Bukan Rokok Kretek Aja yang Ada di Kudus. Nih, Telusuri 7 Tempat Wisatanya yang Bisa Buatmu Bahagia

Ngadem.com – Begitu menyebut Kota Kudus, tentu yang terlintas di pikiranmu adalah rokok kretek. Ya, selain dikenal dengan sebutan Kota Kretek, ternyata Kudus juga dikenal sebagai Kota Santri. Kenapa bisa begitu? Karena dulunya kota ini pernah menjadi pusat penyebaran agama Islam. Buktinya bisa dilihat dari terdapatnya makam Sunan Kudus dan Sunan Muria yang ada di kota ini. Nah, jika kebetulan kamu singgah di Kota Kudus, kamu bisa sekalian berlibur di beberapa tempat wisata ini.

Langsung aja deh ya, berikut 7 tempat wisata yang bisa kamu explore saat berkunjung di Kudus.

1. Mendengar Nyanyian Alam di Desa Wisata Rahwatu.

Desa Wisata Rahwatu Kudus foto dari @abd_muafa

 

Desa yang terletak di Lereng Gunung Muria ini menjadi lokasi wisata yang lagi nge-hits di Kota Kudus. Bagaimana tidak? Tempatnya yang berada di ketinggian 1.627 mdpl ini menjadi lokasi alternatif bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana sejuk khas pegunungan. Lokasinya tepat  berada di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Kamu bisa menjangkaunya dengan mengendarai motor ataupun mobil. Tapi kami sarankan agar kamu menggunakan motor saja. Pasalnya jalan yang akan kamu tempuh memang agak sempit dan menanjak.

Selain bisa menikmati suasana pegunungan yang sejuk, kamu juga bisa mengunjungi beberapa bangunan pertapaan yang berada di sekitar lokasi. Tak hanya itu, kamu pun bisa mandi dan berjalan menyusuri sungai yang berair jernih dengan bebatuan besar yang ada di sekelilingnya. Untuk masuk lokasi ini, kamu cukup membayar dengan harga Rp. 5000,00/ orang. Tentu kamu nggak mau ketinggalan, kan? Segera aja cus ke sana, Gaes!

2. Ajak yang Terkasih Merasakan Sejuknya Air Terjun Montel.

Air Terjun Montel foto dari @p4mp1mp0m

 

Tak jauh dari Desa Wisata Rahwatu, kamu bisa sekalian mengunjungi Air terjun Montel. Air terjun yang terletak di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Jika kamu dari makam Sunan Muria, kamu bisa berjalan kaki sekiranya 30 menit untuk sampai di lokasi. Tapi kalau kamu merasa lelah atau males buat jalan kaki, kamu  juga bisa memilih jasa ojek untuk mengantarmu ke sana. Di tengah perjalanan itu, kamu akan disuguhi alunan musik alami dari bunyi gemericik air terjun yang jatuh di bebatuan dan diselingi kicauan burung-burung yang terbang bebas di angkasa. Sungguh menakjubkan!

Selain mencicipi segarnya air terjun, kamu juga bisa menikmati fasilitas yang tersedia, antara lain: area parkir, mushola, warung makan dan kios-kios yang menjual cinderamata khas daerah setempat, seperti tongkat Colo dan kayu pengusir tikus. Untuk biaya masuknya kamu cukup membayar seharga Rp. 5000,00 saja.

3. Taman Kajar: Lokasi Asik Buat Selfie di Kudus.

Taman Kajar, Dawe, Kudus foto dari @imronsuny

 

Taman Kajar ini terletak di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kudus. Ada apa aja sih di taman ini? Yap, buat kamu yang suka camping dan hiking, lokasi ini sangatlah cocok untuk melakukan kegiatan tersebut. Di samping fasilitasnya yang cukup memadai, kamu juga bisa menikmati pemandangan hutan pinus yang berdiri kokoh di sekitar lokasi. Suasana sejuk akan langsung terasa begitu kamu masuk ke lokasi.

Ohya, buat kamu yang ngebet banget pengin hits, kamu juga bisa berselfie di area ini, lho. Dijamin deh, kamu bakal langsung hits setelah meng-upload foto-foto narsismu. Nah, kalau kamu pengin masuk ke area ini, kamu cukup membayarnya dengan harga Rp. 6.000 saja.

