10 Air Terjun di Aceh Ini Bisa Banget Buat Penatmu Lepas Satu-Satu

Ngadem.com – Bumi kita kaya akan keindahan alamnya, salah satunya adalah air terjun. Air terjum merupakan formasi geologi antara arus air melalui bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Di Indonesia banyak sekali daerah yang menyimpan pesona air terjun, salah atunya adalah Aceh.

Ya, selain kaya akan Sumber Daya Alam dan Pantai, Aceh juga menyimpan deretan air terjun menawan yang sayang sekali bila dilewatkan. Apa saja?

1. Air Terjun Ceuraceu

Foto dari @muridhalmury

Air Terjun Ceuraceu terletak di Dsa. Samagadeng, Kec. Pandrah, Kab. Bireuen, Aceh. Kurang lebih 8 km dari jln. raya Medan-Banda Aceh. Perjalanan menuju lokasi cukup sulit, kamu akan dibawa melewati tanjakan dan turunan tajam, ditambah banyak debu yang menganggu pernafasan maupun pandangan sepanjang jalan. Disarankan untuk membawa penutup mulut/masker. Di luar itu, pemandangan Air Terjun Ceuraceu sangat elegan. Rasanya bodo amat deh sama debu-debu jalanan, apalagi jalannya yang terjal.

2. Air Terjun Putera Jaya

Foto dari @rahmat_nuzul_

Air Terjun Putera Jaya terletak di Ds. Putra Jaya, Kec. Simeulue Tengah, Aceh. Meski lokasinya cukup tersembunyi, para wisatawan tetap jatuh hati pada obyek wisata yang satu ini. Airnya yang bening dan susasanya yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri. Di sini, kamu bisa bermain air sesuka hati, mandi, meditasi, dan hal-hal lainnya yang menyenangkan hati. Fasilitas di Air Terjun Putera Jaya belum memadai, jadi sebaiknya bawalah bekal sucukupnya jika tertarik berkunjung ke sini.

3. Air Terjun Beucari

Foto dari @mustari1904

Air Terjun Beucari terletak di Bueng, Jantho, Aceh Besar, Aceh. Memiliki jarak tempuh sekitar 12 KM dari pusat kota. Untuk sampai lokasi, kamu akan dibawa naik turun bukit. Meski melelahkan, tak apa, setelah sampai lokasi kamu bisa merelaksakikan badan dengan berenang. Selain itu, mata kamu juga akan dimanjakan oleh keindahan air terjun yang berwarna hiaju tosca, sungguh sangat cantik menawan. Jangan lupa bawa bekal makanan, karena fasilitas di sini masih sangat kurang.

4. Air Terjun Blang Kolam

Foto dari @rizkipj

Air Terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 75 meter ini terletak di Ds. Sidomulyo, Kec. Kuta Makmur. Kab. Aceh Utara, Aceh. Memakan jarak tempuh kira-kira 21 km dari pusat kota Lhokseumawe. Bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tempatnya yang asri nan sejuk membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini. Oh iya, fasilitas di tempat ini sudah memadai mulai dari mushola, toilet, dan warung makan, bahkan  juga sudah tersedia tempat untuk pengisian daya bagi wisatawan yang kehabisan batre hp atau kamera.

5. Air Tejun Mengaya

Foto dari @hijrah25

Air terjun Mengaya terletak di Ds. Mengaya, Kec. Bintang, Kab. Aceh Tengah, Nanggro Aceh Darussalam. Akses menuju lokasi sangat mudah, bisa dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Air Terjun Mengaya ini dekat dengan Danau Lut Tawar. Saat weekend atau hari liburan, obyek wisata air terjun yang satu ini pun kerap dipenuhi wisatawan.

6. Air Terjun Pria Laot

Foto dari @andiwardiansyah

Air Terjun Pria Laot berada di selatan pulau Weh, tepatnya di Ds. Pria Laot, Sabang, Nanggro Aceh Darussalam. Jarak tempuh sekitar 12 km dari pusat kota Sabang. Air terjun bertingkat ini memiliki kolam cantik yang bisa dimanfaatkan untuk berenang. Bahkan di sini terdapat juga spot baru yang bisa dimanfaatkan untuk spa alami. Fasilitas bisa dibilang lengkap, mulai dari tempat bersitirahat, tempat ibadah, dan warung makan.

7. Air Terjun Tansaran Bidin

Foto dari @syafuraramadhan

Air Terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter ini terletak di Ds. Tansaran Bidin, Kec. Bandar, Kab. Bener Meriah, Aceh. Air terjun Tansaran menjadi salah satu air terjun terjun tertinggi di Aceh. Akses jalan menuju lokasi yang kurang bagus membuat kamu harus rela berjalan kaki selama kurang lebih 1,5 jam. Buat kamu yang hobby treking, wajib sekali datang ke sini.

8. Air Terjun Terujak

Foto dari @irfan_suhanda

Air Terjun Terujak terletak di Ds. Terujak, Kec. Serbajadi, Kab. Aceh Timur. Untuk sampai lokasi bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain terdapat air terjun yang indah, di sini juga terdapat pemandian air panas. Jadi, buat kamu yang ingin berendam di kolam air panas, bisa banget nih datang ke sini.

9. Air Terjun Teuraceu Laot

Foto dari @yose8rz

Teuraceu Laot terletak di Geumpang, Pidie, memakan waktu tempuh sekitar 35 menit dari keudee Geumpang. Air terjun ini berada di tengah-tengah kawasan hutan lindung. Air terjun yang satu ini berbeda dengan air terjun pada umumnya, karena air di sini berwarna kebiruan seperti air laut, itulah mengapa air tejun ini dinamakan Tareuceu Laot. Tareuceu itu sendiri memiliki arti air terjun, sedangkan laot itu memiliki artii laut.

10. Air Terjun Tujuh Bidadari

Foto dari @nisfaldesmianda

Air terjun yang memakan jarak tempuh sekitar 50 km dari Kota Lhokseumawe ini terletak di Geureudong Pase, Aceh Utara, Aceh. Air terjun yang memiliki pesona serupa bidadari ini merupakan air terjun bertingkat yang namanya sudah cukup populer di telinga warga Aceh, khususnya warga Lhokseumawe. Seperti air tejun lainnya, susasana di sini juga sejuk sekali, air pun bening dan jernih. Jalur menuju lokasi yang cukup ekstrim tak jarang dimanfaatkan para penggemar motorcross untuk bersenang-senang.

Demikianlah informasi mengenai obyek wisata air terjun di Aceh yang bisa kamu jadikan tempat untuk berelaksasi maupun meditasi. Sedikit tips, cek kendaraan sebelum memulai perjalanan, jangan lupa bawa bekal, kamera, baju ganti, dan tetap berdoa. Semoga bermanfaat. Barangkali, masih ada banyak air terjun yang belum terekspos? Jika ada yang ingin menambahkan, silahkan tambahkan di kolom komentar ya…

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.