7 Pantai Eksotis yang Bisa Kamu Jelajahi di Bangka Belitung

Ngadem.com – Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar nama Bangka Belitung? Ya, mungkin aja kamu akan membayangkan setting film Laskar Pelangi yang diangkat dari novelnya Om Andrea Hirata. Atau, kamu malah pengin menyambangi pantai-pantai indah yang ada di sini? Terserah deh, kamu mau bayangin apa aja boleh, kok.

Tapi, daripada cuma bayangin doang, mendingan kamu ke sana beneran, deh. Kami jamin, kamu nggak akan kecewa, kok. Nah, untuk urusan yang satu ini, serahkan saja pada Ngadem.com. Kami akan mengupas tuntas tentang keindahan alam Bangka Belitung. Yuk, cek!

1. Awali Petualanganmu dengan Berfoto Narsis di Pantai Parai Tengiri

Pantai Parai Tenggiri foto dari @fazarytriguna

Pantai Parai Tenggiri merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Provinsi Bangka Belitung. Tepatnya di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Bangka Belitung. Kamu bisa ke sini dengan menempuh jarak sekitar 40 km dari pusat Kota Bangka Belitung. Setelah itu, kamu akan menemukan pantai dengan karakter ombak yang tenang dan permukaan pasir putih yang lembut dan landai. Kamu juga akan mendapati hamparan batuan granit yang mempunyai kekhasan tersendiri seperti pantai-pantai lainnya yang ada di Bangka.

Panorama pantai yang indah bisa kamu saksikan dengan menaiki bebatuan granit yang ada di sini. Ohya, ada banyak pula kegiatan wisata menarik yang bisa kamu lakukan, antara lain, dengan menaiki banana boat, paralayang, hingga ber-snorkeling-ria di Pantai Parai Tenggiri. Untuk memasuki obyek wisata ini, kamu diwajibkan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 25.000,00/ orang. Tapi, biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. So, segera siapkan dirimu, Genks!

2. Menelisik Lebih Dekat dan Ketahuilah Indahnya Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi, Kabupaten Bangka Selatan, foto dari @vandeballoy

Pantai Tanjung Tinggi terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Pantai ini menjadi begitu terkenal sejak dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Di sini kamu bisa mendapati pemandangan alam yang beautiful sekali, lengkap dengan fasilitas yang memadai, antara lain: rumah makan, resort, spot memancing, bermain jetski, hingga menjelajah kawasan ini dengan menggunakan kano.

Pantai Tanjung Tinggi memiliki panorama pantai yang memikat, dengan pasir putih dan bebatuan granit yang memukau layaknya pantai-pantai lainnya di Bangka Belitung. Nah, untuk memasuki obyek wisata ini, kamu harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 25.000,00. Tapi, kalau kamu mau memanfaatkan fasilitas lainnya, kamu pun diharuskan membayar biaya tambahan sesuai dengan harga yang diterapkan. Oke?

3. Pantai Penyusuk: Salah Satu Mutiara dari Bangka

Pantai Penyusuk, Belinyu, Kabupaten Bangka, foto dari @apsonaliatan

Pantai Penyusuk terletak di Kabupaten Bangka bagian utara, tepatnya di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Di sini kamu akan menemui gugusan batuan granit yang seakan membentuk ceruk-ceruk raksasa. Selain itu, ombak pantainya pun cukup tenang, ditambah lagi dengan keadaan air lautnya yang cukup jernih. Sehingga, lokasi ini sangatlah cocok buat kamu yang ingin melakukan kegiatan snorkeling. Nah, kalau kamu berminat, biaya masuknya dibandrol dengan harga Rp. 20.000,00/ orang. Ohya, kamu juga bisa berkeliling menggunakan perahu yang dibandrol dengan harga Rp. 150.000,00 – Rp. 250.000,00 dengan kapasitas 10 orang penumpang. Minat?

