8 Curug Menawan di Tasikmalaya yang Bisa Jadi Alternatif Liburan Kamu

Ngadem.com – Terletak di sebelah tenggara daerah Priangan, Tasikmalaya disebut sebagian Kabupaten terbesar dan memiliki peran penting di daerah Priangan, khususnya Priangan Timur. Tasikmalaya juga menjadi kabupaten yang kaya akan hasil kehutanan dan pertanian. Selain terkenal dengan produksi Kerajinan, Salak, dan Nasi Tutug Oncom, Tasikmalaya juga memiliki tempat wisata yang sangat sayang bila dilewatkan begitu saja, terlebih kecantikan curug-curugnya yang sunguh memesona. Sebelum berkunjung ke sana, yuk baca dulu informasinya.

1. Curug Gado Bangkong, Cisayong

Foto dari @yullynurlaela

Curug yang memiliki ketinggian 70m ini merupakan salah satu curug yang berada di bawah kaki gunung Galunggung, tepatnya di dusun Pasir Malang, Ds. Santanamekar, Kec. Cisayong, Tasikmalaya. Lokasinya yang cenderung sepi menjadikan Curug Gado Bangkong seperti surga tersembunyi. Curug Gado Bakong ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai fotografi dan hiking.

2. Curug Badak, Cisayong

Foto dari @hamdikarizki

Curug yang lokasinya berdekatan dengan curug gado bangkong ini berada di kaki Gunung Galunggung, tepatnya di Ds. Santanamekar, Kec. Cisayong, Tasikmalaya. Airnya yang jernih membuat siapapun yang melihatnya ingin lekas-lekas mandi. Hal memikat dari Curug Badak selain airnya yang jernih dan suasanya yang masih asri yaitu terdapat bebatuan dengan lekukan elegan yang membentuk sebuah kolam.

3. Curug Dengdeng, Cipatujah

Foto dari @kurniawaniwan376

Curug Dengdeng terletak di Caringin, Cikawung Gading, Cipatujah, Tasikmalaya. Memakan waktu tempuh sekitar 3 jam dari pusat kota. Curug Dendeng ini menjadi wisata curug yang begitu disukai karena bentuknya yang begitu cantiuk dan unik. Berkunjung kesini, luruh semua segala jenuh dan letih. Benar-benar surga tersembunyi.

4. Curug Sawer, Jatiwaras

Foto dari @choepar98

Curug Sawer terletak di Kecamatan Jatiwaras, Tasikmalaya. Keunikan curug ini yaitu tumpahan airnya yang menyerupai tirai, dipadu dengan bebatuan berlumut hijau, seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang berkunjung ke tempat ini. Untuk sampai ke Curug Sawer memang cukup sulit, kamu akan dibawa melewati sawah dan bebukitan. Tapi jangan takut, seperti biasa, bahwa keindahan itu memang harus dilalui dengan bersusah payah. Sesampainya di Curug Sawer kamu akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah.

5. Curug Putih, Cisayong

Foto dari @firmanochim

Curug Putih terletak di dusun Cipeuteuy, desa Santana Mekar, kec. Cisayong, Tasikmalaya. Memakan waktu kurang lebih 30 menit dari Cipeuteuy. Curug ini berada di bawah kaki Gunung Galunggung, jadi buat kamu yang habis hiking dari Gunung Galunggung bisalah melepas lelah di cCurug Putih.

6. Curug Cipinaha, Malatisari

Foto dari @pemuda_tasikmalaya

Curug Cipinaha terletak di dusun Sukasirna, desa malatisari, kec. Gunung Tanjung, Tasikmalaya. Aliran airnya yang kuat dan deras bisa membantu menghilangkan pegal-pegal, semacam mendapat pijitan gratis. Tetap hati-hati ya, kalau sedang musim hujan curug ini sangat mengkhawatirkan dan membahayakan keselelamatan.

7. Curug Ciparay, Cigalantong

Foto dari @cepamins

Curug Ciparay yang dikenal dengan nama Curug Kembar ini memiliki ketinggian masing-masing 75m dan 55m. Terletak di bawah kaki Gunung Dinding Ari dan Gunung Kracak, lebih tepatnya di Dusun Parentas, Ds. Cidugaleun, Kec. Cigalontang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Dengan jarak tempuh sekitar 30 km dari Tasikmalaya atau 40 km dari kota Garut.

8. Curug Koja, Cikatoma

Foto dari @muhamad_ramdhani

Curug Koja yang berada di Linggajaya, Cikatomas, Tasikmalaya ini memiliki pemandangan yang begitu alami dan asri. Dipadu dengan deretan batuan kapur yang menyembul ke atas permukaan air, seolah semakin menambah keelokan Curug Koja. Buat kamu yang ingin basah-basahan, jangan khawatir, Curug Koja ini aman kok untuk berenang. Untuk sampai ke curug Koja ini sebaiknya berhati-berhati, sebab aksesnya cukup sulit dan ekstrim.

Curug Koja dan curug-curug lainnya memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata, sayangnya pemerintah setempat masih kurang menaruh perhatian, itu bisa dilihat dari fasilitas yang jauh dari kata layak, akses jalan yang mengkhawatirkan, dan minimnya papan penunjuk jalan.

Ya, itulah 8 curug di Tasikmalaya yang bisa jadi alternatif liburan kamu. Ada yang sudah pernah mengunjungi? Atau ada yang kurang? Yuk, share!

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.