7 Tempat Wisata Balikpapan yang Tak Boleh Kamu Abaikan Saat Tiba di Kalimantan

Ngadem.com – Potensi wisata di Indonesia tak ada habisnya untuk dieksplor keindahannya. Wilayah kepulauannya yang luas, serta budayanya yang cukup beragam, membuat Indonesia semakin dikenal di kancah dunia. Terlepas dari itu semua, ada satu wilayah kepulauan yang mempunyai segudang destinasi wisata kece. Ialah Pulau Kalimantan. Lebih ringkasnya, adalah Kalimantan Timur, yang mempunyai ibu kota bernama Balikpapan.

Ya, kota yang terletak di pesisir tenggara Kalimantan Timur ini menjadi salah satu kota dengan biaya hidup paling mahal se-Indonesia. Tapi jangan cemas dulu, Genks. Meskipun biaya hidupnya mahal, tapi tidak untuk tempat wisatanya, kok. Nah, itu tadi sedikit perkenalan kita mengenai Kota Balikapapan. Kali ini Ngadem.com akan mengajak kalian semua menyusuri tempat-tempat kece yang ada di Balikpapan. Penasaran, kan? Oke deh, langsung aja yuk, kita sambangi lokasinya!

1. Nikmati Segarnya Udara di Kawasan Hutan Mangrove Margomulyo

alignment 10 px margin Ads7 :
Kawasan Konservasi Mangrove foto dari @ambonpait

Hutan Mangrove Margomulyo terletak di Jalan Sidodadi, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Kawasan hutan mangrove ini merupakan salah satu tempat wisata alam di Balikpapan yang wajib banget buat kamu kunjungi. Mengapa? Karena di kawasan ini terdapat habitat aneka burung, ikan, dan berbagai hewan lainnya. Tak hanya itu, keadaan hutan mangrove ini pun masih cukup asri dan terjaga, sehingga akan membuat pikiran tenang dan hati menjadi sejuk. Hehehe.

Lokasi hutan ini cukup strategis, karena berdekatan dengan pusat Kota Balikpapan. Di lokasi ini pula, kamu akan menemukan jembatan kayu sepanjang 800 meter yang berfungsi sebagai sarana penunjang buat kamu semua yang ingin menikmati pengalaman seru berwisata ke hutan. Eits, masih ada lagi, Sob. Tempat wisata ini juga memiliki menara intai yang berguna untuk menyaksikan aneka burung yang tinggal dan hidup di hutan tersebut. Kalau kamu kepengin menyaksikan hewan bekantan, maka datanglah di saat pagi hari atau saat matahari terbenam. Jangan khawatir, kamu tidak akan dikenakan biaya yang mahal, kok. Biayanya cuma Rp. 7.000,00/ orang. Cukup murah kan buat kamu yang hobi traveler?

2. Cantiknya Pantai Kemala Jika Dilihat Dari Dekat

Pantai Kemala foto dari @agypradinanta

Pantai Kemala merupakan salah satu tempat wisata paling favorit yang ada di Kota Balikpapan. Ya, pantai ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pasir pantai, serta asyiknya mandi di tengah terjangan ombak. Lokasinya yang berada di pusat kota, membuat pantai ini dikenal sebagai primadonanya Balikpapan. Di sini kamu bisa menikmati aneka sajian kuliner yang menggoda, mulai dari menu seafood, hingga kuliner Eropa yang menggugah selera.

Ohya, di pantai ini juga ada wahana bermain berupa banana boats, lho. Tapi, untuk memakainya, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 30.000,00/ orang. Tak hanya itu, di sini kamu juga bisa bermain jet ski dengan harga Rp. 850.000,00/ orang (selama 1 jam). Adapun, untuk memasuki obyek wisata ini, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 8.000,00/ orang. Kalau kamu membawa kendaraan, maka kamu akan dikenai tarif sebesar Rp. 3000,00 (kendaraan roda dua) dan Rp 5000,00 (kendaraan roda empat).

3. Pantai Indah Angkasa Juga Tak Kalah Eloknya

Pantai Indah Angkasa foto dari @jamil_pujianto

Pantai Indah Angkasa merupakan obyek wisata yang tergolong baru di Balikpapan. Karena, tempat ini baru dikelola secara resmi pada pertengahan tahun lalu. Meskipun begitu, tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari dalam maupun luar Kota Balikpapan. Lokasi Pantai Indah Angkasa terletak di kawasan Pangkalan TNI AU (Lanud) Balikpapan. Oleh karena itu pula, pantai ini diberi nama “Pantai Indah Angkasa”. Istimewanya lagi, di pantai ini terdapat 10 gazebo dan beberapa wahana permainan seperti: skuter elektrik, banana boat, bola air, dan masih banyak yang lainnya. Nah, kalau kamu berminat, kamu bisa masuk ke obyek wisata ini dengan membayar biaya masuk seharga Rp. 7000,00/ orang. Sedangkan biaya parkirnya dibandrol dengan harga Rp. 5000,00 (mobil) dan Rp. 2000,00 (motor).

