12 Tempat Wisata di Palembang dan Sekitarnya yang Siap Membiusmu!

Ngadem.com – Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar nama Kota Palembang? Apakah Pempeknya, atau, Jembatan Amperanya? Ah, kamu terlalu klasik, Genks. Kamu salah besar kalau mikir Palembang cuma punya dua ikon tersebut. Soalnya, di sini ada banyak banget tempat keren yang bisa kamu jelajahi terlepas dari Jembatan Ampera dan menu khasnya yang bernama Pempek Palembang.

Tentu kamu makin penasaran, kan? Kira-kira ada apa aja ya di Kota Palembang? Yaudah deh, daripada kamu makin pusing mikirnya, langsung aja yuk kita telusuri 9 tempat wisata kece yang ada di Palembang.

1. Melihat Indahnya Pagoda di Pulau Kemaro

Pulau Kemaro foto dari @ivanrayka

Obyek wisata ini terletak di tepi Sungai Musi, atau berjarak sekiranya 6 km dari Jembatan Ampera, Palembang. Hingga kini, Pulau Kemaro masih menjadi tempat favorit yang banyak dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar Kota Palembang. Di kawasan ini juga terdapat sebuah Vihara yang banyak dikunjungi umat Budha untuk beribadah dan berziarah.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan sebuah makam dari seorang putri Palembang yang begitu terkenal. Konon katanya, putri ini menikah dengan anak raja dari China dengan mas kawin berupa 9 guci emas. Namun, pada akhirnya pasangan tersebut menerjunkan diri ke dalam derasnya arus sungai dan tenggelam di sungai tersebut. Hii…, serem, ya. Tapi kamu nggak perlu takut, Sob. Tempat ini udah cukup ramai banget, kok. Hehehe.

Istimewanya lagi, di Pulau Kemaro ini kamu bisa menemukan beberapa hal menarik, sebut saja pagoda berlantai 9 yang dibangun pada tahun 2006, atau pohon cinta yang banyak disebut oleh warga setempat sebagai pohon keberuntungan. Ya, para warga percaya bila ada sepasang kekasih mengukir namanya di pohon cinta ini, maka hubungan mereka akan berlanjut sampai ke jenjang pernikahan. Kamu berminat mengabadikan cintamu di tempat ini, Genks?

2. Udah Sampai ke Palembang, Sekalian Aja Mampir ke Obyek Wisata Alam Punti Kayu

Wisata Alam Punti Kayu, Palembang, foto dari @buchorymhd

Obyek wisata Punti Kayu merupakan sebuah hutan wisata yang telah dikelola dengan cukup baik oleh pemkab setempat. Perlu kamu ketahui, bahwa Punti Kayu ini adalah satu-satunya hutan wisata yang ada di Kota Palembang. Jadi, kamu tak akan menemui hutan wisata lainnya selain Punti Kayu ini. Cukup istimewa kan, Genks? Ditambah lagi, harga tiket masuknya yang cukup murah, yakni sebesar Rp. 10.000,00 untuk orang dewasa dan Rp. 5000,00 untuk anak-anak usia di bawah 6 tahun. Nah, kalau kamu berminat, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu ke Jalan Kol. H. Burlian, km 6,5, Palembang.

Wisata Alam Punti Kayu, Palembang, via wisatasatu.com

Di sini juga telah disediakan beberapa fasilitas yang cukup menarik, antara lain: tempat untuk bersantai, jembatan gantung, kids water park, arena bermain anak, menunggang kuda dan gajah, outbond, camping area, kebun binatang mini, dan masih banyak yang lainnya. Di samping fasilitas di atas, masih disediakan pula beberapa fasilitas penunjang lainnya, yakni: tempat parkir yang luas, beberapa warung makan, tempat ibadah dan toilet, serta pusat informasi bagi pengunjung. Udah deh, kamu nggak perlu ragu lagi.

3. Curug Maung: Tempat Paling Ciamik Buat Ngadem dan Bersantai

Curug Maung, Lahat, foto dari @leohando

Curug Maung terletak di Desa Padang Muaro Duo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan. Obyek wisata ini bisa kamu tempuh dengan estimasi waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Lahat. Uniknya, air terjun ini memiliki dinding-dinding batu yang cukup lebar dan ditumbuhi pohon-pohon hijau yang merambat di sekitarnya. Sehingga, suasana tempat ini menjadi lebih sejuk karena adanya pohon-pohon tersebut. Tak hanya itu, airnya pun mengalir cukup deras, ditambah lagi dengan kolam alami yang ada di bawahnya. Sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk berenang santai.

