6 Tempat Wisata di Riau yang Mampu Mengalihkan Duniamu

Ngadem.com – Riau merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera, Ibu Kota Pekanbaru. Provinsi Riau memliki corak geografis dan multietnis yang sangat beragam. Letak dan keberadaan provinsi Riau yang sangat strategis serta potensi sumber daya alamnya yang sangat kaya membuat daerah ini menjadi salah satu sasaran tujuan wisata.  Berbagai macam tempat wisata cantik ada di Riau.

Nah, berikut ini 6 tempat cantik nan menarik yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Riau.

1. Air Terjun Batang Koban

Foto dari @abdulronny

Air Terjun Batang Koban juga sering disebut  Air Terjun Tujuh Tingkat, terletak di Lubuk Ambacang, Hulu Kuantan, Kuantan Singingi, Riau. Keunikan dari air terjun ini yaitu bentuknya yang mencampai 7 tingkat. Banyak hal indah yang bisa kamu nikmati sebelum sampai air terjun yang satu ini, seperti deretan bebukitan terjal, hutan lindung yang masih begitu alamai, dan pepohonan hijau yang terlihat asri. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan burung-bunrung, kera-kera bergenlantungan, dan beberapa binatang hutan lainnya yang seolah menyambut kedatanganmu.

2. Air Terjun Guruh Gemurai

Foto dari @alifmulyadi

Air terjun yang memiliki ketinggian 20m ini  ini berada di Ds. Kasang, Kec. Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Senggigi, Riau. Tepatnya, di kawasan Lubuk Jambi kurang lebih 25 Km dari Taluk Kuantan. Dinamakan Guruh Gemurai oleh penduduk setempat karena suara airnya yang terdengar bergrmuruh dan gemurai atau bergemericik.  Selain keindahan air terjunnya, di tempat ini kamu juga akan dimanjakan oleh suasana yang begitu asri yang sudah sulit ditemukan di perkotaan. Saat akhir pekan atau liburan, tempat ini ramai dipadati wisatawan. Air Terjun Guruh Gemurai tergolong aman untuk mandi maupun berenang. Tapi tetap hati-hati, terlebih saat musim hujan.

3. Air Terjun Aek Maratua

Foto dari @alizarjourney

Air Terjun Aek Martua juga disebut air terjun tangga seribu. Terletak di kawasan dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan, tepatnya di Ds. Tangun, Kec. Bangun Purba, Kab. Rokan Hulu, Riau.  Di kawasan ini, terdapat tiga air terjun indah nan cantik dengan jarak cukup berdekatan. tingginya pun bervariasi mulai dari 15 meter sampai 35 meter, dan massing-masing air terjun memiliki keunikan tersendiri. Oh iya, buat kamu yang hobi panjat tebing, di sini bisa kamu saluran hobimu.

4. Pulau Beting Aceh

Foto dari @indraa_syahputra

Beting Aceh terletak di Rupat utara, Bengkalis, Riau. Pulau Beting Aceh ini benar-benar menyimpan pesona yang sangat memukau. Pulau yang bertatapan langsung dengan Malaysia ini memiliki panorama pantai yang begitu alami, penduduknya pun ramah sekali. Jika ingin melihat keindahan sekitar, kamu bisa menaiki tower mercusuar dengan 12 anak tangga dimana masing-masing tangga memiliki lebar 4m.

5. Danau Kayangan

Foto dari @dimastri

Danau kayangan terletak di Ds. Limbungan, Kec. Rumbai pesisir, Pekanbaru, Riau.  Mulanya Danau ini dinamakan Danau Buatan, tapi pemerintah Kota Pekanbaru kini menggantinya dengan nama Danau Bandar Kayangan Lembah Sari atau lebih populer dengan nama Danau Kayangan. Danau ini juga dimanfaatkan sebagi sarana irigasi oleh penduduk setempat. Danau ini menjadi ikon wisata Kota Pekanbaru.  Pemerintah setempat terus berusaha untuk meningkatkan fasilitas di tempat ini agar para pengunjung yang datang merasa nyaman dan kerasan

6. Sungai Bono

sungai bono
Foto dari tripus.com

Sungai Bono terletak di Muara Sungai Kampar, Pelalawan, Riau. Keunikan dari sungai Bono ini adalah adanya gelombang pada sungai yang meyerupai ombak. Gelombang ini terjadi akibat pertemuan arus sungai dan arus alut, selain itu juga karena perubahan angin dan arus air. Gelombang yang berukuran cukup besar oleh penduduk setempat bahkan oleh para wisatawan sering dimanfaatkan untuk bermain surfing (selancar). Bono atau gelombang terbesar biasanya terjadi saat musim penghujan yaitu sekitar bulan November dan Desember.

Demikianlah informasi mengenai 6 wisata di Riau yang bisa kamu kunjungi. Kalau ada yang kurang, silahkan tambahkan di kolom kemantar. Selamat jalan-jalan. Tetap jaga kebersihan ya…

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.