9 Tempat Wisata di Pasuruan yang Lagi Hits

Ngadem.com – Merencanakan perjalanan itu gampang-gampang susah. Hal yang paling sulit adalah menentukan akan berkunjung ke mana. Ada duit. Ada waktu tapi kamu gak tahu mau berkunjung ke mana? Oh, kamu gak kece banget deh guys.

Kalau kamu berdomisili di Pulau Jawa mungkin gak ada salahnya kalau kamu coba melirik sedikit ke Kabupaten Pasuruan. Udah dilirik? Tapi belum tahu ada wisata kece apa di sana? Gak usah baper, langsung cek rangkuman tempat wisata hits pasuruan di Ngadem.com.

1. Mari Memulai Harimu di Pasuruan dengan Main Air di Coban Baung

Coban Baung Foto Dari @explorepasuruan

Coban atau Air Terjun adalah alternatif liburan yang gak ada matinya. Nah, di Pasuruan Coban Baung bisa banget jadi pilihan kamu untuk bermain air seharian. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter ini masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Baung loh. Duh bakal kedinginan masal neh. Lokasi coban ini terbilang unik karena diapit oleh Kebun Raya Purwodadi dan dekat dengan pertemuan Sungai Welang dan Sungai Beji.

Coban Baung berada tepat di Dusun Sumbersuko Desa Kertosari Kecamatan Purwodadi, Pasuruan dengan luas area sekitar 195,50 hektar. Untuk aksesnya, jangan galau guys karena lokasi air terjun yang sangat dekat dengan Kebun Raya Purwodadi jadi gak akan ada drama melewati lembah atau bukit untuk menikmati kesejukan Coban Baung.

Fasilitas yang disiapkan di coban ini terbilang sederhana yaitu kamar mandi dan saung kecil untuk beristirahat. Sedangkan untuk tiket masuknya cukup membayar Rp. 5000 plus parkir. Kerennya, pengelola juga menyiapkan fasilitas kece lainnya loh yaitu Baung Camp dengan paket hiking, camping, river board, air sof gun, flying fox, hingga outbound training. Aaaaaaaah, kok kece sih.

2. Dari Coban Ke Coban. Kali Ini Ke Coban Putuk Truno

Coban Putuk Truno Foto Dari @iranur2

Masih gak puas main air? Ya udah deh, kamu langsung kemas-kemas menuju Coban Putuk Truno aja. Coban ini memiliki ketinggian air kurang lebih 45 m dan berada tepat di kaki Gunung Welirang dan Arjuno atau masuk dalam kawasan wisata Tretes. Sebenarnya 400 m dari coban ini ada Coban Kakek Bodo yang populer itu. Tapi buat kamu yang ingin main air dengan suasana yang lebih syahdu sebaiknya kamu ke Coban Putuk Truno aja deh.

Akses menuju lokasi coban ini cukup mudah loh guys. Kamu tinggal mendatangi kawasan Prigen, Pasuruan. Dijamin gak pakai nyasar karena keberadaan coban yang sudak dikenal luas oleh warga sekitar. Tiket masuk menuju lokasi air terjun terjangkau banget loh, cuma bayar Rp. 10.000 aja guys. Gimana kamu gak mungkin berpikir untuk tidak mendatanginyakan?

3. Main Air Lagi dan Lagi di Pemandian Banyu Biru

Banyu Biru Foto Dari @wahyudhia

Ini dia pemandian kolam alami yang sudah ada semenjak jaman penjajahan Belanda. Pastinya pemandian ini kondang banget di Pasuruan. Apalagi jaraknya yang cuma 5 langkah dari Pasuruan, eeeh maksudnya 15 km dari Pasuruan.

Gak cuma terkenal karena ketuaannya Pemaandian Banyu Biru ini juga agak ngeri-ngeri gimana gitu. Soalnya saat kamu lagi berenang cantik di birunya air di kolam ini, kamu bakal ditemani ikan-ikan yang cukup besar gitu. Tapi kalau kamu tetap ramah dan mau berbagi tempat dengan ikan-ikan dijamin kamu akan aman-aman saja kok.

Ketuaan pemandian yang berlokasi di Desa Sumberejo Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan ini kian terasa karena keberadaan arca-arca peninggalan Kerajaan Majapahit. Woow, jangan sampai gak jepret-jepret ya. Jangan lewatkan!

Tiket masuk yang harus kamu keluarkan untuk masuk ke Pemandian Banyu Biru cuma Rp. 5000 aja loh. Sedangkan untuk ongkos parkirnya motor dikenakan Rp 2.000, mobil Rp 4.000, dan sepeda Rp 1.000. Heeem, dengan ongkos segitu kira-kira kamu bisa menikmati fasilitas apa aja yak?