Nah, setelah sampai di area parkir kendaraan, kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan melewati jalan setapak selama kurang lebih 1 jam untuk sampai ke Curug maung. Di tengah perjalanan tersebut, kamu akan melewati sebuah hutan dan perkebunan kopi dengan medan yang menurun yang cukup ekstrim. Bahkan, tingkat kecuramannya bisa mencapai 45 derajat. Kami sarankan agar kamu lebih berhati-hati ketika melewati jalan ini. Ohya, untuk tiket masuknya telah dibandrol dengan harga Rp. 10.000,00/ orang. Cukup murah, kan?

4. Selanjutnya Ada Curug Embun yang Kerennya Minta Ampun

Curug Embun Pagaralam foto dari @thzk_

Satu lagi curug yang mempunyai karakter cukup unik. Namanya Curug Embun. Lokasinya terletak di Desa Pematang Bango, Kaki Gunung Dempo, Pagaralam, Sumatra Selatan. Kalau kamu berangkat dari pusat Kota Palembang, kamu bisa menempuhnya dengan estimasi waktu 8 jam perjalanan melewati Kabupaten Prabumulih dan Kabupaten Lahat. Eits, jangan cemas dulu, Genks. Kini udah ada maskapai lokal yang melayani jadwal penerbangan dari Palembang menuju Pagaralam, kok. Jadi, kamu lebih menghemat waktu sekitar 7,5 jam jika memakai maskapai tersebut.

Istimewanya, air terjun yang mengalir dari ketinggian tersebut membentuk butir-butir kecil seperti embun. Maka dari itu, tempat ini mempunyai sebutan Curug Embun/ Air Terjun Embun. Tapi tak hanya itu, Genks. Di kawasan ini kamu juga bisa melihat pohon-pohon besar yang berdiri dengan gagahnya. Keberadaannya masih ditambah lagi dengan tanaman rambat yang menempel di dinding-dinding air terjun. Sehingga suasana sejuk akan langsung terasa ketika kamu memasuki obyek wisata ini.

Nah, kalau kamu udah sampai di tempat parkir kendaraan, kamu masih diharuskan melakukan perjalanan menurun selama 10 menit. Jalan yang dilalui cukup curam dengan karakternya yang selalu basah. Tapi kamu tidak perlu khawatir, sebab, pengelola curug sudah melengkapi jalan setapak itu dengan pembatas besi, sehingga akan memudahkanmu untuk melewatinya. Nah, kalau kamu berminat, maka kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp. 10.000,00 untuk memasuki kawasan wisata ini. So, tunggu apa lagi?

5. Megahnya Air Terjun Temam di Lubuk Lingau

Air Terjun Temam, Lubuk Lingau, Sumatra Selatan, foto dari @claurandia

Banyak yang menyebut Air Terjun Temam sebagai “Niagara Mini”-nya Lubuk Lingau. Bagaimana tidak, Air Terjun Temam memang berbeda dari air terjun pada umumnya. Secara visual, air terjun ini memiliki bentuk memanjang yang berukuran tinggi sekitar 12 meter dan lebar mencapai 25 meter. Keunikan air terjun ini terletak pada batuannya yang berbentuk celah dan melengkung. Sehingga, akan tampak cantik bila dipandang dari kejauhan. Jika kamu dari pusat Kota Lubuk Lingau, kamu bisa mengaksesnya dengan jarak sekiranya 11 km ke arah selatan.

Tepatnya, air terjun ini terletak di Kelurahan Rahma, Kabupaten Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Ya, Kota Lubuk Linggau bisa ditempuh dengan waktu sekitar 6,5 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari pusat Kota Palembang. Sebagai alternatif lain, kota ini juga bisa dicapai melalui Bengkulu dengan jarak sekitar 4 jam perjalanan melewati Kota Kapahiang dan Curup. Untuk fasilitasnya pun sudah terbilang lengkap, dari tempat istirahat, tempat makan, dan toilet, semua sudah disediakan. Ohya, untuk biaya masuknya dipatok dengan harga Rp. 10.000,00/ orang lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua. Kamu berminat untuk touring ke sini?

