Alasan Kenapa Orang Lebih Memilih Mendaki Gunung untuk Mengisi Waktu Libur

Ngadem.com – Gunung dan pesona yang ditawarkannya selalu menjadi tujuan utama wisata anak muda masa kini. Tidak hanya dari kalangan anak muda saja. Gunung menjadi incaran berbagai kalangan saat musim liburan atau weekend tiba. Kira-kira apa sih yang bikin orang-orang gemar mendaki gunung? Yuk, berikut ini Ngadem.com coba merangkum alasan kenapa orang memilih mendaki untuk mengisi waktu liburan.

1. Tidak Bisa Dipungkiri Aktifitas Mendaki Itu Menyehatkan

Pendakian Foto Dari @aprianto_gede

Ini mungkin alasan yang sangat klise tapi kenyataannya memang begitu. Mendaki itu memang menyehatkan. Tidak hanya menyehatkan tubuh saja namun juga menyehatkan pikiran. Pada saat mendaki tubuh kita akan bergerak lebih banyak dari biasanya. Melintasi bukit, hutan, dan lembah dengan berjalan. Otot-otot kaki kita akan diuji ketahannanya. Begitu pun dengan tubuh kita. Tubuh akan diuji ketahanannya melawan suhu udara di gunung yang dingin sekaligus berkeringat di saat yang sama.

Tidak hanya tubuh, saat mendaki pikiran kita pun menjadi kian sehat karena pemandangan sepanjang pendakian yang sangat indah. Ditemani udara pegunungan yang bersih dan sejuk. Ketenangan dan kedamaian sepanjang pendakian sangat baik untuk menengkan pikiran kita. Hal itulah salah satu dari sekian banyak alasan kenapa kegiatan pendakian menjadi aktifitas yang populer di berbagai kalangan.

2. Panorama Selama Pendakian yang Memanjakan Mata Adalah Daya Tarik yang Tiada Duanya

Pemandangan Gunung Foto Dari @hanumhasanah

Pemandangan yang ditemui sepanjang pendakian tentunya alasan bagi banyak orang berduyun-duyun melakukan pendakian. Tidak hanya itu kesejukan udara di sepanjang jalur pendakian hingga puncak adalah alasan kenapa orang harus capek-capek naik gunung.

Bukankah tampilan gunung yang terkadang samar kita lihat dari kejauhan sudah berhasil menggetarkan kita? Hal itulah membuat kita bertanya-tanya “duh gimana ya rasanya jika berada di puncak sana”? Rasa pensaran akan keindahan dan perasaan ketika berada di puncak gunung pasti menghantui siapa saja. Gunung seolah selalu berhasil memikat dan membuat penasaran siapa saja yang melihatnya.

3. Belajar Menjadi Manusia Seutuhnya Lewat Gunung

Pendaki Foto Dari @diephaphuw

Apa sih yang kita dapatkan dari gunung? Setelah semua pendakian, keringat dan lelah. Tentu saja gunung mengajarkan sesuatu yang lain tentang kehidupan. Tentang keikhlasan dari tiap langkah kaki kita. Iyakan? Ayo pernah gak sih kita meminta balasan dari setiap langkah kaki yang sudah kita lepaskan untuk mencapai puncak gunung?

Tidak hanya itu, gunung juga mengajarkan kita bersyukur lebih banyak. Gunung menunjukan bagaimana alam bisa sebegitu indahnya. Bagaimana Tuhan menciptakan itu semua untuk memberikan sebanyak-banyaknya rasa senang kepada manusia. Menikmati gunung seluas-luasnya. Bukankah sudah semestinya kita lebih bersyukur?

Gunung juga mengajarkan kita tentang pentingnya sikap rendah hati. Dari puncak gunung kita melihat seberapa kecil dan tidak berdaya dunia yang jauh di bawah sana. Bagaimana gunung begitu besar dan luas. Bahwa kita hanya menjadi salah satu dari sebagian kecil yang ada dan hidup di dunia ini.

4. Gunung Mengajarkan Kita Cinta Kasih

Gunung Foto Dari @ghaghah24

Selama pendakian kita akan berjumpa dengan banyak hal. Kita bisa bertemu dengan para pendaki lain. Jika kita mendaki dengan teman-teman, gunung mengajarkan kita untuk bekerja sama dalam tim. Tidak hanya dengan sesama manusia, selama pendakian mata kita juga akan dibukakan pada keberadaan makhluk hidup lain.

Nah selama pendakian hingga puncak hal yang sejatinya ingin gunung ajarkan pada kita adalah cara atau alasan untuk kemudian jauh lebih menyayangi segala hal yang hidup. Baik itu terlihat oleh mata kita ataupun tidak.

5. Gunung Mengajarkan Pada Kita Untuk Lebih Mencintai Segala yang Hidup

Hehehe Foto Dari @novemlawalata

Gunung tempat hidupnya berbagai spesies tumbuhan dan hewan. Tidak hanya itu keberadaan gunung juga memberikan kehidupan kepada manusia. Lihatlah betapa suburnya alam di sekitar gunung. Memberikan kehidupan kepada tiap yang hidup. Bahkan orang-orang kota juga ikut menikmati kebaikan gunung. Kalau bukan karena hasil pertanian dari desa-desa yang berada di sekitar gunung, dari mana lagi kita mendapat pasokan makanan? Pada kondisi ini gunung mencoba memberitahu kita akan pentingnya mencintai sesama yang hidup. Untuk itu sudah seharusnya kita menjaga dan merawat gunung agar keberkahannya selalu dapat kita nikmati.

6. Mendaki untuk Mengenal Diri Sendiri Secara Mendalam

Kecekan Foto Dari @sinta.l

Kesunyian gunung yang jauh dari hiruk pikuk dunia adalah tempat yang tepat untuk lebih banyak berpikir dan berbicara kepada diri sendiri. Entah kenapa selama pendakian maupun ketika tiba di puncak kita akan merasa lebih dekat kepada sesuatu yang tidak kita pahami sepenuhnya. Namun sesuatu itu seolah telah menjadi bagian dari diri kita selama ini. Hanya saja dalam keseharian kita agak abai karena tenggelam dalam hiruk-pikuk dunia.

Dalam keadaan tersebut, kadang kita akan merasa ketika mendaki gunung, puncak seolah bukan tujuan yang sesungguhnya. Saat mendaki tujuan yang sesungguhnya adalah berjalan menuju diri kita yang lain. Gunung mengajarkan kita untuk lebih dekat dengan siapa kita sesungguhnya. Iyakan?

Guys itu tadi alasan kenapa orang memilih mendaki gunung untuk mengisi waktu liburan. Ayo, kira-kira apa alasan kamu mendaki? Yuk share di kolom komentar.

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Malang: Pantai Ngledakan Ciut
Leuwi Tonjong: Pesona Wisata Baru di Garut yang Sungguh Instagramable
Kenalkan, Bukit Cendana Wisata Baru di Kulonprogo, Jogja