7 Alasan Kenapa Info Cegatan Jogja (ICJ) Berani Bersaing dengan NTMC Polri

Ngadem.com – Warga Jogja tentunya sudah tak asing lagi dengan sebuah komunitas yang bernaung di media sosial Facebook, yakni sebuah grup yang diberi nama: Info Cegatan Jogja, atau yang biasa disingkat menjadi ICJ. Ya, pada mulanya komunitas ini berfungsi sebagai wadah untuk saling bertukar informasi tentang adanya razia lalu lintas, atau yang lebih dikenal dengan istilah cegatan. Tapi kini, seiring berkembangnya zaman, para member ICJ juga biasa membagikan beberapa informasi penting mengenai kecelakaan lalu lintas, atau bahkan info-info yang berhubungan dengan tindak kriminal, khususnya di wilayah Kota Yogyakarta.

Kehadiran ICJ sebagai sebuah komunitas memang sudah sepantasnya diapresiasi bagi pengguna jalan, khususnya bagi pengendara sepeda motor. Dan tentunya, tak terkecuali pula bagi pihak Kepolisian. Sebab, bagaimana pun juga, komunitas ICJ ini juga turut berkontribusi dalam membagikan info-info penting yang bisa membantu pihak Kepolisian. Bahkan, kalau boleh dilebih-lebihkan, komunitas ini nampaknya juga mempunyai taraf yang sepadan jika dibandingkan dengan NTMC Polri. Tapi sayangnya, komunitas ICJ hanya bergerak dalam wilayah regional Kota Yogyakarta saja. Sehingga penyebaran informasinya pun jadi kurang merata.

Oke Gaes, tak perlu panjang lebar lagi. Kali ini Ngadem.com akan berbagi ulasan tentang “Alasan Kenapa ICJ Berani Bersaing dengan NTMC Polri”. Yuk, cek!

1. Pendiri ICJ Selalu Mengingatkan Agar Membernya Selalu Taat Berlalu Lintas. Nah, Udah Mirip Sama Briptu Eka Frestya, Kan?!

Briptu Eka Frestya via www.kompasiana.com

Dalam sebuah blog, salah satu pendiri ICJ mengungungkapkan, bahwa komunitas ini bukanlah tempat bagi para pelanggar aturan lalu lintas. Melainkan, suatu wadah untuk saling berbagi dan mengingatkan satu sama lain untuk tetap waspada dan selalu taat pada aturan lalu-lintas. Terlebih lagi ketika berkendara di jalan.

Beberapa tahun yang lalu, ICJ pernah merayakan hari jadi mereka yang pertama. Perayaan tersebut cukup meriah untuk sebuah komunitas yang lahir dari dunia maya. Dan tentunya, para member ICJ itu selalu tertib berlalu lintas ketika menghadiri acara tersebut. Nah, gimana pendapatmu, Gaes? ICJ udah layak disandingkan dengan NTMC, kan?

2. Member ICJ Punya Kebiasaan Bertegur Sapa Ketika Berada di Jalan. Kurang Kece Gimana, Coba?

Bertegur Sapa via google image

Silaturahmi antar-orang-per-orang memang sudah selayaknya dilakukan di mana saja. Tak terkecuali ketika berada di jalanan. Ya, para member ICJ ini telah terbukti melakukan hal itu. Mereka selalu membunyikan klakson ketika bertemu di jalan. Adapun cara  untuk mengetahui apakah orang itu ikut dalam member ICJ atau tidak, biasanya mereka menempelkan stiker dengan logo ICJ di slebor kendaraannya. So, gimana Genks, kamu minat bergabung?

3. ICJ Bukan Ormas, Partai, ataupun Genk Motor. ICJ Cinta Damai, Walau Terkadang, Damai Itu 50 Ribu!

Damai Itu 50 Ribu via ridertua.com

Perlu kami tekankan, bahwa komunitas ICJ bergerak atas dasar keinginan membernya untuk saling berbagi informasi, khususnya yang berhubungan dengan info cegatan, tindak kriminal, dan hal-hal penting lainnya. Nah, kalau ada pertanyaan tentang, “Kenapa sih mereka membagikan info cegatan?” Jawabannya mudah, Genks. Tentunya agar para member ICJ lebih berwaspada dan membawa kelengkapan surat-surat berkendara. Ya, biar sama-sama enak getoooh. Kalau kita tertib, kan Bapak dan Ibu Polisi tidak perlu repot-repot untuk memberikan surat tilang? Hehehe.

