7 Tempat Wisata Baru di Dlingo, Bantul Buat Kamu yang Sejenak Ingin Merebah

Ngadem.com – Dlingo merupakan sebuah kecamatan di Bantul yang kaya akan tempat wisata, khususnya wisata yang bernuansa alam. Untuk yang di luar Yogyakarta, nama Dlingo mungkin tidak terlalu familiar di telinga. Namun, untuk warga Yogyakarta dan sekitarnya, jika mendengar nama Dlingo disebutkan, pasti yang langsung terbayang adalah sebuah perbukitan dengan panorama alam yang menyegarkan dan beberapa buah spot gardu pandangnya yang menjadi andalan.

Setelah Obyek wisata Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan, Kecamatan Dlingo memang akhir-akhir ini semakin gencar mempromosikan sejumlah spot wisata baru dengan spot andalan gardu pandang yang  diyakini akan menyamai kepopuleran Obyek Wisata Kebuh Buah Mangunan atau Hutan Pinus Mangunan.

Penasaran tempat wisata baru apa saja yang ada di Kecamatan Dlingo, Bantul Yogyakarta? Hmmmm.. tak usah lama-lama deh ya, ini Ngadem.com kasih bocoran beberapa spot wisata Baru yang ada di Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

1. Gardu Pandang Bukit Panguk yang romantis

alignment 10 px margin Ads7 :
Bukit Panguk foto dari @andrekulaleen

Bukit yang baru diresmikan bulan Mei 2016 lalu ini berada di kawasan Tebing Batu Lawang, tepatnya di Kediwung, Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Berdiri di atas gardu pandang Bukit Panguk ini memberi sensasi tersendiri.  Kamu bisa melihat panorama alam yang eksotis terlebih saat sore hari. Perpaduan antara cahaya sore, pepohonan hijau dan aliran sungai Oya menjadi landscap yang ciamik buat kamu yang ingin berfoto selfie. Daripada ngegalau di kamar, mending ke sini aja buang kegalauan. Ajak teman-teman dan senang-senang asal jangan lupa pulang :D

2. Nyuset di Gardu Pandang Bukit Mojo

Gardu Pandang Bukit Mojo foto dari @ancaskp

Bukit yang diresmikan 24 Juli 2016 lalu ini terletak di Pedukuhan Gumelem, Dsa. Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta. Spot andalan di tempat ini adalah gardu pandangnya. Seperti halnya Gardu Pandang Bukit Panguk, di Gardu pandang Bukit Mojo ini juga menyuguhkan panorama alam yang indah banget. Waktu sore adalah waktu terbaik berada di tempat ini. Tak heran bila banyak anak muda yang menghabiskan waktu sore di tempat ini. Di sini juga memiliki sunset yang lumayan cantik, cocoklah buat kamu yang hobby selfie.

3. Berburu sunrise di Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur foro dari @dimas.hy
Tebing Watu Mabur foro dari @dimas.hy

Tebing Watu Mabur berada di kawsan Goa Gajah, tepatnya di pedukuhan Lemahabang, Dsa. Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta. Seperti juga Bukit Panguk dan Bukit Mojo, Tebing Watu Mabur ini pun masih terbilang wisata baru. Spotnya yang luas dan nyaman, membuat tempat ini asik untuk camping, terlebih lagi tempat ini memiliki sunrise yang epic abis. Sunrise di sini nggak kalah epic deh sama sunrise yang ada di gunung-gunung. Nah, buat kamu yang camping dan lupa bawa tenda, di sini ada kok jasa penyewaan tenda. So, tunggu apalagi, buruan datang kesini.

