Cianjur dan Surga-Surga Tersembunyinya yang Akan Buatmu Susah Move-on

Ngadem.com – Pesona Cianjur agak tersamarkan dengan kepopuleran puncak Bogor dan istana presiden Cipanas. Tapi jika mau sedikit meng-explore lagi wawasan destinasi wisatamu, kamu akan sadar bahwa terkadang tidak harus jauh-jauh untuk bisa menghabiskan waktu liburan.

Nah, bila kamu berencana jalan-jalan ke Cianjur, mungkin beberapa tempat wisata di Cianjur ini bisa kamu sambangi.

1. Taman Bunga Nusantara mungkin Tidak Se-keren Taman-Taman Bunga di Belanda. Tapi Kamu Harus Tetap Mencoba Berkunjung ke sini.

Taman Bunga Nusantara, foto dari @ramdhasandy

Taman Bunga Nusantara berada di jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Jika kamu berada di Jakarta cukup menempuh 4 jam perjalanan kamu sudah bisa menikmati kesejukan dan keindahan taman bunga yang mulai dibuka pada tahun 1955 ini. Biaya masuk ke taman ini lumayan terjangkau, loh. Kamu cukup membayar Rp.30.000 per orang. Atau kalau kamu tidak ingin repot-repot berjalan kaki keliling taman kamu bisa menggunakan fasilitas garden tram, cukup tambah Rp.10.000 saja kamu bisa menikmati keindahan taman sambil duduk cantik dan selfie.

Taman Bunga ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang bisa menambah kenyamanan liburan kamu. Di taman ini tersedia lahan parkir yang sangat luas, jadi kamu tidak perlu rebutan parkiran. Ada berbagai macam jenis taman yang dapat kamu kunjungi di taman ini yaitu, Taman Air, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Rahasia (Labirynth), Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Palem, Taman Gaya Jepang, dan Rumah Kaca.

Taman favoritnya adalah Taman Rahasia yang memiliki labirin. Kamu mungkin bisa berlari-lari ala-ala film dengan kekasih ataupun teman-teman di labirin ini. Untuk bisa bermain ke labirin kamu cukup membayar Rp.2000 saja.

Taman bunga nusantara juga dilengkapi dengan wahana bermain anak berupa alam imajinasi yang dilengkapi dengan kereta, kincir, super go cart, atv, dan kamu juga bisa mencoba naik kuda. Setelah lelah mengelilingi taman, kamu bisa mampir di Café dan gerai makanan yang tersedia di area sekitar taman. Taman Bunga Nusantara dibuka mulai jam 08.00 sd 17.00. Tapi tidak ada salahnya jika kamu menghindari weekend ya,

Dengan luas 35 hektar, Taman Bunga Nusantara mampu menampung berbagai jenis bunga. Di depan gerbang taman kamu akan disambut oleh patung burung merak yang disusun dari berbagai tanaman dan bunga, ada juga kelinci, panda, dan binatang lainnya. Dari Jakarta kamu dapat menempuh 4 jam perjalanan tanpa macet. Biar tidak terjebak macet sebaiknya hindari berkunjung saaat weekend yaa.

2. Arung Jeram di Sungai Cikundul.

Arung Jeram di Sungai Cikundul, foto dari @ruhyanahmad

Meskipun Cianjur adalah kota dengan suhu udaranya yang agak dingin bukan berarti kamu nggak boleh berbasah-basahan ya. Sayang jika kamu melewatkan Wisata Arung Jeram di sungai Cikundul Cianjur. Mumpung masih di Cianjur tentu tidak ada salahnya kamu mencoba sensasi arung jeram. Berlokasi tidak jauh dari Jakarta membuat kegiatan arung jeram di Sungai Cikundul menjadi tujuan liburan favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Arung jeram di Sungai Cikundul menawarkan sensasi menegangkan sepanjang 9 km.

Sudah banyak paket yang bisa kamu coba jika ingin arung jeram di sini, dan dijamin tidak akan bikin kantongmu bolong. Harga paket arung jeram di sungai Cikundul mulai dari Rp. 250.000 sampai Rp. 650.000 dengan berbagai fasilitas menarik.

Jika kamu sudah selesai main arung jeram namun masih ingin menikmati kesejukan Kota Cianjur, kamu tidak perlu bingng akan dikemanakan langkah kaki, tinggal susuri saja sepanjang jalur sungai Cikundul karena masih banyak wisata tersembunyi yang dapat kamu coba seperti wisata Waduk Cirata, atau Danau Jangari.

3. Tenggelam dalam Misteri Curug Citambur.

Curug Citambur Pagelaran, foto dari @chepybennington

Setelah arung jeram kita beralih ke wisata curug. Wow, masih gak jauh dari kegiatan basah-basahan ya. Curug Citambur memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan berada di Desa Karang Jaya, Kec Pagelaran, Cianjur Selatan. Karena volume air yang cukup besar kamu sebaiknya jangan mandi tepat di bawah air terjunnya ya.

Ada sisi lain dari Curug Citambur yang harus kamu ketahui. Konon, curug ini memiliki kekuatan magis tertentu. Hal itu diyakini oleh masyarakat yang tinggal di sekitar curug. Tapi tenang saja, kamu gak perlu parno karena sebelum memasuki curug kamu akan disuguhi dengan pemandangan telaga kecil yang tidak berhenti menggoda kamu untuk segera berenang di sekitarnya.

