaskan dahagamu setelah menjejaki setiap bagian gua sekitar 1 km. Lingkungan sekitar Gua Kiskendo sangat bagus, ada taman bermain dengan ayunan, jungkat-jungkit dan panjat tebing. Selain itu, daerah ini juga cocok sebagai rekreasi keluarga.

7. Kalibiru

View Kalibiru

Tempat ini mendadak jadi begitu populer karena memiliki satu tempat foto yang sangat menawan. Tempat foto yang unik ini menjadi begitu istimewa karena kamu bisa melihat suasana perkampuangan Kota Kulon Progo beserta liuk indah partai Waduk Sermo dan gagahnya bukit Manoreh. Suasana di pagi dan sore hari tidak eksotisnya dari Pantai Sadranan atau pun Embung Batara Sriten. Di pagi hari, dalam kombinasi kabut emas yang menempel di puncak Menoreh akan membuatmu sadar bahwa tempat ini tak akan terlupakan. Sementara itu, suasana senja yang mengubah warna langit menjadi kuning keemasan terasa begitu menenangkan. Untuk mencapai desa Pariwisata Kalibiru ini tidak terlalu sulit, namun butuh kehati-hatian. Sebab rute jalannya yang naik turun dan belum begitu baik.

8. Puncak Suroloyo

View Puncak Suroloyo

 

Puncak Suroloyo adalah peringkat tertinggi dari Perbukitan Menoreh yang memiliki pemkamungan dan panorama yang membuat siapa pun bisa terpuaskan. Tidak hanya melihat keindahan Bukit Menoreh saja, kamu juga bisa menikmati pemkamungan daerah Yogyakarta dan Kota Magelang lengkap dengan kuil Borobudurnya yang esksotis. Dari sini kamu juga bisa melihat gagahnya lima gunung di Jawa Tengah, yakni Merapi, Sindoro, Merbabu, Sumbing dan Ungaran bila cuaca cerah. Selain keindahan lanskapnya yang menawan, sorot Suroloyo juga menjadi tempat untuk beberapa upacara, seperti Songsong Manggolo Dewobertempat dan Jamasan Pusaka Tombak Kyai Manggolo Murti di musim semi (tempatnya di Sendang Kawidodaren, 300 meter dari puncak). Wisatawan bisa melihat upacara ini setiap Suro.

9. Gardu Pandang Gunung Gajah

View Gardu Pandang Gunung Gajah

Puncak tertinggi di garis perbukitan Menoreh memunculkan panorama menakjubkan yang cukup menjanjikan. Sebuah bukit yang berbentuk seperti kepala gajah adalah tempat yang menarik untuk menikmati suasana alam yang menakjubkan. Dua observatorium sederhana yang dibangun oleh penduduk lokal di sana akan menambah kebahagian kamu saat mengungjungi Tempat Wisata Kulon Progo. Keduanya dapat digunakan untuk kegiatan tertentu dengan ketinggian yang berbeda. Sejauh mata memkamung dari selatan ke timur laut, deretan bukit di wilayah Gunung Kidul dan Kota Yogyakarta sangat jelas terlihat. Bahkan jika cuaca sangat cerah tanpa kabut, cakrawala yang menjadi batas antara langit biru dan Samudera Hindia akan terlihat di ujung selatan dari ketinggian sekitar 810 meter di atas laut.

10. Wildlife Rescue Center (WRC)

View Wildlife Rescue Center (WRC)

Gagah berdiri dengan luas 13 hektar di perbukitan Menoreh, membuat tempat rehabilitasi satwa liar ini sangat layak untuk kamu kunjungi. Meskipun namanya telah berubah menjadi Wildlife Rescue Center atau CMR, namun lebih banyak orang tahu tempat ini bernama Pusat Penyelamatan Satwa Jogja (PPSJ). Ada berbagai satwa liar yang menghuni konservasi ini dan sebagian besar adalah orangutan. Bahkan dibangun sebuah kubah khusus dengan diameter 125 meter untuk hewan yang terancam punah ini. Dome dengan kapasitas sekitar 200 orangutan ini dibuat menyerupai habitat alami mereka, hutan hujan. Tidak hanya sebagai tempat untuk pelestarian satwa liar, WRC juga menjadi salah satu daya tarik dari wisata pendidikan, pelatihan, ekowisata dan wisata alam yang memukau.

Ya, itulah artikel tentang wisata berjudul 10 Tempat Wisata Kulon Progo Yang Meski Sederhana Tapi Tak Mudah Dilupa. Jadi mana yang ingin segera kamu kunjungi?

(Dikemas dari berbagai sumber)

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.