8 Tempat Wisata di Sumenep yang Lagi Hits

Ngadem.com – Hei, Genks? Bentar lagi tanggal muda, nih. Masa kamu mau di rumah aja? Kan nggak asik banget tuh. So, gimana kalau kamu ikut liburan a-la Ngadem.com aja? Kami udah nyiapin destinasi wisata seru di Pulau Madura, lho. Tepatnya di Kabupaten Sumenep. Udah deh, nggak perlu kebanyakan mikir.

Di sini ada banyak banget pantai-pantai indah yang bisa kamu jelajahi. Masih nggak percaya? Nih, lihat aja ulasan 8 tempat wisata hits di Sumenep berikut ini. Kami jamin deh, kamu bakalan ngiler dibuatnya. Segera kemasi barang-barangmu, ya, Genks!

1. Awali Wisatamu di Pulau Gili Labak yang Beningnya Minta Ampun

Pulau Gili Labak foto dari @ditasubi

Tidak berlebihan kalau banyak orang menyebut Pulau Gili Labak sebagai surganya wisata di Pulau Madura. Di sini kamu bisa menikmati hamparan pasir putih yang terbentang luas di sepanjang pulau. Ombaknya pun cukup tenang, airnya jernih, dan masih banyak pula terdapat terumbu karang yang masih alami di sini. So, kalau kamu pengin menjajal bagaimana rasanya snorkling, maka kamu tak salah jika memilih pulau ini sebagai tempat untuk melakukan kegiatan tersebut.

Untuk menuju ke lokasi, pertama-tama kamu bisa memulainya dari Terminal Bungurasih – Surabaya menuju Terminal Aryawiraraja – Sumenep. Setelah itu kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus menuju Pelabuhan Kalianget. Dari pelabuhan tersebut, kamu masih harus menyewa perahu dengan tarif yang lumayan mahal. Harganya berkisar antara Rp. 600.000,00 – Rp. 800.000,00/ perahu (maksimal untuk 15 orang). So, kalau kamu pengin lebih ngirit, mendingan kamu ajakin teman-temanmu biar bisa diajak patungan. Oke, Genks? ;)

2. Pengin Mengirup Udara dengan Kadar Oksigen Terbaik Sedunia? Cobalah Berkunjung ke Pulau Giliyang, Madura

Pulau Giliyang via publishcontent.blogspot.com

Ya, benar adanya kalau Pulau Giliyang dinobatkan sebagai lokasi yang memiliki kadar oksigen terbaik sedunia. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian LAPAN yang dilakukan pada Desember tahun 2011 lalu. Tapi tak hanya udaranya yang bersih, Genks. Pasir pantainya pun demikian. Masih ditambah lagi dengan ombaknya yang tenang dan keramahan warganya. Nah, kurang gimana, coba?

Karena belum adanya angkutan umum untuk menuju ke lokasi ini, kamu harus menyewa perahu nelayan dengan tarif sebesar Rp. 300.000,00 – Rp. 500.000,00/ perahu. Besar kecilnya harga tergantung bagaimana caramu menawar. Selain bisa menikmati keindahan pantainya yang bersih, kamu juga bisa melakukan kegiatan  snorkling di bagian barat daya pulau ini. Karena memang letak terumbu karang yang masih alami berada di sana. So, kapan kamu mau berkunjung ke Pulau Giliyang?

3. Jangan Lupa Mencantumkan Pulau Gili Genting Ke Daftar List Wisatamu

Pulau Gili Genting foto dari @yusuf_e37

Di Pulau Gili Genting terdapat sebuah pantai yang masih alami dan bersih. Namanya Pantai Kahuripan. Untuk mencapai Pulau Gili Genting ini memang dibutuhkan waktu cukup panjang, lantaran harus menyeberangi lautan dengan menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Pagar Batu, Bluto, atau Pelabuhan Tanjung. Serunggi, Sumenep. Setelah itu, barulah kamu bisa menuju Pantai Kahuripan yang terletak di Desa Gedugan, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Panorama pantai Kahuripan memang unik dan menakjubkan, dataran tebing agak tinggi dari laut, lantaran digaris pantai terdiri dari batu-batu karang. Embusan angin begitu kuat menerpa pepohonan di sekitar pantai, sehingga  membuat kita betah berlama-lama di sini karena udaranya terasa sejuk dan damai. Eits, tapi tak hanya itu saja, Genks. Di sini kamu juga bisa menyewa perahu yang disediakan oleh warga setempat untuk bekeliling mengitari pulau ini. Keren, kan? Pastinya!

4. Pulau Sapeken Juga Tak Boleh Ketinggalan!

Pulau Sapeken foto dari @bang.jep

Selain Pulau Sepanjang, terdapat sebuah pulau yang letaknya berada di ujung paling timur Kepulauan Madura. Namanya Pulau Sapeken. Untuk mencapai lokasi ini, memang dibutuhkan kesabaran ekstra serta stamina yang prima. Ya, pertama-tama kamu harus mengawali perjalananmu dari Pelabuhan Sumenep, kemudian menuju Pulau Kangean dengan menggunakan kapal ferry. Waktu tempuhnya sekitar 18 jam. Atau, kalau kamu pengin lebih cepat, kamu bisa memakai kapal express dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan. Harga tiketnya seharga Rp. 125.000,00/ orang (untuk kelas bisnis).

