14 Air Terjun di Provinsi Jambi Ini Bukti Bahwa Pulau Sumatera Itu Indah!

Ngadem.com – Wisata air terjun memang gak ada habisnya ya guys. Suasana sejuk, dan gemericik air yang ditawarkan air terjun membuat pikiran kita tenang seketika. Gak aneh rasanya, kalau wisata air terjun menjadi wisata sejuta umat. Gak hanya sensasi ketenangan atau relaksasi, sensasi berpetualang untuk mencapai lokasi air terjun juga menjadi daya tarik pengunjung. Selain itu, murahnya harga tiket masuk menuju lokasi air terjun juga ikut mendukung kepopuleran air terjun dikalangan wisatawan.

Ok, kali ini kita akan mengintip pesona air terjun di Provinsi Jambi. Kira-kira Jambi punya air terjun kece gak sih? Siapa pecinta wisata air terjun? Hayo, bersiap-siaplah karena 14 air terjun di Jambi ini dijamin akan membuat hidupmu kacau sebelum berkunjung langsung kesana.

1. Main Air di Air Terjun Calista Irawan. Kok Kaya Nama Orang Ya?

Air Terjun Calista Irawan Foto Dari @kemasrizkiarpadi

Air Terjun Calista Irawan, air terjun yang mirip nama orang. Lebih tepatnya nama sepasang laki-laki dan perempuan. Kok bisa ya? Air terjun ini berlokasi di Desa Lubuk Bernai, Kecamatan Batang Asam, Tanjung Jabung Barat. Air terjun ini menawarkan pesona air terjun dengan 7 tingkat terjunnya yang sangat memesona. Lokasi air terjun ini dapat dicapai dengan kendaraan roda empat atau  roda dua loh guys, gampangkan? Belum lagi pemandangan hutan yang hijau selama perjalanan menuju lokasi air terjun. Pokoknya cocok banget untuk relaksasi.

2. Belum Puas Berenang di Air Terjun Calista Irawan? Yuk Ke Air Terjun Dukun Betuah

Air Terjun Dukun Betuah Foto Dari @muhammadallif17

Ini gak ada hubungannya sama praktik perdukunan. Hehehe. Jadi Air Terjun Dukun Betuah terbilang cukup tersembunyi dan takterjamah di Jambi. Air Terjun Dukun Betuah berjarak sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Bangko. Lokasi air terjun ini hanya bisa dicapai dengan kendaraan roda dua atau berjalan kaki neh. Ini cocok buat kamu yang suka berpetualang.

Dengan ketinggian sekitar 100 meter, air terjun ini tersembunyi di Desa Rantau Suli, Kecamatan Sungai Tenang, Kabutan Merangin. Dari kampung terakhir di Desa Rantau Suli, kamu cukup berjalan kaki sekitar 1,5-2 km. Gimana guys, sudah cukup tertarik?

Suasana di Air Terjun Dukun Betuah sangat sejuk karena tersembunyi di dalam hutan yang lebat dan jauh dari hiruk-pikuk. Kamu cukup merogoh kocek Rp. 5000. Kalau bingung dengan lokasinya, kamu bisa kok meminta bantuan warga sekitar untuk mengantarmu ke lokasi air terjun.

3. Lagi-Lagi Air Terjun. Kali Ini Ke Air Terjun Pancaro Rayo

Air Terjun Pancaro Rayo Foto Dari @m.donigustian

Air Terjun Pancaro Rayo berlokasi di Desa Koto Tuo, Kecamatan Keliling Danau, Kerinci. Air terjun ini berada tidak jauh dari Gunung Kerinci. Jadi jangan heran kalau air terjun ini masih tersembunyi bahkan belum ada petunjuk menuju lokasi air terjun. Jadi, kalau kamu ingin kesini disarankan banyak bertanya pada warga sekitar ya.

Belum ada loket tiket atau tempat parkir tapi kamu bisa kok menitipkan kendaraanmu di rumah warga sekitar. Cukup membayar Rp. 5000 aja. Untuk mencapai lokasi air terjun kamu harus mendaki hingga satu jam dengan pemandangan selama pendakian yang sangat asri dan memukau. Setelah melewati beberapa sungai yang tidak terlalu lebar, kamu akan menjumpai Air Terjun Pancaro Rayo. Have fun guys!

