Berburu Kabut dan Sunrise di Gunung Ireng, Jogja

Ngadem.com – Berlabuh ke Jogja, kurang lengkap bila tak menyaksikan pesona sunrise-nya. Harus kamu tahu, Jogja punya banyak tempat asyik untuk menikmati matahari terbit, salah satunya Gunung Ireng yang ada di Dusun Srumbung, Kelurahan Pengkok, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Memang, kebanyakan orang mungkin kurang familiar dengan nama Gunung Ireng, tapi soal pesona sunrise-nya sungguh tak bisa diragukan. Spot ini memang sudah lama ada, tapi baru beberapa waktu belakangan kembali hits karena banyak yang mengunggahnya di media sosial.

Jadi apa sih yang menarik di Gunung Ireng?

Foto dari @jokodwiwahyudi

Selain memiliki spot untuk menyaksikan matahari terbit, Gunung Ireng juga memiliki view yang sangat ciamik. Hamparan bebatuan kapur serta pepohonan hijau, bisa jadi penyembuh luka dan penatmu. Kamu bisa bersantai atau foto-foto di sini. Tentu saja, waktu terbaik berada di sini adalah pagi hari. Melihat pesona matahari terbit di ufuk timur yang diam-diam menghangatkanmu akan jadi moment teridah. Jangan ragu untuk membawa kamera DSLR untuk mendapatkan foto terbaik.

Menurut legenda setempat, Gunung Ireng adalah buah kemarahan dari Raden Bratasena alias Bima yang ingin mengusir monyet-monyet di sekitaran Gunung Merapi. Awalnya, ia bermaksud untuk menendang monyet-monyet tersebut, tapi meleset dan mengenai bebatuan. Maka bebatuan itulah yang akhirnya kini bernama Gunung Ireng.

Tiket, Rute dan Fasilitas di Gunung Ireng

Harga tiket masuk Gunung Ireng cukup murah. Kamu cukup bayar Rp. 3.000 dan biaya parkir motor Rp. 2.000. Untuk akses dan rutenya pun terbilang mudah. Meski harus melewati jalan berbatu sebelum sampai lokasi. Fasilitas yang ada di sini pun tak selengkap wisata lainnya, tapi inilah yang membuat Gunung Ireng spesial!

Kalau kamu ingin ke sini bisa langsung ke Dusun Srumbung, Kelurahan Pengkok, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Atau Dari Bukit Bintang lalu lewati Jl Wonosari. Belok arah kanan di Perempatan Polsek Patuk. Lurus terus menuju Jl Patuk-Pengkok dan saat sampai di Peremptan Tugu Semar beloklah ke kanan. Setelah itu, kamu akan melihat papan petunjuk untuk sampai ke Gunung Ireng.


Baca Juga:

6 Tempat Epic Untuk Melihat Sunrise di Jogja

Spot Camping dan Selfie Ciamik di Gunungkidul: Pangilon Hill

Watu Payung Panggang: Tempat Paling Epic Melihat Sunrise di Gunungkidul

Jalan-Jalan di Akhir Pekan ke Bukit Maracah, Gunungkidul


Gunung Ireng bisa jadi lokasi favorit untuk kamu yang sedang mencari spot sunrise di Jogja. Datanglah bersama teman atau kekasih. Agar moment menangkap sunrise-mu jadi lebih berkesan! Keep safe and be wise travelers guys!

(Foto featured dari @fathurohman7)

Komentar

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.