6 Pantai Baru Untuk Camping di Gunungkidul

Ngadem.com – Malaikat juga tahu Gunungkidul kaya akan destinasi wisata, mulai dari gua-gua eksotisnya sampai deretan pantainya yang  manawan. Di beberapa pantai yang ada di Gunungkidul, selain bisa dimanfaatkan untuk snorkeling, ada juga pantai yang bisa dijadikan tempat nge-camp. Menariknya, pantai-pantai ini terbilang baru. Apa saja? Nih, Ngadem.com kasih bocoran sedikit mengenai pantai-pantai di Gunung Kidul yang asik buat camping dan terbilang belum banyak tersentuh pengunjung.

1. Pantai Greweng: kamu akan merasa pantai ini jadi milikmu

Sunset di Pantai Greweng via www.danisetiawanku.com

Sunset di Pantai Greweng via www.danisetiawanku.com

Pantai baru yang terletak di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di sisi timur pantai Wediombo ini sering menjadi pilihan muda-mudi Jogja untuk camping. Selain suasananya yang masih sangat sepi, pantai ini juga memiliki gua dan jalur tracking yang akan membuat nyalimu teruji. Tempat-tempat seperti inilah yang biasanya asik buat camping: sepi, tenang, dan jauh dari keramaian. Oh iya, di sini juga ada aliran air tawar yang bisa kamu gunakan untuk mandi.

2. Pantai Ngrawah: di sini kamu akan merasa balik ke masa lalu

Pantai baru di GK Pantai Ngrewah via mutiaky.blogspot.com

Pantai baru di GK Pantai Ngrewah via mutiaky.blogspot.com

Pantai baru asik buat camping berikutnya adalah pantai Ngrawah. Pantai ini terletak di Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Bukan hanya pantai Greweng, pantai Ngrawah juga memiliki sumur air tawar yang bisa kamu gunakan untuk mandi dan merebusnya untuk minum. Jadi, buat kamu yang tertarik camping di pantai ini gak perlu takut deh kehabisan stok  air minum.

3. Pantai Lolang: tempat asik untuk merenungi diri

Mungilnya Pantai Lolang via spadepicnic.wordpress.com

Mungilnya Pantai Lolang via spadepicnic.wordpress.com

Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Sepanjang dan Pantai Kukup ini juga sering menjadi pilihan tebaik untuk dijadikan tempat camping. Suasananya yang masih sepi menjadikan pantai ini begitu dicintai orang-orang yang ingin menenangkan diri. Untuk mencapai tempat ini tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu mengikuti arah menuju pantai Sepanjang, jalur menuju pantai ini juga terbilang tidak terlalu sulit seperti pantai-pantai tersembunyi di Gunungkidul lainnya.

4. Pantai Ngitun: suasana epic akan kamu temui di sini

Suasana Pantai Ngitun via www.gedangsari.com

Suasana Pantai Ngitun via www.gedangsari.com

Pantai Ngitun terletak di dusun Sureng, Ds. Purwodadi, kec. Tepus, Kab. Gunungkidul. Pantai yang belum banyak terjamah orang ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin camping di Gunungkidul. Selain bisa camping, di sini juga kamu bisa menikamti sunset yang eksotis dari atas bukit Watu Gentong, yang letaknya berada tepat di tepi pantai. Untuk mencapai pantai ini, kamu akan diajak melewati jalur berbatu yang cukup heroik. Jadi, alangakah baiknya cek dulu kondisi kendaraanmu sebelum menuju pantai ini.

5. Pantai Ngrumput: di sini kamu juga bisa mampir ke Bukit Kosakora

Sejuknya Pantai Ngerumput via www.panoramio.com

Sejuknya Pantai Ngerumput via www.panoramio.com

Pantai Ngrumput ini letaknya bersebelahan dengan Pantai Drini, hanya dipisahkan oleh tebing. Untuk mencapai pantai ini, kamu bisa menyusuri Pantai Drini saat kondisi air laut surut. Lokasinya yang cukup tersembunyi, sepi, dan areanya yang tak terlalu luas menjadikan pantai ini cocok sekali untuk dijadikan tempat camping. Di sebelah pantai ini juga terdapat sebuah bukit yang bernama Bukit Kosakora. Di Bukit Kosakora inilah kamu bisa memperoleh tiket emas untuk menyaksikan panorama sunset yang melankolis. Bukit ini juga kadang dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk dijadikan tempat camping. Hanya saja untuk mencapai bukit ini, kamu harus melakuan pendakian yang cukup melelahkan terlebih dulu.

6. Pantai Wohkudu: tempat camping mainstream di Gunungkidul yang tak akan membuatmu kapok

Pantai Wohkudu via www.catatannobi.com

Pantai Wohkudu via www.catatannobi.com

Selain Pantai Greweng, Pantai Ngrewah, Pantai Lolang, Pantai Ngerumput, dan Pantai Ngitun yang tentu saja asik buat camping, ada juga pantai Wohkudu. Seperti pantai-pantai yang sudah disebutkan di atas, pantai yang satu ini juga terbilang masih asri dan sepi. Pemandangan di sini pun tak kalah cantik -terlebih saat sore hari. Pantai kecil nan eksotis ini terletak di Dusuh Wiroso, Ds. Girikerto, Kec. Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta, lebih tepatnya di sisi timur Pantai Kesirat. Untuk menuju pantai ini, kamu cukup mengikuti arah jalur menuju Pantai Kesirat.

Tips dari Ngadem.com untuk camping di pantai baru Gunungkidul:

  1. Pastikan badanmu dalam keadaan sehat.
  2. Cek kondisi kendaraanmu terlebih dahulu sebelum berangkat. Pastikan kendaraanmu dalam kondisi yang prima dan full bensin.
  3. Bawalah perbekalan makanan dan pakaian secukupnya.
  4. Cek terlebih dahulu barang bawaan yang memang harus dibawa sebelum berangkat.
  5. Bawalah kamera untuk mengabadikan setiap moment yang ada

Tetap jaga kebersihan. Jangan buang sampah sembarangan. Dan jangan lupa untuk selalu mengingat Tuhan. Selamat ber-camping ria.

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Malang: Pantai Ngledakan Ciut
Leuwi Tonjong: Pesona Wisata Baru di Garut yang Sungguh Instagramable
Kenalkan, Bukit Cendana Wisata Baru di Kulonprogo, Jogja