4. Belum Puas Selfienya? Yuk Geser Dikit ke Grojokan Kecil Sungai Kajar.

Grojokan Kecil, Sungai Kajar foto dari @pray_ardiyan

 

Grojokan Kecil ini sebenarnya masih berada di kawasan yang sama. Kamu hanya perlu sedikit bergeser ke arah sungai Kajar untuk menemukan spot menarik ini. Di sini, kamu bisa merasakan dinginnya sungai dan cekungan yang bisa dipakai untuk berenang. Untuk kedalamannya sekitar 1,5 meter, dan jika musim hujan, kamu harus waspada. Sebab, terkadang lokasi ini sering dilanda banjir.

5. Buat Kamu yang Suka Mendaki, Kamu Harus Mencoba Jalur Tracking yang Ada di Gunung Muria Ini (Puncak Natas Angin)

Puncak Natas Angin foto dari @ardieyansyah17

 

Gunung Muria memiliki beberapa puncak yang cukup menawan. Salah satunya adalah Puncak Natas Angin. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Jepara, dan di sisi timur berbatasan dengan Kabupaten Pati. Di kawasan ini terdapat tempat yang sangat legendaris peninggalan Wali Songo, yakni sebuah pesanggrahan di kawasan puncak Gunung Muria; yang dalam sejarah negeri ini merupakan basis pesanggrahan di mana Sunan Muria menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Gunung yang mempunyai ketinggian 1.601 mdpl ini juga memiliki beberapa puncak tertinggi lainnya, yakni Puncak Songolikur yang merupakan puncak tertinggi di Gunung Muria. Sering juga disebut sebagai puncak Saptorenggo. Kemudian Puncak Candi Angin, Puncak Argowiloso, Puncak Argojembangan dan Puncak Abiyoso. Untuk masuk ke kawasan gunung Muria, kamu akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 7000,00/ orang.

6. Puas Berwisata Alam, Yuk Kita Geser ke Kota dan Nikmati Menara Kudus dari Dekat.

Masjid Menara Kudus foto dari @indonesia_kaya

 

Foto Maria Selena (Miss Indonesia 2012) di atas menunjukkan betapa populernya Menara Kudus ini. Lokasinya tepat berada di depan Masjid Al-Aqsha; yang dimanfaatkan sebagai penanda waktu datangnya sholat. Setiap waktu sholat tiba, petugas masjid akan menabuh beduk yang berada di bagian atas menara. Selain terdapat masjid, di kawasan ini juga terdapat Makam Sunan Kudus.

Bangunan Menara Kudus ini terbuat dari tumpukan batu bata yang bertingkat-tingkat. Sedangkan atapnya berbentuk limas berbahan kayu. Selain itu, di sekitar lokasi menara juga berdiri sebuah gapura. Di beberapa bagian gapura tersebut terdapat keramik—berbentuk piring—yang ditempel di dindingnya. Konon, piring-piring itu didatangkan dari negeri Tiongkok. Adapun dari cerita masyarakat sekitar, gapura tersebut dibawa langsung oleh Sunan Kudus yang berasal dari kerajaan Majapahit.

7. Kalau Kamu Suka Foto-foto, Coba deh ke Pabrik Gula Rendeng.

Pabrik Gula Rendeng, Kudus foto dari @rantingmangga

 

Pabrik Gula (PG) Rendeng berada di jalan Jendral Sudirman, Kudus. Baru-baru ini, pihak PG Rendeng menaruh beberapa gerbong kereta lori di sekitar lokasi. Karena keunikannya tersebut, kini Pabrik Gula (PG) Rendeng menjadi lokasi favorit bagi kawula muda Kudus. Kamu nggak pengin  ketinggalan? Segera aja sambangi lokasi ini!

Oke, gaes. Udah puas, kan? Selamat berlibur dan selamat nikmati suasana alam Kudus, ya. Jangan lupa selalu waspada dan jangan buang sampah sembarang.

Komentar

Written by DT. Jatmiko

Kontributor Ngadem.com - Lelaki gembira asal Prambanan. Sempat mempunyai cita-cita jadi Polisi, tapi kandas di tengah jalan.