6 Tempat Epic Untuk Melihat Sunrise di Jogja

Ngadem.com – Proses terbitnya matahari atau yang lebih keren disebut sunrise memiliki pesona yang mampu menyihir siapa saja. Tak jarang hampir setiap orang rela bercapek-capek dahulu untuk menuju dataran tinggi demi bisa menyaksikan proses terbitnya matahari. Seperti sunset, sunrise pun begitu disukai banyak orang. Bagi kamu yang kini stay di Jogja dan ingin menyaksikan mahakarya Tuhan  ini, coba deh datang ke spot-spot epic berikut:

1. Sunrise di Taman Wisata Gunung Merapi, Sleman.

Epicnya sunrise di Gunung Merapi via www.excellentjogjadriver.com
Epicnya sunrise di Gunung Merapi via www.excellentjogjadriver.com

Bagi kamu yang gemar menikmati suasana sejuk di Kaliurang, jangan lupa untuk mampir ke taman wisata Merapi. Banyak hal menarik yang bisa kamu temui di tempat ini, terlebih sunrise-nya. Tapi bila kamu tak terbisa mendaki, tenang saja, kamu cukup mengujungi  gardu pandangnya yang ada di kawasan Taman Merapi. Jadi buat kamu yang tak ingin ketinggalan moment epic dari proses terbitnya matahari ini, sebaiknya datanglah pagi-pagi sekali. Meski hawa dingin menusuk tulang, semua pasti akan terbayar selepas menyaksikan panorama sunrise dan keindahan alam sekitar yang mengagumkan.

2. Sunrise di Gunung Api Purba, Nglanggeran.

Sunrise di Sunrise Di Gunung Api Purba via Jogja Today on Twitter
Sunrise di Sunrise Di Gunung Api Purba via Jogja Today on Twitter

Gunung Api Purba berada di kawasan puncak Pegunungan Sewu, Gunungkidul. Bagi kamu yang suka camping dan hiking, kamu bisa datang ke sini. Selain bisa camping, kamu juga bisa menyaksikan keindahan sunrise yang sungguh memukau. Sunrise disini tak kalah indah  dengan sunrise-sunrise di pegunungan lainnya. Untuk mencapai Gunung Api Purba, kamu hanya memakan waktu tempuh sekitar satu jam saja dari Jogja.

3. Sunrise di Puncak Suroloyo, Kulon Progo.

Sunrise di Puncak Suroloyo via diasporaiqbal.blogspot.com
Sunrise di Puncak Suroloyo via diasporaiqbal.blogspot.com

Bisa menyaksikan pesona sunrise yang dikelilingi kemegahan dari empat gunung sekaligus pastinya akan menyisakan kenangan yang tak terlupakan, di dalamnya pasti terselip juga kebahagiaan. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Bromo, kamu cukup datang ke puncak Suroloyo. Ya, di Puncak Suroloyo kamu bisa menyaksikan pesona sunrise yang muncul malu-malu menghiasi cakrawala, ditambah kemegahan empat gunung yang turut mengelilinginya: Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Sindoro. Bahkan, jika langit cerah, kamu bisa melihat keindahan Candi Borobudur yang tampak seperti miniatur. Puncak Suroloyo ini berada di pegunungan Menoreh, Kulon Progo. Untuk mencapai puncak Suroloyo, kamu hanya membutuhkan waktu satu jam saja dari pusat kota Jogja.

4. Sunrise di Bukit Punthuk Setumbu, Borobudur.

Sunrise di Bukit Punthuk Setumbu via jogjapackertrip.blogspot.com
Sunrise di Bukit Punthuk Setumbu via jogjapackertrip.blogspot.com

Bukit Punthuk sethumpu ini berada di kawasan candi Borobudur, Magelang. Bagi warga Magelang dan sekitarnya, Punthuk Setumbu ini menjadi spot terbaik untuk melihat sunrise. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kemegahan dari warisan sejarah bernama Candi Borobudur. Sunrise dengan latarbelakang kemegahan candi pastilah tampak epic sekali.

5. Sunrise di Candi Borobudur, Magelang.

Sunrise di Candi Borobudur via transmojo.blogspot.com
Sunrise di Candi Borobudur via transmojo.blogspot.com

Bukan hanya di bukit-bukit atau pegunungan saja kamu bisa menikmati keindahan sunrise. Di candi pun kamu bisa menikmatinya, seperti di Candi Borobudur. Bukan rahasia lagi, selain memiliki pesona yang selalu berhasil membuat penikmatnya terpikat, Candi Borobudur juga memiliki sunrise yang sungguh menawan. Cahaya merah keemasan yang pelan-pelan tumpah di pelataran Candi Borobudur seolah menambah keindahan candi yang sudah berdiri beribu-ribu tahun lamanya ini. Selain di Candi Borobudur, kamu juga bisa menikmati keeksotisan sunrise di candi Prambanan dan Candi Ratu Boko.

6. Sunrise di Area Persawahan, Jembatan, Dan Gedung-gedung Bertingkat.

Sunrise di Sawah via diaryfotografi.blogspot.com
Sunrise di Sawah via diaryfotografi.blogspot.com

Area persawahan juga bisa menjadi tempat asik untuk menyaksikan proses terbitnya matahari. Sembari  jogging dan menikmati hamparan hijau persawahan, kamu juga bisa merasakan kehangatan mentari pagi yang pelan-pelan muncul dari persembunyian. Di Jogja sendiri, ada banyak area persawahan dengan panorama sunrise yang memukau. Bagi kamu yang memiliki letak rumah dekat dengan area persawahan, pastilah sudah kenyang menikmati proses terbitnya matahari.

Selain di area persawahan, spot asik untuk menyaksikan panorama sunrise juga bisa didapatkan di jembatan-jembatan. Di Jogja sendiri ada beberapa jembatan, di mana kamu bisa menyaksikan sunrise yang tak kalah epic dengan sunrise di pegunungan. Atau, kamu juga bisa menyaksikan keelokan sunrise di lantai paling atas gedung-gedung tinggi.

Gimana? Ada rekomendasi lain?

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com – Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.