6 Tempat Wisata Surabaya yang Cucok Buat Ngadem

Ngadem.com – Keberadaan ruang terbuka hijau agaknya menjadi barang langka yang bisa kamu jumpai di pusat kota besar layaknya di Surabaya. Ya, hal itu bisa diibaratkan seperti mencari jarum di tengah tumpukan jerami. Begitulah memang. Tapi, bukan berarti di kota padat penduduk ini kamu tidak bisa menemukan ruang terbuka hijau sama sekali.

Dan meskipun Kota Surabaya sudah dipenuhi gedung-gedung bertingkat dan kendaraan bermotor, tapi kamu masih bisa kok menemukan ruang terbuka hijau yang bisa kamu manfaatkan untuk ngadem. Nggak percaya? Yaudah, langsung aja kita cari tempat ngadem di Surabaya, yuk!

1. Menyambut Kabar Gembira dari Kawasan Pantai Ria Kenjeran

Pantai Ria Kenjeran foto dari @tegoehgts

Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Kenjeran, atau sekitar 9 km ke arah timur dari pusat Kota Surabaya. Istimewanya lagi, obyek wisata ini terletak di dekat Jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Kota Surabaya dan Madura. Sehingga, akan memudahkanmu untuk mengakses jalurnya. Fasilitas yang disediakan di sini pun sudah cukup lengkap, meliputi: perahu wisata, arena bermain anak, kolam renang, toilet, area parkir yang luas, dan masih banyak yang lainnya. Nah, kalau kamu pengin naik perahu berkeliling lautan, kamu bisa lho mencobanya dengan biaya sebesar Rp. 5000,00/ orang. Murah banget, kan?

Nah, kabar gembiranya, di lokasi pantai ini akan diadakan festival untuk meresmikan Jembatan Kenceran yang rencananya akan dilengkapi dengan air mancur menari. Selain itu, telah diijadwalkan juga berbagai acara yang akan digelar mulai tanggal 3, 9, dan 10 April 2016 mendatang. Untuk lokasi acaranya akan dipusatkan di Sentra Ikan Bulak (SIB) yang telah dibangun oleh Pemkot Surabaya sebagai pusat perdagangan ikan terbesar di sini. Yap, kesempatan nggak datang dua kali, Sob. Jadi jangan pernah melewatkannya, ya!

2. Pengin Liat yang Ijo Royo-Royo? Dateng Aja ke Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo, Surabaya, foto dari @fahmiadimara

Untuk mencapai hutan mangrove ini, pertama-tama kamu harus menuju Jembatan MERR II-C yang terletak di kawasan Pondok Nirwana, atau Stikom Surabaya. Dari jembatan itu, kamu harus berjalan ke arah timur, sejauh 5 kilometer, melewati IPH School, pangkalan taksi Orenz, hingga menemui penunjuk arah menuju Ekowisata Mangrove Wonorejo (EMW). Jarak tempuh dari “Penunjuk Arah EMW” hingga lokasi EMW berkisar antara 2,5 – 3,5 kilometer. Kamu bisa mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jadi kamu tak perlu repot-repot mikirin alat transportasinya.

Nah, istimewanya lagi, di sini kamu bisa melihat kawanan kera yang biasa mangkal di sekitaran lokasi. Tak hanya itu, di sini juga telah disediakan jembatan kayu yang sudah disusun rapi sehingga kamu bisa mengitari hutan mangrove ini tanpa takut kebasahan. Untuk biaya masuknya sudah dipatok dengan harga Rp. 10.000,00 (untuk orang dewasa) dan Rp. 8000,00 (untuk anak-anak). EMW ini mulai melayani pengunjung dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore. Jadi kamu tak perlu khawatir kalau tempat ini tutup.

3. Yuk, Nongski di Kenjeran Park yang Banyak Pohonnya

Kenjeran Park foto dari @thzphotoworks

Wilayah Kenjeran memang terkenal dengan daerah pantainya. Tapi jangan salah, di sini kamu juga bisa menemukan ruang terbuka hijau yang cukup luas yang terletak di Kenjeran Park. Untuk tarif masuk ke lokasi ini dipatok dengan harga Rp. 10.000,00/ mobil. Ohya, biaya tersebut berlaku untuk 2 penumpang saja. Nah, kalau penumpangnya 3, ditambah biaya sebesar Rp. 4000,00 menjadi Rp. 14.000,00 dan berlaku seterusnya. Karena masih tergolong baru, saat tiba di kanan – kiri jalan masuk ini, kamu akan melihat hamparan tanah yang luas. Tapi, begitu kamu memasuki obyek wisata ini, pemandangan yang berbeda akan langsung kamu jumpai.

