Hai Pendaki, Yuk Kenalan Sama 12 Danau Atas Awan yang Petcah Banget Berikut. Mampir Bermalam Setelah Muncak Kayanya Asyik Deh

Ngadem.com – Mungkin banyak diantara kamu yang berpikir bahwa satu-satunya hal yang dilakukan saat mendaki adalah hiking dan berkeras hati untuk mencapai puncak. Ambisi itu bisa jadi membutakanmu dari pesona lain yang tak kalah indah dari pemandangan saat tiba di puncak gunung. Mau tahu pesona apakah itu? Danau guys. Ya danau! Ada banyak danau-danau indah yang tersembunyi bersama kegagahan gunung atau wilayah pegunungan yang tentunya berbeda dari danau pada umumnya.

Kamu pasti bertanya-tanya, “lah apa sih bedanya”?. Jika sebuah danau berada di kaki gunung bisa dipastikan danau ini adalah danau yang kece dan butuh perjuangan keras untu mencapainya. Tidak sedikit juga danau-danau ini baru bisa dijumpai saat hiking selama 3-4 jam. Duuuh makin penasarankan? Makanya jangan cuma puncak aja yang dipikirin. Yuk ngecek bentar ke danau-danau di atas awan yang udah Ngadem.com rangkum buat kamu. Kali aja kamu mau mampir.

1. Dari Danau yang Mendiami Punggung Gunung Kelimutu Ini Kamu Bisa Melihat Siklus Kehidupan Manusia

Danau Kelimutu Foto Dari @her_journeys

Mungkin Gunung Kelimutu tidak sepopuler gunung-gunung lain di Indonesia namun gunung berapi yang berada di Kabupaten Ende Pulau Flores NTT ini menawarkan pesona danau tiga warnanya yang sudah terkenal dan bisa dibilang cukup populer dikalangan traveler.

Danau dengan tiga warna yang terus mengalami perubahan warna ini memang sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Meski berbeda dengan danau-danau lain yang bisa dinikmati dengan berenang atau berlayar di atas tubuh danau dengan perahu, Danau Kelimutu justru kian anggun dengan hanya memandanginya dari pos pengamatan.

Danau ini memiliki luas sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Berada di ketinggian 1.630 dpl membuat suhu udara di sekitar danau terasa sangat dingin pada pagi dan malam hari. Namun dingin tersebut akan sirna oleh pesona sunrise yang petcha banget. Duuuh, yakin gak mau mampir nih?

2. Tidak Heran Jika Gunung Rinjani Disebut-Sebut Sebagai Salah Satu Gunung dengan Jalur Pendakian yang Indah di Indonesia. Habisnya Ada Danau Segara Anak Sih

Segara Anak Foto Dari @novemlawalata

Danau Segara Anak tidak lain adalah kawah dari Gunung Rinjani yang berada di Desa Sembalun Lawang Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Nama danau ini sendiri bermakna anak laut. Pantas aja sih nama ini diberikan kepada Danau Segara Anak habisnya warna air di danau ini sangat biru layaknya air laut.

Segara Anak berada pada ketinggian sekitar 2000 mdpl. Jika kamu mendaki Gunung Rinjani maka kamu akan melintasi danau ini bahkan tidak jarang banyak pendaki yang memilih berkemah semalam di sekitar area danau. Danau ini memiliki luas area sekitar 1.100 ha dengan kedalaman 230 m. Udah selfie di puncak Rinjani tapi gak mampir selfie di Danau Segara Anak, duh kok gak kece banget sih!

3. Danau di Atas Awan yang Kepopulerannya Gak Usah Diragukan, Apalagi Kalau Bukan Danau Ranu Kumbolo!

Ranukumbolo Foto Dari @baperman_

Danau Ranu Kumbolo. Siapa yang tidak kenal danau ini. Siapa pendaki yang tidak mungkin mampir ke tempat ini entah sekedar selfie atau bermalam. Ya itulah danau Ranukumbolo; selalu menjadi incaran setiap mata yang memandang; menjadi tempat persinggahan saat mendaki maupun saat turun dari puncak Semeru.

Danau ini berada di balik gagahnya Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Danau Ranukumbolo bersembunyi di Pegunungan Tengger dengan luas danau yang mencapai 15 hektar pada ketinggian sekitar 2390 mdpl.

Danau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini menawarkan pesona sunrise yang menawan.

4. Masih Di Sekitar Kawasan Gunung Semeru Juga Ada Danau Lain Loh. Mungkin Gak Sepopuler Ranukumbolo, Tapi Danau Di Atas Awan Tetap Saja Indah dan Kamu Wajib Mampir. Namanya Danau Ranu Regulo

Ranu Regulo Foto Dari @adventureideas

Mungkin Danau Ranu Regulo tidak sepopuler Danau Ranukumbolo, tapi danau di atas awan ini tetap patut kamu sambangi. Danau ini berada tidak jauh dari Desa Ranu Pani. Gerbang menuju puncak Gunung Semeru.