Adapun fasilitas yang disiapkan pengelola yaitu arena bermain, lapangan tenis, stand pameran, kolam ikan, penyewaan perlengkapan untuk berenang seperti baju renang dan kacamata renang, lahan parkir yang luas, kamar mandi, kamar ganti, mushola dan tentunya stand makanan. Dengan fasilitas segitu, duit Rp. 10.000mu gak sia-siakan?

4. Nyunset di Danau Ranu Grati Yuk

Danau Ranu Grati Foto Dari @ciput_ranoe

Dari coban mari kita berpindah sebentar ke danau. Di Pasuruan ada danau kece yang menjadi andalan warga Pasuruan dan sekitarnya. Yes, namanya adalah Danau Ranu Grati. Danau alami ini memiliki luas sekitar 200 ha dengan pegunungan Tengger sebagai latar belakangnya. Woow, cocok nih buat jeprte-jepret.

Danau Grati hanya berjarak kurang lebih 30 menit dari kota Pasuruan atau lebih tepatnya, berada antara 3 desa yaitu Desa Sumberdawesari, Desa Ranuklindungan, dan Desa Gratitunon Kecamatan Grati. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di danau ini. Salah satunya yaitu berlayar di atas danau dengan perahu yang sudah disiapkan oleh pengelola. Gak hanya itu, kamu juga bisa memancing atau bersepeda air. Cocok neh buat pacaran atau pun acara liburan seru bareng keluarga tercinta.

5. Menyaksikan Pesona Pasir yang Terhampar di Sejauh Mata Memandang di Gunung Bromo

Gunung Bromo Foto Dari @explorepasuruan

Buat kamu yang pernah menonton film Pasir Berbisik yang diperankan mbak cantik Dian Sastro pasti ingat betul dengan hamparan pasir yang diabadikan dalam film ini. Iya lautan pasir di Gunung Bromo ditampilkan dengan begitu indahnya. Memberikan sensasi seolah-olah kita sedang menyaksikan alam di Negeri Antah Berantah gitu.

Gunung Bromo dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut memang masuk dalam empat wilayah kabupaten di Jawa Timur, salah satunya adalah Kabupaten Pasuruan. Gunung dengan lautan pasir seluas 10 km ini memang terkenal indah. Gak hanya pesona lautan pasirnya, sunrisenya juga terkenal eksotis dan membuat siapa pun yang pernah berkunjung selalu rindu.

Akses menuju Gunung Bromo salah satunya melalui arah Pasuruan lewat Desa Tosari. Medan lewat jalur ini bisa terbilang berat karena tidak dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda 4 biasa. Jadi kamu bisa menyewa jip ya guys. Bisa, bisa! Nabung, pasti bisa!

6. Sekali Lagi, Mari Asyik-Asyikan di Gunung. Kali Ini Ke Gunung Arjuno

Gunung Arjuno Foto Dari @arjuno.welirang

Gunung ini secara administratif masuk dalam kawasan empat Kabupaten sekaligus di Provinsi Jawa Timur di antaranya Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Tuh, Pasuruan lagi-lagi masukkan. Gunung dengan ketinggian 3.339 m dpl ini berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi ketihga di Jawa timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung dan menjadi lima puncak tertinggi di Pulau Jawa. Gimana, apakah kamu sudah pernah mendaki gunung ini?

Pendakian Gunung Arjuno dapat dilakukan dari berbagai arah yaitu pendakian arah utara via Tretes melintasi Gunung Welirang, arah timur dari Lawang atau arah Barat via Batu dan arah selatan via Karangploso. Atau kamu bisa mencoba pilihan jalur yang paling mudah yaitu via Purwosari yang hanya berjarak 30 menit dari jalan raya dan langsung tiba di Tambakwatu.

7. Main-Main Ke Taman Safari Prigen Yuk

Taman Safari Prigen Foto Dari @@albashars

Mau merasakan sensasi dekat dengan satwa-satwa liar seolah-olah di habitat asli satwa tersebut? Kamu pasti berpikir ingin ke Madagaskarkan? Heeem, udah deh gak usah jauh-jauh. Nyicil seru-seruan main di Taman Safari Prigen aja. Taman Safari Prigen atau yang lebih sering disebut Taman Safari Indonesia II adalah salah satu obyek wisata di Pasuruan yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarag maupun sahabat tercinta.

Taman Safari yang merupakan salah satu safari park terluas di Asia ini berada tepat di lereng Gunung Arjuna bahkan masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Arjuna di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Pasti sudah bisa kamu bayangkan seberapa sejuk udara di Taman Safari Prigen ini. Ada beberapa satwa koleksi Taman Safari Prigen di antaranya singa, harimau, gajah, banteng, zebra, beruang, orangutan, lumba¬lumba, dan sebagainya.