Pagoda Tian Ti via www.titofebrian.com

Ya, di sini telah disediakan beberapa wahana seru yang siap menghiburmu. Wahana tersebut meliputi sirkuit slalom mobil, tempat berkuda, sebuah pagoda yang sangat cantik dan menawan, serta patung Budha berwajah empat yang mempunyai daya tarik tersendiri. Dan memang, sepertinya tempat ini telah dikonsep sedemikian rupa hingga menyerupai tempat-tempat wisata yang ada di Thailand. Jangan mau ketinggalan sama yang lainnya, Genks!

4. Taman Prestasi: Tempat Paling Asik Buat Meng-enjoy-kan Diri di Surabaya

Kalimas, Taman Prestasi, foto dari @dite_surendra

“Seperti menemukan oase di tengah kota…” Barangkali itulah kata yang paling tepat untuk menggambarkan suasana jika kamu sedang berada di Taman Prestasi Subaraya. Bagaimana tidak, taman seluas 6000 m2 ini dihiasi sekitar 21 jenis tanaman sehingga terasa nyaman dan sejuk. Kawasan ini juga dilengkapi panggung teater terbuka sarana permainan anak yang cukup lengkap. Tak hanya itu, obyek wisata ini juga menawarkan beberapa wahana seru seperti menyusuri Kalimas dengan perahu naga ataupun perahu dayung. Bahkan, kamu juga bisa menikmati taman yang cukup luas ini dengan menunggang kuda.

Oke, kalau kamu berminat, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu menuju Jalan Ketabang Kali, No.6, Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Biaya masuk ke lokasi cukup murah, kok. Hanya dipatok dengan harga Rp. 5000,00/ orang. Ohya, jika kamu ingin menjajal beberapa wahana yang ada di sana, kamu harus menyiapkan uang lebih, ya. Pasalnya, setiap wahana punya tarif masing-masing. Have fun, Genks!

5. Ruang Terbuka Hijau Selanjutnya Ada di Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya foto dari @ulheenda

Kebun Binatang Surabaya (KBS) merupakan salah satu obyek wisata yang cukup lama populer di Kota Surabaya. Kebun binatang ini mempunyai koleksi satwa yang paling lengkap se-Asia Tenggara. Di dalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda-beda jenis, dan lebih dari 2.806 binatang. Tapi sayangnya, pada tahun 2015 yang lalu, banyak binatang yang mati karena kurang terawat dengan baik. Nah, untuk masuk ke kawasan ini, kamu akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 15.000,00. Tidaklah sulit untuk menemukan kebun binatang ini. kamu cukup bertanya pada penduduk asli Surabaya, dijamin mereka udah pada tahu, kok.

6. Selanjutnya Adalah Food Junction Grand Pakuwon

Food Junction Grand Pakuwon foto dari @yenmegawati

Obyek wisata yang satu ini memang masih terbilang baru di Surabaya. Tapi karena tempatnya memiliki pesona yang memukau, maka tak heran kalau udah banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Untuk menuju lokasi, kamu bisa menempuhnya dengan melewati jalan tol dalam kota ke arah Perak/ Pasar Turi. Sampai di Jembatan Semanggi-nya Surabaya, ambil Jalan Tol yang ke arah Gresik. Terus saja ke selatan menuju Tanjungsari. Sesampainya di Tanjungsari, ambil jalan ke arah Barat sampai bertemu Pom Bensin di sebelah kanan. Dan setelah itu, kamu akan bertemu gerbang bertuliskan Food Junction Grand Pakuwon.

Selain menyediakan tempat makan yang bernuansa modern, FJGP ini juga menyediakan beberapa wahana kece yang bisa kamu cobain satu per-satu. Eits, tapi wahana-wahana itu baru buka jam 5 sore ya, Genks! Ada taman lampion, ada boat bumper,  kereta kelinci, dan masih banyak yang lainnya. Ohya, sampai saat ini, untuk masuk ke kawasan ini masih digratiskan, lho. Paling kamu hanya diwajibkan membayar biaya parkir kendaraan. Keren, kan?

Oke, 6 lokasi buat ngadem di Surabaya udah kami sajikan buat kamu semua. Jadi, kapan kamu mau datang ke tempat ini? Jangan cuma jadi rencana aja, ya, Genks!

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Malang: Pantai Ngledakan Ciut
Leuwi Tonjong: Pesona Wisata Baru di Garut yang Sungguh Instagramable
Kenalkan, Bukit Cendana Wisata Baru di Kulonprogo, Jogja