4. Pantai Ambalat yang Siap Membuatmu Merasa Takjub

Pantai Ambalat foto dari @lyan01

Obyek wisata ini terletak di Kelurahan Amborawang Laut, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Kalau kamu berangkat dari pusat Kota Balikpapan, maka kamu harus menempuh jarak sekiranya 20 km. Setelah sampai di perbatasan Balikpapan – Samboja, terus saja jalan sekitar 500 meter, maka kamu akan menemukan jalan masuk ke Pantai Ambalat. Sesampainya di lokasi, kamu akan menemui kondisi pantai yang cukup indah dan alami. Wilayah pantainya membentang sejauh 3 km dari ujung timur ke ujung barat. Untuk memasukinya, kamu akan dikenakan biaya Rp. 5000,00/ motor dan Rp. 8000,00/ mobil. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya masuknya. Murah banget, kan?

5. Berburu Foto Beruang di Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain foto dari @yudho_wiratomo

Hutan Lindung Sungai Wain ini menjadi rumah bagi beraneka macam satwa seperti orangutan, beruang madu, bekantan, kantong semar, dan tumbuhan endemik Balikpapan yang bernama Jahe Balikpapan. Luas hutan hujan tropis ini sekitar 10.000 hektar. Lokasinya terletak di Km 23, Jalan Balikpapan – Samarinda. Nah, kalau kamu tertarik untuk menikmati keindahan flora dan fauna hutan ini, kamu bisa memilih 4 pilihan paket kunjungan. Paket ini dibedakan berdasarkan jumlah tamu yang ingin berwisata di kawasan tersebut. Harga yang ditawarkan juga cukup variatif, mulai dari Rp. 350.000,00 untuk Paket A (1-6 tamu) sampai Rp. 1.000.000,00. Ohya, di sini juga tersedia dua tur yang bisa kamu pilih, yakni tur “Track Eko-PLH-Kebun Raya” dan tur “Mangrove dan Selok Puda”. Udah deh, gak perlu pikir panjang. Di sini juga udah disediain pemandu wisata, kok.

6. Menikmati Sunset dari Ketinggian Bukit Batu Dinding

Bukit Batu Dinding, Samboja, foto dari @lindapatimasang

Bukit Batu Dinding terletak di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Nah, kalau kamu pengin dateng ke sini, kamu bisa memulai petualangan dari Jalan Soekarno Hatta—arah Balikpapan menuju Samarinda. Tepat di kilometer 45, sebelah kiri jalan, terdapat sebuah gapura. Nah, dari sanalah jalan masuk ke area obyek wisata ini. Untuk memasukinya, kamu harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000,00. Sedangkan biaya parkir kendaraannya berkisar antara Rp. 2000,00 – Rp. 5000,00 tergantung kendaraan yang kamu pakai. Nah, kalau kamu mencari tempat asik untuk melihat sunrise ataupun sunset, maka kamu tak salah jika memilih tempat ini.

7. Carribean Island Waterpark: Lokasi Paling Pas Buat Ngadem di Balikpapan

Caribbean Island Waterpark foto dari @caribbeanisland_waterpark

Carribean Island Waterpark merupakan tempat wisata air terbesar yang ada di wilayah Indonesia Bagian Timur. Ada banyak sekali permainan yang bisa kamu coba di sini. Meliputi wahana seluncur, gelombang buatan, perahu karet, dan lain sebagainya. Nah, kalau kamu berminat, lokasinya berada di Jalan Kolonel Syarifuddin Yoes II (Ring Road II) Balikpapan. Selain bisa bermain dengan air sepuasnya, ada juga wahana pertunjukan air di panggung terbuka dan flying fox. Untuk biaya masuknya pun tidak terlalu mahal. Kamu hanya harus membayar seharga Rp. 45.000,00/ orang (umum) atau Rp. 25.000,00/ orang (untuk pelajar). Di akhir pekan, harga tiket masuknya berlaku sama untuk semua tingkatan umur, yaitu Rp. 60.000,00/ orang. Jadi, kamu harus ke sini pas di luar weekend ya, Sob. Biar harganya murah. Hehehe.

Oke, itulah 7 tempat wisata kece yang ada di Balikpapan. Segera bikin daftar wisata, ya. Dan jangan sampai ketinggalan sama yang lainnya. Selamat bersenang-senang, Kawan! ;)

Komentar

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.