5 Danau di Jambi yang Cantiknya Kebangetan!

Ngadem.com – Buat kamu-kamu yang kemarin udah baca rangkuman Ngadem.com tentang 14 air terjun kece di Jambi, sekarang saatnya buat kamu untuk sekali lagi membuka matamu lebar-lebar untuk melihat danau-danau cantik yang bersembunyi di Jambi. Ok, bersiaplah!

1. Bekas Tambang Batu Bara Yang Menjelma Danau Biru

Danau Biru Sarolangun Foto Dari @romansyakura

Danau Biru bermula dari bekas galian batu bara. Jadi, dulunya kawasan Danau Biru ini merupakan wilayah pertambangan batu bara gitu. Nah, setelah ditinggalkan, tempat ini menjelma menjadi danau yang ciamik dan dikenal dengan nama Danau Biru. Nama Danau Biru dipakai karena air di danau ini memang berwarna biru gitu.

Ok, Danau Biru terletak di Jalan Lamo Desa Sungai Beringin, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo. Berjarak 20-30 menit dari Kota Bangko. Untuk menikmati kemolekan Danau Biru, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Itu udah termasuk parkir.

Danau Biru ada dua loh guys. Ada Danau Biru yang berukuran kecil dan Danau Biru yang berukuran agak besar. Sejauh ini gak ada yang mandi di danau ini, jadi kamu sebaiknya hanya duduk saja melewati sore yang dalam di tepi danau sambil nyemil atau selfie.

2. Tenggelam di Pesona Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh Foto Dari @devitrianto

Danau Gunung Tujuh adalah danau sangat indah nan eksotis. Bersembunyi di balik kegagahan Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh, danau ini disebut-sebut sebagai salah satu danau tertinggi di Indonesia. Danau ini terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci.

Danau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO loh. Bagi pendaki yang pernah menyusuri indahnya Gunung Kerinci, pasti tidak asing lagi dengan Danau gunung Tujuh ini.

Ok, danau ini bisa jadi pilihan utama buat kamu yang belum kuat mendaki Gunung Kerinci. Kamu bisa nyicil mendaki ke Danau Gunung Tujuh.

Akses menuju Danau Gunung Tujuh yang berada di ketinggian 1. 950 meter dpl ini sama persis dengan jalur pendakian menuju Gunung Kerinci jadi dijamin gak akan ribet. Kamu bakal bertemu banyak pendaki kok. Jangan lupa bawa tenda dan bekal ya.

3. Danau Kaco, Danau Yang Bercahaya Pada Malam Hari

Danau Kaco Kerinci Jambi Foto Dari @jelajahkerinci

Danau ketiga yang akan kita bahas unik banget loh guys. Jadi konon danau ini bisa bercahaya pada malam hari. Duh, iya gak sih? Ok, Danau Kaco terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci. Danai ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dan termasuk salat satu warisan UNESCO. Kayanya emang kece banget deh.

Akses menuju lokasi danau dari Kota Jambi, kamu tinggal memacu kendaraanmu ke Sungai Penuh yang berjarak sekitar 500 km dengan waktu tempuh sekitar 10 jam perjalanan. Selanjutnya, kamu langsung menuju Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua karena kondisi jalan raya yang sudah sangat ketceh.

Ok, di kawasan Danau Kaco belum ada fasilitas apapun guys, jadi sangat perlu kamu perhatikan ya. Bawa bekal dan peralatan yang kamu butuhkan selama perjalanan. Kamu juga bisa kok menginap di sekitar kawasan danau. Bawa saja tendamu. Kalau kamu bingung untuk menuju lokasi danau, kamu bisa kok meminta bantuan warga sekitar untuk mengantarmu. Ok?

4. Danau Kumbang, Danau yang Bersembunyi di Gunung Masurai

Danau Kumbang Gunung Masurai Merangin Foto Dari @bm_adventure

Nah, untuk sampai ke danau ini kamu harus berjuang dikit guys. Sesuai namanya Danau ini bersembunyi tidak jauh dari Gunung Masurai. Jadi, kamu harus agak trecking gitu. Danau Kumbang  adalah salah satu danau tertinggi di Indonesia.

Danau Kumbang berada di ketinggian 2.469 mdpl jadi ya udah kaya naik gunung gitulah. Ok, untuk mencapai Danau Kumbang dari Kota Jambi, kamu harus ke Kota Bangko di Kabupaten Merangin lalu pacu kendaraanmu menuju Desa Sungai Lalang, Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin. Nah di desa ini petualanganmu mencari danau di mulai.

Sekitar 5 jam pendakian, kamu dijamin akan terpana melihat kemolekan danau ini. Pokoknya ketceh abis guys. Mungkin gak ada salahnya kamu menggelar tenda di sekitar danau. Duh, ajak adek ke Danau Kumbang Bang!

5. Danau Sipin, Danau di Pinggir Kota Jambi yang Memukau

Danau Sipin Foto Dari @bhima_wibawa

Danau kelima ini gak perlu drama karena letaknya gak jauh dari Kota Jambi. Danau Sipin oleh masyarakat setempat juga disebut Danau Solok guys. Jadi, ada baiknya kamu ingat kedua nama itu. Danau ini berada tidak jauh dari Simpang Buluran Kenali, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Sangat dekat dengan kampus Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Jambi.

So, akses ke danau ini juga gampang banget. Tinggal milih mau pakai ojek, angkot, atau mungkin jalan kaki? Meski terletak tidak jauh dari pusat kota, danau ini menyajikan pesona pemandangan yang masih sangat asri dan sejuk. Jadi, cocok buat nongkrong sore-sore gitulah. Dan konon warga setempat juga sering melewati sore disini karena sunsetnya bagus banget.

Gak hanya duduk menikmati sore, kamu juga bisa jajan loh. Banyak pedagang cemilan hingga makanan berat. Bahkan sea food juga ada. Buat kamu yang mau berkeliling danau menggunakan perahu, boleh! Cukup bayar Rp 5.000 per orang kamu udah bisa seru-seruan.

5 danau Jambi tadi memang cantikkan? Siapkan dirimu ya guys. Jangan buang sampah sembarangan yak.

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.