4. Eloknya Pantai Tikus Jangan Sampai Terlewat Begitu Saja

Pantai Tikus foto dari @adev_chudaiva

Pantai Tikus tergolong pantai yang masih alami dan belum banyak dijamah wisatawan. Lokasinya terletak di Desa Rebo, Kelurahan Kenanga, Sungai Liat, Bangka Belitung. Untuk menuju ke sini, kamu harus melewati sebuah bukit yang tidak begitu tinggi. Akses jalannya sudah cukup baik, karena telah dilengkapi beberapa anak tangga yang bisa kamu lewati dengan mudah. Dari puncak bukit tersebut, kamu bisa melihat pemandangan Pantai Tikus yang begitu ciamik dan fantastis. Selain itu, pantai ini juga dihiasi dengan gugusan batu-batuan granit alami, yang menunjukkan bahwa Tuhan Maha Artistik. So, kalau kamu pengin menjelajahi tempat ini, kamu harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 15.000,00/ orang.

5. Melihat Keindahan Pulau Lengkuas dari Mercusuar

Pantai Lengkuas foto dari @mjpambudi

Salah satu yang khas dari Pulau Lengkuas adalah terdapatnya sebuah mercusuar peninggalan Belanda. Uniknya, bangunan mercusuar tersebut sudah dibangun sejak tahun 1882 dan masih aktif hingga saat ini. Gimana nggak keren, coba? Kamu cukup menaiki mercusuar setinggi 50 meter, dan kamu bisa menikmati pemandangan spektakuler di Pantai Lengkuas. Selain itu, keadaan air lautnya pun sangat jernih, sehingga sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling. Kalau kamu pengin berkunjung ke sini, pertama-tama kamu harus mengarahkan kendaraanmu menuju Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Setelah itu, carilah penunjuk jalan, dan kamu akan segera menemukan pulau ini. Untuk biaya masuknya, dibandrol dengan harga Rp. 20.000,00/ orang. Jadi gimana, Genks? Kapan kamu mau berkunjung ke sini?

6. Gemerlapnya Pulau Lampu yang Akan Membuatmu Keinget yang Dulu-dulu

Pulau Lampu, Penyusuk, Kepulauan Bangka, foto dari @ryantriwibowo

Pulau Lampu terletak di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Luas pulau ini mencapai 900 m2. So, kamu bisa deh muas-muasin hasrat berliburmu di sini. Masih sama seperti Pulau Lengkuas, Pulau Lampu ini juga memiliki bangunan mercusuar setinggi 50 meter yang bisa kamu manfaatkan untuk melihat keindahan pulau dari ketinggian. Kalau kamu pengin melihat keindahan Pulau Lampu dari berbagai sudut, kamu juga bisa berkeliling mengitari pulau ini menggunakan perahu sewaan. Nah, kalau kamu berminat, kamu bisa menyewanya dengan harga Rp. 150.000,00 – Rp. 250.000,00/ perahu. Ohya, besar kecilnya harga ditentukan dari kepiawaianmu menawar, ya. Jadi, sebelum berkunjung ke sini, kamu harus belajar menawar dulu, ya!

7. Yuk, Sekalian Melipir ke Pantai Rambak

Pantai Rambak, Sungailiat, Kabupaten Bangka, foto dari @rosacgusfa

Pantai Rambak terletak di Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Pantai ini menjadi salah satu tempat paling favorit yang banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati sunrise dari tepi pantai. Untuk mencapai Pantai Rambak, kamu harus menempuh jarak sekitar 30 km perjalan dari pusat Kota Pangkal Pinang. Ohya, kalau kamu suka berkemah, di sini juga ada beberapa spot kece untuk mendirikan tenda. Tapi, kalau kamu lebih suka tidur di resort, kamu pun bisa menyewa dengan tarif sebesar Rp. 250.000,00 – Rp. 750.000,00/ malam. Silakan aja deh kamu pilih yang mana. Oke, Genks?

Yap, itulah ketujuh pantai yang bisa kamu jelajahi di Bangka Belitung. Kalau kamu pengin ke sini, jangan lupa bawa kamera, ya. Dan ingat, tetap buang sampah pada tempatnya!

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.