Ok, akses menuju curug ini lumayan njelimet tapi jika kamu berada di Ciwidey, kamu akan menempuh perjalanan kurang lebih sejauh 40 km atau 2 jam perjalanan dengan pemandangan bukit dan lembah yang menenangkan. Sepanjang perjalanan ke Curug Citambur, kamu akan menjumapi dua curug lainnya, yaitu Curug Cisabuk dan Curug Tilu, tapi aksesnya yang sulit sepertinya tidak memungkinkan untuk kamu datangi.

Oh iya, harga tiket masuk ke curug ini cuma Rp. 7000 tambah parkir Rp.2000, daaaaaan selamat datang di curug Citambur.

4. Merasakan Peradaban Megalitikum di Situs Gunung Padang.

Situs Gunung Padang Cianjur via www.kompasiana

Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan jaman Megalitikum yang pada tahun 2011 sempat menghebohkan dunia. Lokasinya berada di Dusun Gunung Padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kec Cempaka, Kab Cianjur. Lokasi situs Gunung Padang bisa dicapai 20 km dari persimpangan kota kecamatan Warungkondang.

Situs ini disinyalir sebagai situs Megalitikum terbesar se-Asia Tenggara. Sejauh ini masih banyak peneliti yang mengungkap asal-muasal keberadaan Situs Gunung Padang, yang konon lebih tua dari peradaban Mesopotamia. Jadi, kalau kamu ingin berkunjung dan menikmati kemegahan peradaban Megalitikum ini jangan sampai merusak apapun ya.

5. Camping Asik di Bukit Aquila.

Bukit Aquila Pacet, foto dari @tatangsolehudin

Buat kamu yang ingin ke gunung tapi merasa belus siap dengan medannya, jangan cemas ya, kamu bisa nyicil latihan camping dulu di bukit Aquila Cianjur. Dijamin nggak akan kalah serunya dengan camping di kaki gunung. Kamu juga masih bisa merasakan sensasi dingin yang sama seperti ketika kamu mendaki gunung, atau menyeruput kopi panas dan menikmati semangkuk mie. Heeem, nice.

Ketika kamu berada di Cipanas kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan track menuju Bukit Aquila karena bukit ini berada tidak jauh dari Istana Presiden Cipanas. Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah pemandangan kelap-kelip kota Cianjur dari puncak bukit Aquila, so sweet bangat deh ya. Sunrise-nya juga akan terlihat jelas dari bukit ini. Jika kamu tertarik untuk camping di sini, ingat ya jangan membakar apapun!

6. Ingin Naik Gondola kaya di Venice Itu? Nggak Usah Jauh-Jauh, Cianjur Juga Punya!

Little Venice Cipanas, foto dari @sadankaban

Little Venice bisa dikatakan sebagai replika atau miniatur kota Venice. Beberapa waktu belakangan tempat ini sering jadi incara para travelers. Bila kamu ingin berkunjung, jangan lupa bawa kamera ya. Tiket masuk ke Little Venice ini cukup murah; Rp. 15.000 saja, dan dengan uang Rp. 15.000, kamu sudah bisa merasakan sensasi kota Venice yang ikonik itu.

Bila dari Jakarta, kamu bisa menempuh 2 jam perjalanan dan sesampainya di Cipanas kamu bisa langsung menuju Kota Bunga. Ada banyak fasilitas yang bisa kamu coba loh. Ada gondola, kapal mississipi, perahu bebek, sepeda air, dll. Kamu bisa memilih salah satu dari kendaraan itu untuk menemanimu berkeliling ke sekitaran danau. Kalau kamu ingin menggunakan Gondola, cukup bayar 15.000 rupiah saja. Tapi sayangnya, Little Venice ini hanya buka saat hari libur dan weekend.

Itu tadi beberapa wisata di Cianjur yang sudah Ngadem.com rangkum buat kamu. Masih belum cukup? Ok, ini bonus spot di cianjur yang cocok banget buat foto-foto. Mana kamera, mana kamera!!!

1. Jalan Cipanas-Puncak

Jalan Raya Cipanas-Puncak, foto dari @astri_albasrie

Jika kamu kebetulan berada atau melintas di jalan Cipanas- Puncak, gak ada salahnya parkirkan kendaraanmu sebentar untuk foto-foto di sepanjang jalan berkelok dengan latarbelakang hutan dan gunung Pangrango ini. Dijamin foto kamu bakal kece abis!

2. Canopy Trail Cibodas

Canopy Trail Cibodas, foto dari @saidirsyad

Kalau kamu pernah nonton film If You Are The One, kamu pasti paham betul kenapa kamu harus mampir ke canopy trail Cibodas ini. Bayangkan saja apa jadinya jika kamu foto diantara jembatan gantung dengan pemandangan hutan atau pun pohon-pohon yang menjulang tinggi itu? Pasti fotomu gak akan jauh-jauh berbeda dengan salah satu scene dalam film If You Are The One. Kalau kamu belum nonton filmnya, gpp, kamu tetap wajib foto di sini.

Canopy Trails Cibodas masuk dalam wilayah taman nasional gunung Gede Pangrango. Kalau kamu dari Jakarta cukup menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Biar nggak kejebak macet, sebaiknya hindari weekend ya gays.

Untuk berjalan ke canopy trail kamu perlu membayar Rp. 40.000 per orang dan di sana kamu wajib menggunakan jasa guide karena masuk wilayah konservasi yang dilindungi. So, kamu hanya perlu nambah Rp. 50.000 per grup. Murah kok!

Ok selesai sudah rangkuman Ngadem.com seputar surga-surga tersembunyi di Cianjur yang harus kamu datangi. Tetap jaga kebersihan dan tidak mengabikan peraturan yang ada ya…

Save travel everybody.

Komentar

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.