10 Tempat Wisata yang Lagi Hits di Lampung

Ngadem.com – Lampung gak ada matinya. Bahkan, banyak yang mengatakan kalau Lampung tuh selalu jadi kota tujuan warga Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan liburan panjang mereka. Kok bisa ya orang rela datang jauh-jauh dari Jakarta ke Lampung? Memangnya di Lampung ada apa aja sih? Kalau sampai ada yang nyeletuk kaya gitu, kamu pasti belum tahu apa pesona yang tersimpan rapi di Lampung.

Ok, catet. Lampung layak banget di kasih julukan surganya wisata Indonesia. Kenapa, karena ada banyak pilihan wisata yang bisa kamu cicipi satu-satu mulai dari pantai hingga pegunungan. Wisata modern hingga wisata klasik. Heeem, masa sih?

Masih gak percaya? Bagus, itu artinya udah waktunya buat kamu untuk berkunjung langsung ke Lampung tapi sebelum kesana biar gak mati gaya, kamu sebaiknya baca dulu rangkuman Ngadem.com seputar wisata hits di Lampung, yuuuk.

1. Pantai yang Memesona, Ya Pantai Sari Ringgung

Sari Ringgung foto dari @ardhiready

Lampung bisa dibilang surganya pantai kece. Pokoknya gak kalahlah sama pantai Kuta di Bali. Salah satunya adalah Pantai Sari Ringgung ini. Pantai ini terletak di Desa Sidodadi Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung.

Pantai Sari Ringgung memiliki hamparan pasir putih yang cantik, sunset atau sunrise terbaik dan tentunya debur ombak yang menawan. Gak salah lagi kenapa pantai ini selalu jadi favorit liburan keluarga karena kece dan masih sangat terjaga.

Pantai ini memang telah dikembangkan menjadi tempat wisata makanya jangan heran kalau di pantai ini, udah ada banyak fasilitas seperti Masjid Apung, Mountain View, Lapangan Futsal, Boat Cafe & Resto, Permainan Tong Air, Penginapan, Kamar Mandi, dan lain-lain. Kabar genbiranya, dari Pantai ini kamu bisa berkunjung ke Pasir Timbul dan Pulau Tegal.

Apa itu Pasir Timbul? Ok, Pasir Timbul adalah hamparan pasir yang terbentuk secara alami dari dasar laut. Letaknya di tengah-tengah laut gitu. Jadi, kaya pulau gitulah. Tapi mini banget. Pasir Timbul berada tidak jauh dari pantai Sari Ringgung kamu cukup berlayar selama 15-25 menit dengan perahu kecil  dengan biaya yang sangat terjangkau. Sedangkan Pulau Tegal bisa kamu sambangi dengan naik jukung atau perahu dari dermaga Ringgung. Cuma berlayar sekitar 25 menit kok. Kalau gak terburu-buru, sebaiknya kamu sambangi dua pulau kecil ini.

2. Pantai Batu Layar. Pantai dengan Sejuta Nama

Batu Layar – Gigi Hiu foto dari @ersyadbafadhal

Pantai Batu Layar adalah pantai yang cukup tersembunyi dan belum terlalu sering terjamah dan terkenal dengan sejuta nama. Sebenarnya gak sampai sejuta sih, cuma ada tiga nama yaitu Pantai Karang Gigi Hiu, Batu Layar, atau Pantai Pegadungan. Kamu harus mengafal ketiga nama itu.

Yang pasti tidak akan ada hiu di pantai ini. Jangan terkecoh dengan namanya yak. Gigi Hiu menggambarkan kondisi pantai yang berhiaskan batu-batu yang menjulang tajam menyerupai gigi hiu. Konon pantai ini adalah pantai paling fotogenik di Indonesia.

Akses menuju ke pantai ini dari Bandar Lampung, kamu cukup arahkan saja kendaraanmu ke Kabupaten Tanggamus hingga Teluk Kiluan. Nah, dari sini pantai fotogenik ini hanya berjarak sekitar 5 km saja guys. Lokasinya tepat di kawasan Desa Pegadung atau Pegadungan.

