8 Tempat Wisata di NTT Ini Bisa Banget Buat Kamu Bahagia

Ngadem.com – Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan provinsi di bagian tenggara Indonesia. Provinsi yang terdiri dari 550 pulau ini memiliki tiga pulau utama, yaitu Pulau Sumba, Pulau Flores, dan Pulau Timor. Di dalamnya, banyak menyimpan tempat wisata yang bisa kamu masukkan dalam bucket list-mu. Misalnya, kamu bisa ke Kelimutu yang terkenal akan pesona danau 3 warnanya itu, atau pulau Komodo yang kita tahu telah dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia.

Tapi tentu saja, NTT bukan sekedar Danau Kelimutu dan Pulau Komodo. NTT menyimpan banyak tempat wisata cantik yang terbilang baru dan sangat disayangkan bila tak segera kamu sambangi. Dilansir dari beberapa sumber, berikut Ngadem.com rangkum 8 tempat wisata di NTT yang akan teramat sayang bila tak segera kamu kunjungi,

1. Cari spot terbaik di Pulau Padar

Foto dari @harivalzayuka

Pulau yang terletak di kawasan Taman Nasional Komodo ini, menjadi salah satu pulau terbesar setelah Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Meski keberadaan Pulau Padar tidak sepopuler Pulau Komodo dan Pulau Rinca, namun keelokannya mampu menyihirmu untuk tinggal lebih lama. Hal menarik yang bisa kamu jumpai di Pulau Padar adalah; empat pulau kecil yang masing-masing memiliki panorama terbaik bagi kamu pecinta fotografi. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan hamparan pantai pink yang sangat cocok untuk snorkeling. Bila berencana mengunjungi Taman Nasional Komodo, jangan lupa untuk singgah sejenak di Pulau Padar ya…

2. Berendam cantik di Gua Kristal

Foto dari @deasihotang

Gua Kristal berada di Ds. Bolok, Kec. Kupang Barat, Kab. Kupang, NTT. Dengan jarak tempuh kurang lebih 13 km dari pusat Kota Kupang (sekitar 45 menit). Airnya yang berwana biru jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang memang hobi berenang dan bersantai. Waktu terbaik berada di Gua Kristal adalah saat siang hari, saat cahaya matahari menerobos masuk menyinari keindahan di dalam gua. Oh iya, untuk jaga-jaga jangan lupa bawa senter atau alat penerang ya…

3. Gimana kalo have fun bareng di Danau Weekuri

Foto dari @ardyesta

Danau Weekuri teretak di Ds. Kalenarogo, Kec. Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya, NTT. Sekitar 60 km dari pusat kota. Danau yang beberapa waktu belakangan sering membuat ngiler traveler ini merupakan sebuah laguna dimana airnya bersumber dari air laut, itulah mengapa airnya terasa asin. Pesona gradasi warna airnya yang memukau, gugusan karang yang ditumbuhi tanaman hijau, hamparan pasir putihnya yang syahdu, dan susananya yang masih sangat asri seolah menjadi sihir tersendiri bagi kamu yang memang merindukan suasana demikian.

4. Santai asik di Air terjun Lapopu

Foto dari @kopertraveler.id

Air Terjun Lapopu terletak di area Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Tepatnya  di Ds. Lapopu, Kec. Wanokaka, Kab. Sumba Barat, NTT. Selain dimanfaatkan sebagai destinasi wisata, aliran air terjun Lapopu ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Air terjun Lapopu memiliki ketinggian 90m dan merupakan jenis air terjun berundak-undak (bertingkat) yang di bawahnya, terdapat sebuah kolam berwarna biru tosca. Kolam ini tergolong aman untuk berenang.

5. Dari Lapopu, langsung cus ke Air Terjun Matayangu

Foto dari @fariedfanany

Air Terjun Matayangu terletak di Taman Nasional Manupe. Tepatnya di Ds. Waimanu, Kec. Katikutana, Kab. Sumba Tengah, NTT. Air terjun ini berdekatan dengan air terjun Lapopu. Keunikkan air terjun Matayangu yaitu bentuknya yang bertingkat-tingkat dengan ketinggan 73 sampai 130 meter. Waktu terbaik  berada di tempat ini adalah saat bulan Maret sampai Juni dan Oktober sampai Desember. Di bulan-bulan ini, air terjun berada pada debit yang maksimal nan tampak begitu elegan. Jangan lupa bawa bekal makanan dan tetap jaga kebersihan ya…

6. Manjain diri di Air Terjun Mataru

Foto dari @mala.tours

Terletak di Taman Mataru, Mataru, NTT. Air terjun yang memiliki pesona memukau ini terbilang baru bagi wisatawan luar NTT. Di sini kamu bisa bermain air hingga tiap lelahmu selama perjalanan terurai tuntas. Selain bisa untuk berenang, Air Terjun Mataru juga asik buat kamu pecinta fotografi, karena memang memiliki spot-spot kece nan eksotis. Untuk mencapainya, kamu akan diajak melewati dataran Alor yang berbukit. Dijamin perjalananmu akan jadi sesuatu yang tak mungkin dilupakan.

7. Rindangnya Air Terjun Cunca Wulang

Foto dari @lee_2192

Air terjun yang terbilang masih baru ini terletak di Ds. Cunca Wulang, Kec. Mbeliling, Manggarai Barat, NTT. Kurang lebih 30 KM dari Labuan Bajo, Flores. Meski terbilang baru, keeksotisan obyek wisata ini kian merangkak ke mancanegara. Setiap bulan, sekitar 150 wisatawan asing  berkunjung ke Air Terjun Cunca Wulang. Tentu saja, mereka penasaran dengan keindahan dan keeksotisan yang disuguhkan Air Terjun Cunca Wulang.

8. Kamu nggak ke NTT kalo nggak ke Desa Krucut Wae Rebo

Foto dari @erina_alibasjah

Desa yang terletak di Satarmase Barat, Manggarai, Nusa Tenggara Timur ini, rasanya menjadi desinasi favorit saat di NTT. Tak salah bila UNESCO menobatkannya sebagai salah satu situs warisan dunia. Rumah-rumah unik yang terdiri dari 7 bangunan ini tampak  berdiri kokoh di atas bukit berselimut awan. Menyambangi Wae Rebo, kamu seolah sedang dibawa menuju dunia fantasi. Meski akses menuju tempat ini cukup menantang, percayalah, Wae Rebo benar-benar destinasi wisata yang akan mengajarkanmu banyak hal.

Gimana? Tertarik mengunjungi 8 tempat wisata NTT di atas? Atau ada yang kurang? Yuk, share di kolom komentar

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Malang: Pantai Ngledakan Ciut
Leuwi Tonjong: Pesona Wisata Baru di Garut yang Sungguh Instagramable
Kenalkan, Bukit Cendana Wisata Baru di Kulonprogo, Jogja