4. Kayanya Jambi Surganya Air Terjun Deh. Nih Ada Lagi Air Terjun Pendung Semurup yang Bener-Bener Kayak Hidden Paradise

Air Terjun Pendung Semurup @musyrizal

Masih ada lagi air terjun di Jambi. Kali ini kita akan ngulik tentang Air Terjun Pendung Semurup yang terletak di Desa Pendung. Air terjun ini terbilang gampang diakses karena berada tidak jauh dari Jalan Raya Sungai Penuh menuju Kayu Aro atau tepatnya di Desa Pendung Mudik Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci.

Dengan tinggi sekitar 16 meter, air terjun ini dapat kamu capai dari Desa Pendung. Kendaraanmu juga bisa kamu parkirkan di sekitar rumah warga. Selanjutnya kamu akan trekking memasuki hutan yang cukup lebat sekitar 1, 5 jam. Perlu dicatat ya guys. Belum ada fasilitas apapun di sekitar air terjun ini jadi kamu disarankan membawa semua keperluanmu sendiri.

5. Ada Lagi Air Terjun Renah Pametik

Air Terjun Renah Pametik Foto Dari @visitkerinci

Next air terjun, namanya Air Terjun Renah Pametik. Air rerjun ini berada di Renah Pametik Lubuk Tabun, Kabupaten Kerinci. Berajarak sekitar 58 km dari Kota Sungai Penuh. Kamu dapat mencapai lokasi air terjun dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Gak terlalu susahkan?

Air Terjun Renah Pemetik ini memiliki ketinggian sekitar 65 m denga panorama alam khas Gunung Kerinci yang sejuk dan dingin. Sama halanya dengan keempat air terjun sebelumnya, air terjun ini juga masih sangat asri dan alami. Jadi, jaga dengan baik ya guys. Jangan buang sampah sembarangan.

6. Main Air Lagi di Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar Foto Dari @ommyrmda

Desa Renah Sungai Besar, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Muara Bungo menyimpan pesona Air Terjun Renah Sungai Besar. Berjarak sekitar 1, 5 jam perjalanan  dari pusat Kota Muara Bungo membuat air terjun ini menjadi wisata kegemaran anak muda Jambi. Kondisi jalan menuju Desa Renah Sungai Besar sudah cukup baik, kamu dapat melakukan perjalanan dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Setiba di Desa Renah Sungai Besar, kamu bisa langsung menitipkan kendaraanmu di rumah warga sekitar. Mulai dari desa ini, kamu tinggal melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 30-45 menit melewati 7 sungai kecil. Oh iya, untuk memasuki lokasi air terjun belum ada pungutan biaya alias gratis guys.

7. Tenangkan Dirimu di Air Terjun Segerincing

Air Terjun Segerincing Foto Dari @dickysaputra17

Air Terjun Segerincing berada di Dusun Tuo Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin dengan tinggi sekitar 62 meter dan lebar pancuran sekitar 6 meter. Air terjun ini berasal dari Sungai Siau di Gunung Masurai. Berasal dari gunung guys. Berrrrrr, dinginnya pake banget nih. Bahkan oleh warga sekitar air ini langsung diminum tanpa dimasak terlebih dahulu loh. Akses menuju lokasi air terjun sudah bisa kamu capai dengan kendaraan roda empat maupun roda 2 dan langsung mencapai lokasi air terjun. Jadi gak perlu drama yak.

8. Mari Beramai-Ramai Ke Air Terjun Parentak

Air Terjun Telun Parentak Pangkalan Jambu Merangin Foto Dari @binta_zoelvia

Mari-kemari ke obyek wisata Air Terjun Perentak. Lokasinya tepat di Desa Bukit Perentak, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Warga sekitar menyebut air terjun ini dengan nama Telun Perentak. Kabar gembiranya, air terjun ini hanya berjarak sekitar 56 km Kota Bangko. Jadi gak terlalu jauhlah.

