Review Film Confessions (2010): Tentang Rasa Ingin Bunuh Diri Tapi Tak Mati-mati

Ngadem.com – Perkara mudah untuk membunuh bagi seseorang yang dihantui balas dendam, sebagian besar penonton mungkin sudah menebak ending dari cerita di beberapa film bergenre thriller, namun tidak dalam film ini. Sebuah film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Kanae Minato berhasil digarap ulang oleh Tetsuya Nakashima. Di mana titik keberhasilnya yang membuat film ini sukses diminati oleh pemburu film thriller? Baiklah, kita akan masuk dalam pembukaan film;

Langit berwarna gelap, tanda akan turun hujan hari itu. Takako Matsu sebagai Yuko Moriguchi yang berperan menjadi seorang guru SMP membuka kelas dengan sebuah pengakuan bahwa ia akan mengundurkan diri dari di sekolah itu. Dan sebuah kegembiraan pecah, kegembiraan ala anak SMP yang menunggu pengumuman pulang lebih cepat atau libur hari kejepit. Kembali pada Confessions, setelah Yuko Moriguchi mendeklarasikan dirinya akan mundur, lalu ia bercerita tentang anaknya yang tewas oleh dua siswa di kelas itu. Sontak atmosfir kelas yang sebelumnya sedang bersuka cita, berubah menjadi sesuatu yang mencekam, teror yang dimainkan Yuko berhasil membuat atensi siswanya meledak.

Sebagai penikmat film thriller, akhir cerita dengan proses membunuh mungkin akan klise, mudah ditebak dan tak membakar emosi. Namun, berbeda dengan film satu ini, ending dari sebuah kalimat, “akhirnya aku tahu, suara kehilangan bukanlah plop, tapi JGER!” akan meledakkan, atau menghempaskan sisi rasa iba dan perasaan dendam lainnya.

Bagi saya, film ini adalah salah satu film terbaik thriller yang pernah saya tonton setelah Old Boy (2003). Plot twist dan segala macam konflik psikologis mengembang perlahan dan kemudian berjalan sendiri-sendiri untuk membuat penonton digerogoti perasaan kasihan, walaupun disajikan dengan balas dendam

Rating Film Confessions (2010) dari saya (9.9/10)

Identitas film Film Confessions (2010):

  1. Sutradara: Tetsuya Nakashima
  2. Penulis: Tetsuya Nakashima, Kanae Minato (original novel)
  3. Tanggal rilis: 5 Juni 2010
  4. Durasi: 106 menit
  5. Negara: Jepang
  6. Bahasa: Jepang

Pemeran Film Confessions (2010)

  1. Takako Matsu sebagai Yuko Moriguchi
  2. Masaki Okada sebagai Yoshiteru Terada
  3. Yoshino Kimura sebagai Yuko Shimomura
  4. Yukito Nishii sebagai Shuya Watanabe
  5. Kaoru Fujiwara sebagai Naoki Shimomura
  6. Ai Hashimoto sebagai Mizuki Kitahara
  7. Mana Ashida sebagai Manami Moriguchi

Written by Danang S. Budi

Kontributor Ngadem.com – Mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta, Tengah berupaya melepaskan kegelisahaan dengan cara yang sedikit absrud. Mencintai film, buku, pacar dan bercita-cita jadi aktor utama film basah.