Hal sakral yang perlu kamu lakukan di pantai ini adalah memotret keindahan pantai. Ya, hanya itu. Kamu sebaiknya membawa perlengkapan kemah dan bekal makanan yang banyak karena lokasi pantai yang cukup terisolasi. Kamu juga disarankan datang bersama teman-temanmu. Jangan berpikir untuk datang sendirian. Lagian kalau seru-seruan sama teman-temankan jauh lebih asyik ketimbang bengong sendirian di pantai. Iyakan?

3. Selamat Datang Di Pulau Pisang

Pulau Pisang foto dari @bayupratama_agn

Kok namanya Pulau Pisang ya? Apakah pulau ini adalah surganya pisang? Ok, guys katanya nama pisang diberi untuk pulau ini karena bentuk pulau ini yang mirip dengan buah kesukaan monyet ini. Wah, ada-ada aja ya.

Ok, Pulau Pisang adalah pulau kecil mungil yang terletak di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Pulau ini masih jarang didatangi orang loh. Padahal ada banyak hal-hal menarik yang bersembunyi di pulau ini. Di pulau ini kamu bisa tenggelam menikmati pesona alamnya yang asri, kehidupan masyarakatnya yang unik, dan budaya yang masih kental dan perlu untuk kamu ketahui. Cocok untuk pilihan liburan yang menenangkan hati dan pikiran. Aksesnya juga cukup mudah loh guys.

Untuk mencapai pulau ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Kalau mau pakai bus, kamu ambil bus jurusan Bengkulu yang melintasi Kotaagung atau daerah pesisir barat Sumatera lalu turun di Terminal Krui.

Setelah tiba di Terminal Krui kamu langsung menuju dermaga pasar Krui atau dermaga Tembakak. Jika dari dermaga pasar Krui lumayan lama. Kamu mesti berlayar sekitar 1 jama. Tapi kalau via dermaga Tembakak hanya berlayar sekitar 15-20 dengan ongkos sebesar Rp. 15.000. Catat ya guys, jadwal penyebrangan kapal hanya ada di jam 7 pagi dan jam 2 siang.

Di Pulau Pisang belum ada listrik loh. Bahkan sinyal telepon juga agak susah. Jadi lupakan gadgetmu yak. Kalau kamu ingin bermalam di pulau ini, udah ada homestay kok. Siap-siap untuk keliling pulau pisang dan bertemu lumba-lumba!

4. Satu Lagi Pulau Kecil yang Bisa Kamu Sambangi. Namanya Pulau Condong

Pulau Condong foto dari @hanumltfh

Pulau Condong terletak sekitar 5 kilometer dari kawasan Pantai Pasir Putih, Lampung Selatan. Pulau mungil ini bisa kamu capai menggunakan perahu motor yang udah bertebaran di pelabuhan Pantai Pasir Putih. Cukup berlayar sekitar 15 hingga 25 menit dan mengeluarkan kocek sekitar 150.000 hingga 250.000, kamu udah bisa liburan asyik jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota yang kejam.

Pulau kecil ini menyimpan pesona pantainya yang dijamin masih asri banget. Pasirnya putih banget. Suasananya sangat sepi dan mendamaikan. Ada spot kece untuk menikmati pesona senja juga loh.

Pulau Condong masuk dalam wilayah Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan. Pulau yang belum berpenghuni ini udah ada dilengkapi beberapa fasilitas, diantaranya warung makan sederhana hingga jasa penyewaan perahu. Selain itu, selama berada di pulau ini kamu bisa berenang, snorkling, diving, outbond training hingga rock climbing. Ulalalala.

5. Selfie dengan Lumba-Lumba di Teluk Kiluan

Teluk Kiluan – Lampung foto dari @noitpippo

Teluk Kiluan terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan. Hanya berjarak sekitar 80 km dari pusat Kota Bandar Lampung, Teluk Kiluan adalah spot migrasinya lumba-lumba. Duuuh, kecekan? Mungkin buat kamu yang ingin menyaksikan lumba-lumba di habitat aslinya, langsung ke Teluk Kiluan aja.

Pesona Teluk Kiluan bertambah dengan pemandangan alam, pantainya yang memukau dan pasir putih nan lembut. Cocok banget buat kamu yang ingin main-mainan pasir atau sekedar foto-foto. Tidak jauh dari teluk ini, ada pulau kecil yang disebut Pulau Kelapa.

