7 Gunung Pendek di Indonesia untuk Pendaki Pemula

Ngadem.com – Siapa yang tak terpesona melihat keindahan golden sunrise di puncak gunung dan samudra awan saat matahari pagi menyingsing? Siapa saja yang pernah mendaki, pastinya akan selalu rindu untuk kembali menjamah puncak gunung. Banyaknya foto-foto yang diunggah di media sosial tentang panorama gunung -pun menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang belum pernah sama sekali menginjakan kakinya di puncak gunung.

Buat kamu yang memang belum pernah mendaki dan tertarik untuk mendaki, sebaiknya jangan langsung mendaki gunung yang memiliki medan berbahaya. Sebagai pendaki pemula, alangkah baiknya mendaki beberapa gunung dengan medan yang ramah dan tentunya tidak menyulitkan.  Nah, berikut ini beberapa gunung pendek yang bisa kamu jamah sebelum memutuskan untuk mendaki gunung tinggi.

1. Dengan ketinggian 875 mdpl, Gunung Batu Jonggol bisa jadi pilihan buat pendaki pemula

Batu jonggol foto dari @hazmitarunaa

Gunung Batu Jonggol terletak di Kec. Jonggol, Kab. Bogor, Prov. Jawa Barat. Memiliki ketinggian sekitar 875 mdpl, membuat Gunung Batu Jonggol diburu para pendaki pemula khususnya warga Bogor. Meski nama Gunung Batu Jonggol tidak terlalu familiar , namun keindahannya mampu membuat siapa saja terpesona. Untuk sampai puncak, kamu membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja. Medannya pun ramah dan tidak terlalu mengkhawatirkan.

2. Memiliki ketinggian 700mdpl, Gunung Nglanggeran terbilang cocok untuk kamu yang baru pertama kali mendaki

gunung nglanggeran foto dari @dekpio

Gunung Nglanggran terletak di Ds. Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta, atau sekitar 1 jam dari pusat kota Yogyakarta. Gunung ramah yang satu ini merupakan gunung api purba yang terbentuk dari bebatuan karst. Tingginya yang hanya 700mdpl, membuat Gunung api purba cocok sekali buat kamu yang memang baru pertama kali mendaki. Dan, tentunya medannya tidak terlalu ekstrim. Untuk bisa sampai dipuncak, cukup memakan waktu satu jam saja. Di area puncak, terdapat camping ground di mana kamu bisa melihat keindahan langit malam yang bertabur jutaan bintang. Bila ke sini, sempatkan diri untuk berkunjung ke Embung Batara Sriten ya.

3. Di Magelang ada Gunung Andong yang punya pesona sunrise paling epic di Jawa Tengah

gunung andong via ngadem.com

Gunung yang memiliki ketinggian 1726mdpl ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Jika kamu sudah mampu menaklukan Gunung Nglanggeran dan Gunung Batu Jonggol, itu berarti kamu juga bisa menaklukan gunung Andong. Bebeda dari kedua gunung sebelumnya yang hanya memakan waktu satu jam saja untuk mencapai puncak, untuk mencapai puncak Andong memakan waktu sekitar 2 jam. Tapi tenang dan tak perlu khawatir kesasar, karena trek yang dilalui tidak membahayakan dan disepanjang jalur pendakian pun banyak dipasang papan penunjuk jalan. So, buat kamu yang masih pendaki pemula, Gunung Andong ini bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk ditaklukan. Bukan hanya disuguhi golden sunrise yang memukau, tapi kamu juga bisa menyaksikan pesona gunung Sindoro, Merapi, Merbabu dan Sumbing dalam satu tempat. Dijamin seru dan menyenangkan.


 Baca Juga:

Hai Pendaki, Yuk Kenalan Sama 12 Danau Atas Awan yang Petcah Banget Berikut. Mampir Bermalam Setelah Muncak Kayanya Asyik Deh

12 Tipe Pendaki Gunung Dilihat dari Prosesnya Mendaki. Hayo Kamu yang Mana?

Hay Pendaki, Setelah Menjelajah Banyak Gunung Harusnya 7 Sifat Ini Sudah Ada Dalam Dirimu

Gunung Batu Jonggol: Wisata Hiking Asik di Bogor

Bukan Buat Nakut-Nakutin, Beberapa Larangan di Bawah Ini Memang Wajib Kamu Patuhi Saat Mendaki Gunung