Air Terjun Parentak memiliki ketinggian sekitar 70 meter dengan pemandangan sekitar lokasi air terjun yang masih sangat alami dan sejuk. Cocok untuk menenangkan diri saat liburan. Ingat, jangan merusak apapun ya guys.

9. Ini Dia Air Terjun Grojogan yang Kece Abis

Air Terjun Grojogan Merangin Foto Dari @devitrianto

Kabupaten Merangin memang surganya wisata ya guys. Kabupaten ini gak ada habisnya mengejutkan kita dengan potensi-potensi wisatanya. Merangin menyimpan jutaan wisata, salah satunya air terjun. Di Merangin ada Air Terjun Grojogan yang berlokasi tidak jauh dari lokasi Wisata Geopark Merangin yang sudah kondang itu. Kalau kebingungan menemukan lokasi air terjun, kamu bisa bertanya kepada warga sekitar. Jangan takut karena warga Merangin terkenal ramah-ramah loh.

10. Menyaksikan Pesona Air Terjun dengan 12 Tingkat di Air Terjun Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun Foto Dari @ayuningolgaseba

Ini dia air terjun 12 tingkat yang memukau. Air Terjun ini masuk dalam kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. So, jangan heran ya kalau suasananya masih sangat asri dan sejuk. Kamu bisa mencapai lokasi air terjun dengan menggunakan kendara roda dua dari kota Sungai Penuh. Setibanya di  bukit Talang Kemulun, parkirkan kendaraanmu lalu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri Sungai Batang Kemulun. Kurang lebih 1 jam kemudian, say hellolah pada Air Terjun Talang Kemulun.

11. Di Urutan 11, Say Hellolah Pada Air Terjun Rantau Suli

Air Terjun Rantau Suli Foto Dari @singgihsetiadji

Di urutan ke sebelas ada Air terjun Rantau Suli. Air terjun ini berlokasi di Desa Rantau Suli, Sungai Tenang, Jangkat, Kabupaten Merangin. Air terjun dengan ketinggian sekitar 60 meter ini cocok banget buat kamu yang ingin berendam seharian karena diameter kolamnya yang lumayan luas. Debit airnya juga cukup besar loh guys. Jadi, buat kamu yang ingin main air disini sangat disarankan untuk berhati-hati yak.

12. Jangan Beranjak Dulu Karena Masih Ada Air Terjun Empanau

Air Terjun Empanau @fori.badria

Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun memiliki kolam tampungan air yang lumayan luas. Cocok buat main air seharian. Air Terjun Empanau berada di Desa Talang Tembago, Sungai Tenang, Jangkat , Merangin. Waaah Merangin memang surganya air terjun yak. Mending kamu langsung ke Jambi khusunya ke Merangin untuk nyobain tuh air terjun atu-atu. Gimana, setujukan?

13. Air Terjun Hemat, Ya Air Terjun Muaro Hemat

Air Terjun Muaro Hemat Foto Dari @pejalen

Buat kamu yang ingin berhemat memang cocok datang ke Air Terjun Muaro Hemat. Mungkin air terjun ini akan mengajarkanmu kias sukses untuk berhemat. Hehehe, namanya aja Hemat. Ok, Air Terjun Muaro Hemat terletak di Desa Muara Hemat, Kecamatan Batang Merangin. Suasananya masih sangat asri dengan air terjun yang sangat jernih. Cocok buat kamu yang lagi galau.

14. Di Urutan Terakhir Ada Air Terjun Mengkaring

Air Terjun Mengkaring Foto Dari @praesaadhari

Air terjun ini terletak di Desa Markeh, Kabupaten Merangin. Air terjun ini gak terlalu tinggi loh guys tapi air curahannya langsung mengalir seperti sungai gitu. Air terjun ini di kelilingi pepohonan yang menambah kesejukan. Jadi, buat kamu yang ingin berpetualang ke alam bebas mungkin bisa langsung cus ke Air Terjun Mengkaring.

Gimana guys, kamu sudah cukup gilakan setelah mengintip 14 pesona air terjun di Jambi? Ya, udahlah langsung ke Jambi aja. Lagian udah gak ada asap kok. Jadi, santai aja.

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.