Petualanganmu belum selesai, Genks! Untuk sampai ke Pulau Sapeken, kamu masih harus melanjutkan perjalananmu dengan menggunakan perahu motor yang waktu tempuhnya berkisar antara 1,5 – 2 jam perjalanan. Tapi jangan khawatir, perjalananmu tak akan melelahkan, kok. Soalnya, di sini kamu bisa melihat pemandangan yang memukau dari atas perahu. Pokoknya beda banget deh dengan keadaan kota yang penuh sesak dengan laju kendaraan bermotor. Nah, sesampainya di lokasi, kamu bisa deh muas-muasin hasrat wisatamu.

Perlu kamu ketahui, bahwa Pulau Sapeken ini menjadi salah satu pulau yang dipenuhi dengan terumbu karangnya yang memukau. Hal ini terbukti dari hasil interpretasi citra yang menunjukkan hampir 50% jumlah luasan terumbu karang di Madura dan Kangean ada di pulau ini. So, tidaklah keliru jika kamu memilih pulau ini sebagai tempat untuk ber-snorkling-ria!

5. Nikmati Teduhnya Cemara di Tepi Pantai Lombang

Pantai Lombang foto dari @yussuf_al_maizar

Salah satu pantai yang paling terkenal di Sumenep adalah Pantai Lombang. Lokasinya berjarak kira-kira 25 km ke arah timur dari pusat Kota Sumenep. Atau tepatnya berada di Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Selain bisa menikmati deburan ombak yang cukup tenang dan pasir putih yang sangat halus, kamu pun akan disuguhi rimbunnya pohon cemara udang yang berjajar mengikuti garis bibir pantai. Untuk masuk ke kawasan pantai, kamu akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 7000,00. Sedangkan biaya parkirnya berkisar antara Rp. 2000,00 – Rp. 5000,00 (tergantung kendaraan yang kamu pakai). Murah, kan?

6. Yuk, Geser ke Pantai Ambuten

Pantai Ambuten via mzrick27.blogspot.co.id

Sesuai namanya, pantai ini terletak di Desa Ambuten Barat, Kecamatan Ambuten, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Pantai ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah keadaan ombaknya yang cukup tenang serta bebatuan karang yang menjulang apik di tepi pantai. Keadaan pasir putihnya pun cukup bersih, sehingga akan membuatmu nyaman berlama-lama di sini. Tapi sayangnya, pantai ini belum dikelola dengan baik, sehingga masih sepi oleh pengunjung. Nah, kalau kamu berminat, kamu bisa masuk ke lokasi dengan membayar biaya retribusi seharga Rp. 7000,00 lengkap dengan biaya parkir kendaraan roda dua.

7. Boekit Tinggi Daramista: Obyek Wisata Baru di Sumenep

Boekit Tinggi Daramista foto dari @yussuf_al_maizar

Obyek wisata Boekit Tinggi Daramista masih terbilang baru di Kabupaten Sumenep. Ya, kawasan ini resmi dibuka pada bulan September tahun lalu. Meskipun pembangunannya belum sepenuhnya selesai, tapi tempat ini sudah menyedot wisatawan dari berbagai daerah—baik dari dalam maupun luar Kota Sumenep. Lokasinya terletak di sebuah desa bernama Daramista. Untuk mencapainya, kamu harus menempuh perjalanan selama 30 menit dari pusat Kota Sumenep.

Setelah tiba di kawasan tersebut, kamu diwajibkan untuk membayar biaya parkir sebesar Rp. 2000,00. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki beberapa anak tangga yang sudah tertata rapi. Nah, setibanya di puncak bukit, kamu akan disuguhi pemandangan yang memukau, lengkap dengan beberapa gubuk-gubuk kecil dan kolam-kolam yang terdapat di sekitar lokasi. Kalau malam hari, kamu juga bisa menikmati gemerlap lampu-lampu kecil yang dilekatkan di atas pepohonan. Suasana romantis yang langsung terasa begitu kamu sampai di sini. Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan bukit ini untuk menunggu datangnya senja. Dan bila kamu mempunyai hobi fotografi, di sini juga disediakan beberapa spot yang kece. Pokoknya kamu nggak bakal nyesel kalau datang ke sini!

8. Lanjutkan Perjalananmu ke Bukit Kapur Kombang

Desa Kombang, Talango, Sumenep, foto dari @linda_megawati89

Obyek wisata ini sebenarnya merupakan area bekas tambang yang sudah tidak digunakan lagi. Lokasinya terletak di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Dinding-dindingnya terlihat begitu artistik membentuk seperti bangunan kastil yang ada di Eropa. Ya, kamu bisa memanfaatkan area bekas tambang ini untuk berfoto bersama kekasih tercinta. Biaya masuknya cukup murah kok, yakni sebesar Rp. 2000,00/ orang. Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan roda dua. Yap, jangan mau ketinggalan sama yang lain, ya, Genks!

Nah, 8 tempat wisata di Sumenep udah kami bagi-bagikan buat kamu, kan? Kalau kamu kurang puas atau punya pandangan lain, kamu boleh lho menambahkannya ke kolom komentar. Capcus cyiiinn…

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.