4. Tugas NTMC Polri Bisa Sedikit Terbantu dengan Adanya ICJ. Alasannya?

NTMC Polri via ntmcpolri.info

Bukan hal baru lagi kalau para member ICJ selalu berbagi informasi tentang Lakalantas atau tindak kriminal yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Artinya, dengan adanya informasi tersebut, tentu pihak Kepolisian akan sedikit terbantu dalam menangani kasus yang berhubungan dengan lakalantas atau tindak kriminal.

Selain itu, biasanya para member ICJ juga berbagi informasi tentang wilayah-wilayah yang rawan macet, atau info tentang demo mahasiswa yang menghambat pengguna jalan. Oleh karena itu, komunitas ICJ ini sudah selayaknya kita apresiasi agar bisa terus membantu pihak NTMC Polri, dalam menangani keruwetan jalan, serta menanggulangi dampak kejahatan di masyarakat. Wuih, beri applause, Saudara-saudara! :D

5. Banyaknya Member ICJ Menjadi Bukti Kalau Komunitas Ini Berani Bersaing dengan NTMC Polri. Tentunya, Bersaing dalam Hal yang Positif!

Berani bersaing via google image

ICJ mempunyai member sebanyak 244.316 jiwa. Itu artinya, komunitas ini memang mempunyai tempat di hati masyarakat Jogja. Tak hanya itu saja. Dengan member yang sebanyak itu, berarti, komunitas ini cukup diperhitungkan karena bisa menjadi wadah yang diinginkan—khususnya bagi pengguna kendaraan bermotor—untuk berbagi informasi yang akurat dan terpercaya.

Selain itu, dengan banyaknya member, tentu informasi yang didapatkan pun jadi lebih banyak dan bervariatif; tidak terbatas pada wilayah regional Kota Yogyakarta saja, melainkan juga di pinggiran-pinggiran kota, seperti wilayah Prambanan, Samas, Kaliurang, Panggang, Kulon Progo, dan lain sebagainya. So, kurang apa lagi, coba?

6. Salah Satu Member ICJ Pernah Mengibarkan Bendera Kebanggaan ICJ di Spanyol. Salut!

ICJ di Spanyol via sorotjogja.com

Berita membanggakan ini datang dari Mas Bambang Prihantoro. Beliau merupakan salah satu member ICJ yang dengan bangganya membentangkan bendera ICJ di Spanyol, tepatnya di sebuah stadion yang bernama Olimpic Lluis Companys. Beberapa member lainnya juga tampak antusias dengan melontarkan komentar di akun Facebook ICJ, “Salut, ICJ semakin mendunia. Jempol buat member spanyol,” tulis WiQan Damarsasi. Selain itu, Akhmad Asa Yakhdian juga tak mau ketinggalan. Ia menuliskan komentar seperti ini, “ICJ go internasional.” Jadi gimana Gaes, ICJ memang layak diperhitungkan, to?

7. Keren, Ternyata ICJ Juga Pernah Membuka Posko Lalu Lintas Selama Mudik Lebaran!

Posko Lalu Lintas ICJ via sorotjogja.com

Sebagai wujud partisipasi menjaga kelancaran berlalu-lintas, grup Facebook Info Cegatan Jogja, atau ICJ, membuka posko lalu lintas saat Lebaran. Posko ICJ ini dibuka di dua titik perbatasan Jawa Tengah dan DIY, tepatnya di depan Candi Prambanan, dan Jalan Wates Km 7, Balecatur, Gamping, Sleman. Saat itu, Mas Antok sebagai ketua ICJ, mengatakan bahwa posko ini didirikan sepenuhnya karena keinginan anggota ICJ untuk memantau situasi dan kondisi arus lalu lintas.

“Semakin ke sini semakin banyak pemudik yang sangat membutuhkan informasi atau bantuan di jalan. Karenanya ICJ ingin ikut membantu masyarakat dan pemudik soal informasi mengenai lalu lintas,” ujar Mas Antok. Nah, udah terbukti kan Gaes, kalau ICJ itu sangat peduli pada ketertiban lalu lintas? Jadi, mulai saat ini, kamu jangan mikir kalau ICJ itu adalah genk motor, ya! Hehehe.

Oke Gaes, itulah ketujuh alasan kenapa ICJ berani bersaing dengan NTMC Polri. Semoga ulasan di atas bisa membantu kamu-kamu semua agar lebih waspada dan tertib berlalu-lintas, ya. Oke?! ;)

Komentar

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.