6. Masih Ada Curug Mangkok yang Akan Membuatmu Enteng Jodoh

Curug Mangkok, Pagaralam, foto dari @yogie_darkshight

Curug Mangkok terletak di Desa Pematang Bango, Kota Pagaralam, Sumatra Selatan. Kalau kamu berangkat dari pusat Kota Pagaralam, untuk menuju lokasi ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit perjalanan dengan menempuh jarak sekitar 2 km melewati hamparan hutan di kaki Gunung Dempo. Untuk masuk ke obyek wisata ini kamu akan dikenai tarif retribusi sebesar Rp. 5000,00. Dari pintu gerbang Curug Mangkok, kamu masih harus melewati jalan setapak menurun. Dan begitu sampai di tengah perjalanan, kamu akan langsung mendengar derasnya suara air yang jatuh dari ketinggian tebing batu.

Istimewanya, Curug Mangkok ini mempunyai ketinggian sekitar 15 meter. Di bawahnya juga terdapat sebuah kolam air yang cukup jernih dan bisa kamu manfaatkan untuk berenang. Ohya, warga setempat juga mempunyai kepercayaan, bahwa siapapun yang mandi di Curug Mangkok ini akan jadi awet muda dan cepat bertemu jodoh. So, kalau kamu termasuk dalam golongan jomblo akut, ada baiknya kalau kamu segera nyemplung ke air terjun ini, deh. Biar nggak kelamaan jomblo. Hehehe.

7. Bertengger di Urutan Ketujuh, Ada Air Terjun Tujuh Kenangan yang Siap Membuatmu Teringat Mantan

Curug Tujuh Kenangan, Pagaralam, Sumsel, foto dari @noverigunawan

Air Terjun Tujuh Kenangan terletak di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam, Sumatra Selatan. Obyek wisata ini memang tidak seterkenal Air Terjun Embun atau Curug Mangkok yang ada di Kota Pagaralam. Akan tetapi, bukan berarti tempat ini tidak mempunyai keistimewaan sama sekali. Sebab, di sini kamu bisa menemukan berbagai jenis tumbuhan dan batuan megalith yang ada di sekitar lokasi. Uniknya lagi, di bawah air terjun ini terdapat sebuah kolam dan peluncur yang bisa kamu manfaatkan hanya dengan membayar biaya masuk seharga Rp. 7000,00. Penasaran? Segera aja sambangi lokasinya.

8. Jangan Lupa Mencantumkan Tangga Seribu ke dalam Daftar Wisatamu

Kebun Teh Pagaralam foto dari @rfanugra

Tangga Seribu sebenarnya adalah sebuah jalan untuk menuju puncak bukit perkebunan teh di Pagaralam. Tidak sulit menemukan lokasi wisata ini, karena letaknya berada di sekitar kantor Pemda Pagaralam yang tidak jauh dari kotanya. Kamu bisa ke sini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti angkot ataupun becak bermotor. Untuk memasuki obyek wisata ini, kamu akan dikenai biaya masuk sebesar Rp. 5000,00/ orang.

Dari puncak bukit ini, kamu bisa melihat hamparan kebun teh yang menghijau serta pemandangan Gunung Dempo dari kejauhan. Bentuk anak tangga di Tangga Seribu ini terbilang unik, karena memiliki lebar sekitar lima meter dan anak tangga yang berundak-undak memanjang dari tempat rendah menuju ke tempat yang lebih tinggi. Di mana di setiap anak tangganya terdapat sebuah lampu yang akan menyala berkedip-kedip ketika dilewati. Tentu akan sangat cocok bila kamu datang ke tempat ini bila malam hari. Tapi ingat, karena lokasi ini mempunyai hawa yang cukup dingin, maka bawalah jaket untuk menghangatkan tubuhmu.

9. Indahnya Kawah Warna di Gunung Dempo

Puncak Gunung Dempo, Pagaralam, foto dari @aankbae

Puncak Gunung Dempo berada di ketinggian 3159 mdpl. Lokasinya terletak di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu, tepatnya berada di kota penghasil kopi robusta yang cukup terkenal, yakni Kota Pagaralam. Kalau kamu dari pusat Kota Palembang, kamu bisa menempuhnya dengan estimasi waktu 7 jam perjalanan. Sesampainya di Pagaralam, kamu masih harus mengarahkan kendaraanmu menuju Pabrik Teh PTPN VII yang jaraknya mencapai 8 km. Setelah itu kamu akan tiba di sebuah desa yang paling dekat dengan puncak Gunung Dempo, yakni Kampung Empat. Kami sarankan agar kamu lebih berhati-hati, karena akses jalannya berkelok-kelok dan cukup menanjak.