Alasan Kenapa Orang Lebih Memilih Mendaki Gunung untuk Mengisi Waktu Libur


4. Gunung Penanggungan, miniaturnya Semeru dengan ketinggian 1.653mdpl

gunung penanggungan via rentalalatcampingoutdorhiking.blogspot.com

Buat para pendaki pemula dan ingin sekali mendaki gunung Semeru, sebaiknya jajal dulu ke miniaturnya yaitu Gunung Penanggungan. Gunung ramah yang satu ini terletak di Mojokerto. Kenapa disebut sebagai miniaturnya Semeru, karena puncaknya yang tandus menyerupai Gunung Semeru. Berbeda dengan gunung yang sudah dibahas sebelumnya. Meski memiliki tinggi 1.653 mdpl, untuk mencapai puncak gunung Penanggungan kamu akan memakan waktu sekitar 4 jam via jalur Tamiajeng dan Trawas. Buat kamu yang tertarik ingin melihat candi-candi kece hasil peninggalan sejarah, kamu bisa melalui jalur Jolotundo. Tetaplah berhati-hati, karena gunung yang satu ini memiliki jalur yang cukup ekstim dan menantang.

5. Jangan lupa, jajal juga Gunung Pulosari yang memiliki ketinggian 1.346 mdpl

gunung pulosari foto dari @randyalfiyan_

Kalau Gunung Andong yang memiliki ketinggian 1.726 mdpl saja bisa kamu jamah, masa Gunung Pulosari di Pndeglang yang hanya memiliki ketinggian 1.346 saja nggak bisa? Dengan ketinggian 1.346 mdpl ini, tentunya cocok sekali buat para pendaki pemula. Untuk sampai puncak, memakan waktu cukup 2 jam saja. Tapi, tetaplah berhati-hati, karena trek menuju puncuk sedikit terjal dan curam.

Gunung yang terletak di daerah Pandeglang Banten ini masih aktif, dan pernah mengalami letusan. Oh iya, selama diperjalanan menuju puncak, kamu akan disuguhi panorama hutan dengan vegetasi yang beraneka ragam. Untuk memanjakan diri, sempatkan lah juga singgah ke Curug Putri. Bagi kamu yang ingin camping, kamu bisa mendirikan tenda di area kawah Ratu.

6. Setelah sukses menjamahi gunung-gunung di atas, kamu bisa lanjutkan treking ke gunung yang memiliki ketinggian diatas 2.000 mdpl, salah satunya gunung Ungaran

Ungaran foto dari @rizaliji

 

Gunung Ungaran ini terletak di Ungaran, Kab. Semarang, Jawa Tengah, atau sekitar 40 KM dari pusat Kota Semarang. Gunung yang memiliki 3 puncak (Botak, Gendol dan puncak Ungaran) ini memiliki  ketinggian 2.050 mdpl. Untuk bisa sampai ke puncaknya memakan waktu sekitar 4 jam via Jimbaran dengan jalur treking cukup terjal dan curam. Tetaplah berhati-hati, karena di beberapa titik, jalur pendakian benar-benar sangat menantang sampai-sampai perlu kewaspadaan tingkat tinggi untuk melaluinya. Namun keindahan yang ditawarkan gunung Ungaran ini sungguh mengagumkan, terlebih ketika matamu dimanjakan dengan hamparan kebun teh yang begitu menyegarkan.

7. Yuk, tengok keindahan Gunung Batur di Pulau Dewata. Tinggiannya cuma 1.717 mdpl saja

gunung batur foto dari @boukensuki

Bali bukan cuma kaya akan pantai-pantai eksotisnya saja, ada juga gunung yang cocok banget buat para pendaki pemula, Gunung Batur namanya. Dengan ketinggiannya yang hanya 1.717 mdpl, Gunung Batur yang terletak di daerah Kintamani ini menjadi salah satu gunung favorit buat para pendaki pemula. Untuk sampai puncak, kamu membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan jalur trekingnya yang tidak terlalu menantang. Sementara untuk pemandangannya tak usah ditanya, pastinya sangat indah dan membuat siapa saja jatuh cinta. Hal indah lainnya yang terdapat di sini yaitu kaldera terindah di dunia di mana Danau Batur sebagai pusatnya.

Itulah 7 gunung pendek yang ramah untuk didaki buat kamu pendaki pemula. Semoga bermanfaat. Selamat treking, selamat hiking!

Komentar

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.