Danau Ranu Regulo sepertinya memang sudah dipersiapkan sebagai tempat peristirahatan para pendaki. Buktinya di sekitar kawasan danau sudah disiapkan fasilitas penginapan tapi kalau niatnya mendaki pasti pada bawa tenda dong, so gak usah repot-repot buang uang untuk nyewa penginapan deh. Lagian akan terasa lebih syahdu jika berada tepat di tepi danau ini.

Danau ini juga sangat cocok buat kamu yang gak ingin muncak tapi sekedar camping di tengah sunyinya alam. Daripada desak-desakan di Danau Ranukumbolo mending kamu ke Ranu Regulo aja karena suasana danau yang masih sangat sepi. Lagian untuk mencapai lokasi danau ini juga kamu gak perlu treking berjam-jam kok guys. So tunggu apalagi?

5. Masih di Ranu Pani. Kamu Pun Bisa Menemui Danau Cantik Lainnya. Ya, Danau Ranu Pani!

Danau Ranu Pani Foto Dari @cece_chaann

Seperti namanya, danau ini berada di Desa Ranu Pani tepat di kaki Gunung Semeru yang gagah. Meski gak sepopulr Danau Ranukumbolo, danau ini tak sedikit menarik perhatian para pendaki. Danau yang menyajikan pemandangan alam nan hijau seluas 1 hektar ini berada pada ketinggian 2162 mdpl. Woooow! Gak hanya keberadaannya yang benar-benar di atas awan, pemandangan dari danau ini pun ciamik banget karena saat berada di danau ini kamu juga bisa menikmati samar pesona Gunung Semeru loh.

6. Beralih Ke Jawa Tengah, Juga Ada Danau yang Tak Kalah Cantik: Danau Telaga Warna

Telaga Warna Foto Dari @mataayip

Telaga Warna di Dieng adalah objek wisata sejuta umat. Ayolah siapa sih yang gak pernah mengunjungi indahnya Telaga Warna yang berada di Dataran Tinggi Dieng ini? Selain letaknya yang benar-benar di atas awan, air di telaga ini juga menjadi daya tarik lain bagi pengunjung. Pasalnya air di telaga ini sering mengalami perubahan warna loh guys.

Terkadang air di telaga ini berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Duuuh, masa sih? Cek sendiri aja deh! Waktu terbaik untuk mengunjungi telaga yang berada di ketinggian 2000 mdpl ini adalah pada pagi atau siang hari guys. Karena pada sore hari telaga akan tertutup kabut. Jadi gak akan menikmati pesona dengan maksimal. Daripada baper masal, mending kamu datangnya pas pagi atau siang hari aja yak.

7. Jauh-Jauh Ke Jambi Lalu Muncak di Kerinci Tapi Gak Ke Danau Gunung Tujuh? Hello!

Danau Gunung Tujuh Foto Dari @qiqieriskisaud

Danau Gunung Tujuh adalah danau yang sangat indah nan eksotis. Bersembunyi di balik kegagahan Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh, danau ini disebut-sebut sebagai salah satu danau tertinggi di Indonesia. Terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci.

Danau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO loh. Bagi pendaki yang pernah menyusuri indahnya Gunung Kerinci, pasti tidak asing lagi dengan Danau gunung Tujuh ini.

Ok, danau ini bisa jadi pilihan utama buat kamu yang belum kuat mendaki Gunung Kerinci. Kamu bisa nyicil mendaki ke Danau Gunung Tujuh. Akses menuju Danau Gunung Tujuh yang berada di ketinggian 1. 950 meter dpl ini sama persis dengan jalur pendakian menuju Gunung Kerinci jadi dijamin gak akan ribet. Kamu bakal bertemu banyak pendaki kok. Jangan lupa bawa tenda dan bekal ya.

8. Masih Bersembunyi di Gunung Kerinci Juga Ada Danau Kaco yang Tak Kalah Ciamik

Danau Kaco Foto Dari @khincai_punya

Danau yang juga bersembunyi di balik kegagahan Gunung Kerinci ini unik banget loh guys. Jadi konon danau ini bisa bercahaya pada malam hari. Duh, iya gak sih? Ok, Danau Kaco terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci. Danai ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dan termasuk salat satu warisan UNESCO. Kayanya emang kece banget deh.

Akses menuju lokasi danau dari Kota Jambi, kamu tinggal memacu kendaraanmu ke Sungai Penuh yang berjarak sekitar 500 km dengan waktu tempuh sekitar 10 jam perjalanan. Selanjutnya, kamu langsung menuju Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua karena kondisi jalan raya yang sudah sangat ketceh.

Ok, di kawasan Danau Kaco belum ada fasilitas apapun guys, jadi sangat perlu kamu perhatikan ya. Bawa bekal dan peralatan yang kamu butuhkan selama perjalanan. Kamu juga bisa kok menginap di sekitar kawasan danau. Bawa saja tendamu. Kalau kamu bingung untuk menuju lokasi danau, kamu bisa kok meminta bantuan warga sekitar untuk mengantarmu. Ok?