4. Ada kabut tipis yang siap bahagiakanmu di Puncak Becici

Puncak Becici foto dari @shofialiyana

Puncak Becici terletak di kawasan Resort Pengelolaan Hutan (RPH), tepatnya di Pedukuhan Gunung Cilik, Dsa. Gunung Mutuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta. Letaknya tak terlalu jauh dari kebun buah Mangunan. Seperti Hutan Pinus Mangunan, di sini juga kamu bakal disuguhi banyak sekalli hutan pinus besar dan menjulang tinggi. Hawa di sini juga sejuk dan menyegarkan. Cocok deh buat kamu yang ingin mencari ketenangan. Jika cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat pemandangan alam yang eksotis abis antara Gunung Merapi, Gunung Sindoro, persawahan dan perkampungan warga. Dan akan semakin eksotis jika kabut tipis mulai menggerayangi area Puncak Becici.

5. Hiasi foto instagram-mu dengan background Tebing Menawa

Tebing Menawa foto dari @gevisetiamaharani04

Tebing Menawa terletak di Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta. Seperti biasa, gardu pandang masih menjadi spot andalan. Spot baru di Dlingo ini sepertinya memang khusus disediakan untuk mereka yang gemar selfie. Hal tersebut dilihat dari bentuk gardu pandangnya yang unik dan ciamik. Waktu sore adalah waktu terbaik berada di tempat ini. Berfoto selfie dengan landscape langit sore yang dihiasi cahaya keemasan tentu menjadi keindahan tersendiri bagi siapa saja yang berfoto di sini.

6. Memanen rindu di Bukit Watu Lawang

watu-lawang-foto-dari-rheny-widya
Watu lawang foto dari @rheny_widya

Bukit Waktu Lawang ini terletak diperbatasan yaitu berada diantara Kecamatan Imogiri dan Kecamatan Dlingo.  Tempat ini memiliki nuansa alam yang puitis, tak heran bila di sini banyak dijumpai pasangan yang tengah memadu kasih. Sama seperti beberapa spot-spot lainnya yang ada di kawasan Dlingo, Watu Lawang juga memilih gardu pandang sebagai spot andalan untuk berfoto selfie. Jika langit sedang tidak mendung, kamu bisa menyaksikan landscape kawasan Bantul, perwasahan, pepohan hijau dan pebukitan di Gunung Kidul.

7. Hunting sunset atau milky way di Bukit Bego

Bukit Bego foto dari @dwi_purwanto24

Nah, sebelum kamu masuk ke kawasan Mangunan, Dlingo, Bantul, ada spot ciamik yang biasa jadi bidikan kamera para traveler. Bukit Bego, namanya. Lokasinya tepat berada di jalan utama menuju kawasan Mangunan. Bukit Bego terletak di  ujung timur Kedung Buweng, Wukirsari, Imogiri, Bantul.  Lokasinya yang berada tepat di tepi jalan utama menuju kawasan Mangunan -Dlingo, memang kerap menjadi tempat transit para traveler untuk sejenak mengabadikannya menggunakan kamera. Bukit Bego ini juga kerap dijadikan spot ciamik bagi para pecinta milkyway.


Baca Juga:

Jalan-Jalan di Akhir Pekan ke Bukit Maracah, Gunungkidul

7 Tempat Wisata di Jogja yang Epic Banget Untuk Menikmati Fenomena Segitiga Musim Panas\

Tempat Wisata Asyik Untuk Berburu Pokemon di Jogja

Nyunrise ke Spot Riyadi. Spot Asyik Nikmati Jogja Saat Pagi Hari


Nah, bagaimana teman Ngedem? Mana aja nih tempat wisata Dlingo yang udah kamu sambangi? Buat yang belum sempat berkunjung, pasti tertarik untuk datang ke Dlingo dong? Selain memiliki pesona alam yang keren dan ciamik, harga tiketnya pun sangat ekonomis bahkan ada yang gratis.

Btw, semoga informasi ini bermanfaat. Kalau ada yang ingin menambahkan mengenai spot baru yang ada di Dlingo, Bantul, Yogyakarta, silahkan tambahkan di kolom komentar atau di grup Teman Ngadem. Selamat jalan-jalan. Selamat bersenang-senang. Dan, jangan lupa tetap jaga kebersihan.

Komentar

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.