Di Teluk Kiluan kamu bisa berenang sepuasnya. Buat yang suka snorkeling, kamu juga bisa puaskan dahaga snorkelingmu disini. Eiiits, jangan sampai kamu melewatkan atraksi sekumpulan lumba-lumba. Kamu bisa menyaksikannya dari pukul 06-00 hingga 10.00. Jangan sampai bangun kesiangan.

Untuk menyaksikan atraksi kece lumba-lumba kamu harus berlayar menggunakan jukung atau perahu  kecil yang bisa kamu sewa dengan harga sekitar Rp 250.000 hingga Rp 300.000.

Ingat ya guys. Di Teluk Kiluan belum ada listrik guys. Jadi persiapkan dirimu dan kameramu dengan baik ya. Buat kamu yang ingin bermalam di Teluk Kiluan, gak usah galau atau baper udah ada penginapan kok. Harganya terjangkau, dari Rp 150.000 hingga Rp 300.000. Mungkin, kamu bisa pertimbangkan untuk membawa tenda kali ya?

6. Puas Main Ke Pantai, Gak Ada Salahnya Nyobain Asyiknya Main Air di Curup Lestari

Curug Lestari, Payung Batu foto dari @sendaljepit95

Curup Lestari terletak di Kota Batu, Lampung Tengah. Kok Kota Batu sih? Gak apa-apa dong kalau namanya sama. Air terjun ini bersembunyi di Desa Kota Batu, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah. Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini cocok banget deh buat kamu-kamu yang anak kota dan sedang mencari kehangatan. Maksudnya mencari lokasi liburan yang alami.

Kondisi alam sekitar air terjun sangat mendukung untuk relaksasi loh. Masih sangat asri dan air terjunnya juga masih jernih banget. Untuk menuju lokasi air terjun, kalau kamu berangkat dari Bandar Lampung akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam lalu berkendara lagi sekitar 3 kilometer untuk mencapai lokasi air terjun.

Gak ada tiket masuk menuju lokasi air terjun ini. So, kamu bisa langsung nyebur, selfie, atau sekedar mendengar gemericik air yang jatuh menimpa bebatuan. Asyikan?

7. Air Terjun Lembah Pelangi. Tempat Asyik Ngecengin Pelangi

Lembah pelangi, Ulubelu Tanggamus foto dari @diowahyuda

Kok bisa dinamain air terjun Lembah Pelangi ya? Nama yang pantas karena memang sering muncul pelangi di air terjun ini. Beneran, gak bohong. Air terjun ini berjarak sekitar 11 km atau 3 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung dengan melintasi Bandar Lampung-Pesawaran-Pringsewu-Tanggamus-Ulu Belu hingga memasuki Desa Ngarip . Memasuki Desa Ngarip, kondisi jalanan mulai mencemaskan, so persiapkan dirimu.

Buat kamu yang membawa kendaraan roda empat, kendaraanmu bisa diparkirkan di sekitar rumah warga. Tapi untuk kendaraan roda dua sudah disiapkan parkir khusus yang tidak jauh dari lokasi air terjun.

Biaya masuk ke air terjun murah banget. Cuma Rp. 5000 per orang. Setelah itu kamu akan melewati hutan dan kebun kopi loh. Kamu cuma berjalan sekitar 15 menit, setelah itu sampai deh. Air Terjun Lembah Pelangi ini ada dua loh guys. Air terjun yang pertama memiliki ketinggian sekitar 60m dengan akses yang mudah sedangkan air terjun yang kedua tuh agak susah dicapai gitu.

Tapi gak usah galau, kamu tetap bisa menikmati pesona pelangi. Heeem, ini adalah bagian terbaik dari air terjun ini. Gak hanya itu, uniknya lagi disekitar air terjun ini ada sumber air hangat dan air panas gitu. Duuuh, tambah betah deh.

8. Lanjut Ke Air Terjun Way Lalaan

Way Lalaan Foto dari @talytha

Air Terjun Way Lalaan adalah obyek wisata andalan masyrakat Kotaagung dan sekitarnya. Aksesnya yang mudah dan pesonanya yang memukau adalah alasan kenapa banyak warga memilih menghabiskan masa liburannya di tempat ini. Air terjun Way Lalaan terletak di pinggir jalan utama Bandar Lampung-Kotaagung.

