5 Area Bekas Tambang di Indonesia yang Instagramable Banget

Ngadem.com – Keberadaan tambang seringkali menimbulkan pro-kontra di tengah masyarakat. Penambangan yang dilakukan oleh segelintir orang itu tidak hanya meninggalkan lubang-lubang besar yang menganga, tapi juga berdampak pada rusaknya ekosistem di sekitarnya.

Dan seperti kita ketahui, bekas-bekas galian itu biasanya akan dibiarkan begitu saja setelah dikeruk habis kekayaannya. “Lah, emangnya tambang cuma punya dampak yang negatif?” Tentu saja tidak. Misalnya, ketika tambang berperan aktif terhadap naiknya devisa negara. Atau, tambang juga bisa diolah sedemikian rupa untuk dijadikan sebagai tempat wisata alternatif sebagaimana yang marak terjadi pada akhir-akhir ini. Lihat saja buktinya, banyak remaja yang menggunakan area bekas tambang sebagai tempat bermain dan berfoto narsis.

Nah, kalau kamu mau tahu area bekas tambang mana saja yang disulap menjadi tempat wisata, kamu boleh lho menyimak ulasan berikut ini. Cekidot!

1. Telaga Ngipik: Salah Satu Bekas Tambang yang Ada di Kota Gresik

Telaga Ngipik foto dari @zhrbchmd

Kemarin kami sudah mengulas tuntas beberapa obyek wisata yang bisa kamu kunjungi di Kota Gresik. Dan kini tiba gilirannya untuk mengeksplor keindahan bekas tambang—yang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat wisata alternatif—di kota ini. Ya, namanya adalah Telaga Ngipik. Secara sepintas, telaga ini memang seperti telaga-telaga pada umumnya. Tapi tahukah kamu kalau Telaga Ngipik ini sebenarnya adalah area bekas pertambangan? Ya, sepertinya tidak banyak yang tahu, kecuali kalau kamu berasal dari Kota Gresik!

Oke, Sob. Telaga yang terletak di Desa Ngipik ini hanya berjarak 1,5 km dari alun-alun utama Kota Gresik. Telaga ini menjadi tujuan favorit para warga untuk menepi dari ingar-bingar kota industri Gresik. Di kawasan ini, kamu bisa menikmati ruang terbuka hijau yang ditumbuhi pepohonan rimbun lengkap dengan telaga di tengahnya. So, ini adalah bukti bahwa area pertambangan juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi. Kamu berminat untuk meluncur ke sini?

2. Di Semarang Juga Ada Bekas Tambang yang Keren, Namanya Brown Canyon

Brown Canyon foto dari @evaasianipar

Kini kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika untuk menikmati keindahan alam Grand Canyon. Pasalnya, di Semarang juga ada tempat wisata unik dan kece yang menyerupai obyek wisata tersebut. Ya, bukannya mau meniru gaya Amrik, sih. Tapi emang kok, bekas galian ini mirip sama Grand Canyon-nya Amrik. Namanya aja hampir mirip, apalagi bentuknya? Iya, kan? Udah kayak pinang dibelah sepuluh, deh. Hehehe. Kalau kamu berminat mengunjungi Brown Canyon ini, lokasinya terletak di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Uniknya lagi, Brown Canyon ini masih aktif digunakan sebagai tempat penambangan. Jadi, kalau kamu datang ke sini saat siang hari, jangan heran kalau banyak truk dan alat berat yang sedang mengeruk bukit batu tersebut. Nah, siapa tahu kamu malah direkrut menjadi penambang? Kan lumayan, bisa buat nambah uang jajan. Hehehe.

3. Kota Jogja Juga Tak Mau Ketinggalan. Di Sini Kamu Bisa Menikmati Tebing Breksi Sembari Menunggu Saat Senja Tiba

Tebing Breksi foto dari @endanesyah

Dulunya, Tebing Breksi merupakan area pertambangan batu kapur yang terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, area ini kemudian disulap menjadi sebuah tempat wisata alternatif yang mempunyai keunikan tersendiri. Bahkan, saking terkenalnya, tebing ini pun menjadi ikut-ikutan hits dan terpampang di media-media sosial seperti di Instagram maupun Twitter dan Facebook. Para remaja Jogja menjadikan Tebing Breksi sebagai tempat untuk menunggu datangnya senja ataupun sekadar untuk nongkrong dan bersantai.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa batuan yang terdapat di Tebing Breksi ini merupakan sebuah lava dari Gunung Api Purba yang menggumpal dan telah melewati proses selama jutaan tahun. Nah, oleh karena itu, agar kelestarian batuan itu tetap terjaga, maka aktivitas penambangan di tebing ini pun harus dihentikan. Selain itu, yang menjadi alasan lainnya adalah, tebing ini juga termasuk dalam wilayah Geoheritage Candi Ijo. Jadi gimana, Genks? Kamu minat berkunjung ke sini? Biayanya murah, kok. Kamu cukup membayar biaya parkir sebesar Rp. 2000,00 plus biaya masuk seikhlasnya.

4. Cari Spot Foto Kece untuk Berfoto-Narsis? Coba Deh Sambangi Arosbaya yang Ada di Bangkalan, Madura

Arosbaya Bangkalan foto dari @lisa_cilikz

Mau nggak mau, kamu harus menyeberang ke Pulau Madura kalau mau dapetin spot kece ini. Lokasinya terletak di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Di sini kamu bisa menemukan sebuah area tambang yang sudah tidak beroperasi lagi. Bekas penambangan batu kapur itu kemudian berubah menjadi tempat hits di kalangan anak muda Bangkalan. Mereka memanfaatkan bekas tambang ini sebagai tempat untuk berfoto-narsis.

Kenapa kamu harus berkunjung ke sini? Karena bekas tambang ini mempunyai keunikan yang lain daripada yang lain. Ya, jika dilihat dari dekat, dinding-dindingnya membentuk sebuah ukiran yang cantik dan artistik layaknya bangunan Pura di Bali. Tapi sayangnya, keindahan tempat ini menjadi sedikit berkurang karena dinodai oleh beberapa pengunjung yang tidak bertanggungjawab. So, kalau kamu datang ke sini, tetap jaga keindahannya, ya. Jangan mencoret-coretnya dengan tulisan nama pacarmu!

5. Terakhir, Ada Telaga dan Bukit Puthuk Krebet di Tulungagung

Tambang Watu Ijo foto dari @kelly_purwanto

Obyek wisata yang satu ini mempunyai nama Bukit Puthuk Krebet—yang merupakan sebuah bukit bekas tambang watu ijo (batu hijau) dan tembaga. Selain bukit, di sini juga terdapat tiga buah telaga warna yang terbentuk karena bekas galian tambang. Tiga telaga tersebut cukup unik, karena memiliki warna air yang berbeda-beda. Ada warna hijau tosca, hitam kecoklatan, dan hijau lumut. Air telaga berasal dari air hujan yang terkontaminasi oleh zat-zat yang terkandung dalam tanah dan bebatuan. Sehingga, membuat air dalam telaga tersebut berubah warna. Nah, jika kamu berminat, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu menuju Desa Panggunguni, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur. Tapi ingat, jangan pernah mengotori tempat ini, ya, Genks!

Berlibur nggak harus ke tempat-tempat yang mahal kan, Genks? So, kamu cukup mengunjungi 5 area bekas tambang yang sudah kami rangkumkan di atas. Dijamin deh, liburanmu akan tambah berkesan…

Komentar

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.