Tidak hanya mengoleksi satwa-satwa liar, Taman Safari Prigen juga menyiapkan wahana yang siap buat kamu happy seharian. Ada wahana Outbond, Safari Aquatic Land, Elephant Journey, Paintball War Game, Baby Zoo, Education Show, Area Rekreasi, Safary Water World, dan Swimming With Dolphin.

Sedangkan untuk harga tiket, Taman Safari Prigen menyiapkan tiga jenis paket yaitu Tiket Badak Unlimited (gelang hitam) dengan harga Senin-Jumat sebesar Rp. 115.000, Sabtu-Minggu Rp. 135.000 dan untuk wisatawan asing sebesar Rp. 160.000. Untuk paket pertama ini kamu akan difasilitasi berupa safari adventure, 10 education show, 21 wahana permainan (unlimited), dan safari water world (gratis sewa pelampung).

Paket kedua yaitu Tiket Badak (gelang merah) dengan harga pada hari Senin-Jumat sebesar  Rp. 100.000 sedangkan pada hari Sabtu-Minggu sebesar Rp. 120.000. Untuk wisatwan asing seharga Rp. 145.000 dengan fasilitas safari adventure, 10 education show, 21 wahana permainan, dan safari water world.

Paket ketiga ada Tiket Rusa (tiket reguler) dengan harga pada weekdays atau hari Senin-Jumat sebesar Rp. 70.000, sedangkan pada weekend atau hari  Sabtu-Minggu seharga Rp. 80.000. Untuk wisatawan asing sebesar Rp. 120.000. Buat Ibu-Ibu yang membawa anak di bawah 5 tahun pada weekday cukup membayar Rp. 65.000 sedangkan saat weekend Rp. 75.000 dengan fasilitas safari adventure dan 10 ducation show. Gimana guys, cukup terjangkaukan?

8. Camping Asyik di The Pines Taman Dayu

The Pines Taman Dayu Pandaan Foto Dari @alamsyahchy

The Pines Taman Dayu masuk dalam kawasan hunian, resort wisata, dan pusat bisnis Taman Dayu yang berlokasi di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. The Pines merupakan fasilitas camping yang disiapkan pengelola bagi warga Pasuruan dan sekitarnya.

Ada tiga macam tempat camping yang disiapkan pengelola yaitu rumah pohon, rumah kayu, dan tenda di hutan pinus. Untuk harga rumah pohon kamu harus merogoh kocek sebesar Rp. 300.000 yang bisa digunakan untuk 6 orang dan Rp. 350.000 untuk kapasitas 8 orang.

Sedangkan untuk rumah kayu harganya dibandrol dari Rp. 400.000 dengan toilet yang terpisah dari rumah dan Rp. 450.000 dengan toilet di dalam rumah. Dan yang terakhir adalah tenda-tenda yang sudah disiapkan pengelola di sekitar hutan pinus. Kamu udah gak perlu galau mikirin tenda lagi. Bahkan jika terlalu malas kamu juga bisa memesan makan dan coffe break. I tenda dengan kapasitas 6 orang kamu cukup membayar Rp. 150.000 belum termasuk makan yak.

The Pines dilengkapi dengan bermacam-macam fasilitas seperti kamar mandi yang banyak, musholla, tempat wudhu, bahkan ada permainannya juga loh. Ada outbond, flying fox, fun games dan paintball. Gimana sudah terbayang keseruan camping di The Pines?

9. Pasuruan Ada Pantainya. Namanya Pantai Lekok

Pantai Lekok Foto Dari @hagunggunardi

Pantai ini sekilas sama halnya dengan pantai-pantai pada umumnya. Yang berpasir putih terhampar. Sunset atau sunrise memikat. Debur ombak yang memecah bibir pantai. Ya begitulah gambaran pantai yang familiar dalam kepala kita.

Tapi Pantai Lekok bukan pantai biasa. Cobalah berkunjung ke pantai ini saat hari lebaran ketupat. Kamu akan terpesona dengan pertunjukan rakyat yang ditawarkan warga sekitar pantai. Nama pertunjukannya adalah ski di atas lumpur atau celot alias ski lot. Waduh itu pertunjukannya gimana yak? Pada bingungkan, ya udah gak usah membiarkan dirimu bingung terlalau lama. Segera obati bingungmu dengan mendatangi pantai yang terletak di Kecamatan Lekok Pasuruan ini. Olahraga ski lot ini udah jadi budaya tradisional masyarakat nelayan Pantai Lekok loh. Unik bangetkan?

9 wisata hits di Pasuruan sudah Ngadem.com rangkum buat kamu, ada yang sudah pernah kamu kunjungi atau belum satupun kamu kunjungi? Ok, mungkin inilah saatnya.

Komentar

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.