Akses menuju air terjun ini sangat mudah, kalau kamu berangkat dari Bandar Lampung, air terjun ini terletak sebelum memasuki Kotaagung. Sudah ada papan petunjuk dan gerbang menuju Wisata Air Terjun Way Lalaan. Jadi, gak usah takut nyasar yak.

Air Terjun Way Lalaan ini ada dua loh. Warga stempat berinisiatif menamai dengan nama Air Terjun Way Lalaan 1 yang tidak jauh dan merupakan air terjun yang lebih mudah dicapai ketimbang Air Terjun Way Lalaan 2. So, kita akan membahas air terjun Way Lalaan 1 aja yak.  Air Terjun Way Lalaan 1 memiliki ketinggian sekitar 8-10 meter, dengan tekstur batu yang menawan dan cocok untuk foto-foto. Jika ingin berenang, kamu sebaiknya berhati-hati karena kolam terjun sangat dalam.

Gak hanya menikmati kesegaran air terjun, kamu juga bisa duduk-duduk di taman yang disiapkan pengelola. Terletak di Desa Pekon Kampungbaru, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung wisata air terjun ini juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti shelter, mushola, kamar ganti dan lahan parkir.

9. Kalau Kamu Pencinta Kupu-Kupu, Cobalah Berkunjung Ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Taman Kupu Kupu Gita Persada – Lampung foto dari @alfianramadhannn

Taman Kupu Kupu Gita Persada berada di Jalan Wan Abdurahman Tanjung Gedong Kemiling Bandar Lampung. Cuma berjarak 30 menit dari pusat kota. Kamu akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 10.000 per orang. Suasan taman yang berhiaskan bunga warna-warni akan menyambutmu. Dan tentu saja kemolakan kupu-kupu berbagai jenis dan warna yang beterbangan mengitari taman. Heeeeem, kaya di negeri dongengkan?

Tidak jauh dari pintu masuk tadi, kamu juga akan menemukan rumah kayu yang cukup besar. Rumah ini menyimpan ratusan jenis kupu-kupu yang diawetkan semenjak tahun 2002. Inlah yang disebut dengan museum kupu-kupu.

Wisata Taman upu-Kupu Gita Persada juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seprti pendopo untuk beristirahat, rumah pohon, wc umum, penangkaran kupu-kupu, dan sarana bermain anak-anak. Tidak hanya itu, disekitar tempat wisata ini juga ada Tea House. Kamu bisa ngeteh asyik disini. Gak Cuma ngeteh, kamu juga bisa memesan beberapa menu makanan atau pun cemilan.

Ok, wisata Taman Kupu-kupu Gita Persada bisa dikunjungi setiap hari sekitar pukul 09.00-17.00 WIB. Gimana, pasti udah gak sabar pengen selfie bareng ratusan ekor kupu-kupu cantikkan?

10. Kamu Bisa Akhiri Petualanganmu di Lampung dengan Mengunjungi Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala – Pugung Raharjo foto dari @tenggelem

Taman Purbakala Pugungraharjo ini berlokasi di Desa Pugungraharjo, Lampung Timur. Di sini kamu bisa melihat langsung penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Megalitik, Klasik hingga Islam. Penemuan jejak zaman Megalitik, Klasik dan Islam dimulai pada tahun 1954. Sejak saat itu, tempat ini banyak di datangi oleh penelti dari berbagai belahan bumi.

Heeeeem, jadi penasarankan? Taman Purbakala Pugung Raharjo terletak di ketinggian 80 meter dpl dengan suasana yang masih asri dan sejuk. Kesejukannya bertambah dengan adanya tanaman seperti kakao, lada, kopi, kelapa dan cabe jamu. Serunya lagi, juga ada sungai kecil yang mengalir mengelilingi kompleks taman. Duuuh, kayanya cucok buat nongkrong sore-sore deh.

Guys, 10 wisata hits di Lampung udah Ngadem.com rangkum buat kamu. So, buat kamu yang mau ke Lampung silahkan di baca. Buat yang udah baca silakan di share. Have fun!

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.