Nah, dari Kampung Empat, kamu bisa memulai pendakian dengan melewati jalan setapak yang di kanan-kirinya terhampar luas sebuah perkebunan teh milik PTPN VII. Begitu memasuki pos pertama, kamu diwajibkan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000,00/ orang. Sesampainya di Puncak Dempo, kamu bisa melihat hamparan perkebunan teh dari ketinggian serta sebuah kawah yang memiliki warna cukup unik. Dijamin deh, kamu nggak akan nyesel kalau dateng ke sini!

10. Tak Lengkap Rasanya Kalau Kamu Belum Berkunjung ke Goa Putri

Goa Putri, Baturaja OKU, foto dari @bagusskara

Gemerlap lampu akan menyambutmu begitu kamu memasuki obyek wisata Goa Putri. Lokasinya terletak 230 km dari pusat Kota Palembang, atau 35 km dari Baturaja—ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu. Tapi, kalau kamu dari jalan lintas Sumatra yang menghubungkan antara Baturaja dan Muara Enim, maka kamu hanya butuh waktu 10 menit untuk mencapainya. Biaya masuknya dipatok dengan harga Rp. 15.000,00. Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan.

Istimewanya, di dalam goa ini kamu bisa menemukan sebuah kolam yang lebarnya mencapai 20 meter dan panjangnya 160 meter. Selain itu, di beberapa bagian goa terdapat  batu lebar yang bisa kamu manfaatkan untuk duduk-duduk santai dan tiduran. Kurang lengkap apa lagi, coba? Udah deh, segera merapat ke sini. Kalau kamu nyesel, kami akan tanggungjawab, deh. Hehehe.

11. Danau Cinta, Lokasi yang Paling Ciamik Buat Bercinta

Danau Cinta, Bukit Kendi, Tanjung Enim, foto dari @avedkucing

Danau Cinta terletak di Kecamatan Tanjung Enim, tepatnya berada di sebuah Perusahaan Batubara milik PTBA (Perusahaan Taman Bukit Asam). Sebenarnya, Danau Cinta ini tidak dibuka untuk tujuan wisata, tapi karena selalu ramai dikunjungi oleh anak-anak muda Tanjung Enim, akhirnya tempat ini pun dikelola secara pribadi oleh warga setempat. Kalau kamu mau ke sini, kamu akan dikenai biaya masuk seharga Rp. 10.000,00. Biaya tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Ohya, di sini juga terdapat sebuah bukit yang bernama Bukit Kendi. Untuk mencapai bukit tersebut, kamu harus melewati jalan setapak dengan estimasi waktu sekiranya 1 jam perjalanan. Kalau kamu udah ketemu batu besar di tengah jalan, berarti kamu udah sampai di puncak Bukit Kendi. Dari puncak bukit ini, kamu bisa melihat indahnya Danau Cinta yang berwarna agak kebiruan seperti air laut.

12. Air Batu: Tempat yang Lagi Hits di Kalangan Muda-Mudi Banyuasin

Air Batu foto dari @wiqypaliagung

Sebenarnya, Air Batu bukanlah sebuah obyek wisata, melainkan area bekas tambang yang terletak di Desa Air Batu, Kecamatan Talang Kelapa, Km 35, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Dari pusat Kota Palembang, kamu bisa menempuhnya dengan estimasi waktu sekiranya 70 menit perjalanan. Lumayan jauh sih, tapi perjalananmu yang melelahkan itu akan segera terbayar begitu kamu sampai di lokasi ini. Untuk biaya masuknya, dibandrol dengan harga Rp. 5000,00/ orang, lengkap dengan biaya parkir kendaraan. Oke, Genks?!

Yap, 12 tempat wisata di Palembang dan sekitarnya udah kami share buat kamu-kamu semua. Kalau masih ada yang kurang, kamu boleh lho nambahin di kolom komentar di bawah ini. Tetap jaga kelestariannya, ya, Genks!

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.