9. Di Ketinggian Sekitar 2072 mdpl di Hutan Gunung Masurai Kamu Juga Akan Berjumpa Danau Kumbang

Danau Kumbang Foto Dari @satria_ijonk

Danau Kumbang terletak di Gunung Masurai Jambi. Dari Danau Kumbang kamu bisa melihat keindahan alam hutan hujan Sumatra dan gagahnya Gunung Kerinci. Nah, untuk sampai ke danau ini kamu harus berjuang dikit guys. Sesuai namanya, danau ini bersembunyi tidak jauh dari Gunung Masurai. Jadi, kamu harus agak trecking gitu. Danau Kumbang  adalah salah satu danau tertinggi di Indonesia loh. Wow makin tertantang nih!

Danau Kumbang berada di ketinggian 2.469 mdpl jadi ya udah kaya naik gunung gitulah. Ok, untuk mencapai Danau Kumbang dari Kota Jambi, kamu harus ke Kota Bangko di Kabupaten Merangin lalu pacu kendaraanmu menuju Desa Sungai Lalang, Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin. Nah di desa ini petualanganmu mencari danau di mulai.

Sekitar 5 jam pendakian, kamu dijamin akan terpana melihat kemolekan danau ini. Pokoknya ketceh abis guys. Mungkin gak ada salahnya kamu menggelar tenda di sekitar danau. Duh, ajak adek ke Danau Kumbang Bang!

10. Papua Punya Danau Habema. Mau Melihat Salju? Gak Ada Salahnya Mampir Sini

Danau Habema Foto Dari @marischkaprue

Berada di tengah lembah yang sangat indah di Pegunungan Trikora, Papua. Danau ini berada di ketinggian 3321 meter di atas permukaan laut. Danau ini sering menjadi tempat peristirahatan bagi para pendaki yang ingin mendaki puncak Trikora. Dengan dikelilingi vegetasi alam pegunungan berupa anggrek dan apabila cuaca cerah anda dapat melihat gagahnya puncak Trikora. Letaknya tepat di kaki Gunung Trikora Kabupaten Jayawijaya, Papua dan berada di ketinggian lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut. Danau ini adalah danau yang sangat dihormati oleh Masyarakat Dani dan dianggap sebagai tempat keramat so jaga kelakuanmu saat berkunjung yak.

Danau ini berada dalam kawasan Taman Nasional Lorenz Papua dengan luas area danau yang mencapai  224,35 hektar. Saat berkunjung dan tentunya jika kamu beruntung kamu akan menemukan pemandangan sekitar danau yang berhiaskan salju.

Tidak heran deh kalau banyak pendaki Pegunungan Jayawijaya dan Cartenz mampir minum kopi sebentar di danau ini sebelum melanjutkan pendakian. Danau ini berjarak sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan roda dua dari Kota Wamena. Tentunya dengan kondisi jalan yang sangat-sangat menguji adrenalin.

Tidak hanya menikmati danau yang tenang dan menawan, kamu juga akan dihibur oleh puluhan spesies burung endemik dan tentunya Burung Cenderawasih yang selama ini hanya kamu lihat di buku mata pelajaran IPS.

Untuk mencapai danau, yang jelas kamu harus hiking dari gerbang checkpoint sekitar 1 jam perjalanan melintasi tanah berlumpur yang menyita tenaga. Berbeda dengan wisata lain di Papua yang kebanyakan berupa pulau dan pantai dengan udara panas membakar, suhu di Danau Habema bisa mencapai 7-8 derajat celcius. Ya iyalah kan letaknya di kaki gunung so jangan pakai baju tipis atau celana gemes yak guys.

11. Gak Hanya Danau Habema, Kamu Juga Akan Terbius Sama Pesona Danau Tigi

Danau Tigi Foto Dari @dr_alfan

Masih di Papua dan tentunya di kawasan pegunungan juga ada Danau Tigi yang berada di ketinggian sekitar 1948 mdpl. Berada di Kabupaten Paniai Papua, danau ini mirip dengan Danau Toba di Sumatera yang memiliki pulau kecil di tengah-tengah danau. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 150 meter. Danau yang berada di kawasan pegunungan Diai ini sangat cocok buat kamu yang ingin camping di alam bebas.

Gak hanya camping, di danau ini kamu juga bisa memancing dan berkiling danau dengan menyewa perahu yang bertebaran disekitar danau. Gak hanya itu danau ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas loh seperti seperti pos jaga, pemandu wisata, dan pondok wisata, persewaan peralatan memancing, dan warung-warung kecil. Kok lengkap banget sih?

12. Danau Di atas Awan Terakhir Masih dari Papua. Namanya Danau Anggi Gigi

Danau Anggi Giji via www.panoramio.com

Danau Anggi Gigi berada di Pegunungan Arfak dengan ketinggian sekitar 1.953 meter di atas permukaan laut. Suhu udara disekitar danau berkisar antara 8-20 derajat celcius guys. Hal menarik dari danau ini adalah pemandangan alam berupa perbukitan yang memesona.

Perlu kamu tahu ya guys, danau ini masuk dalam kawasan cagar alam Pegunungan Arfak dengan luas mencapai 68.325 hektar dan ketinggian mencapai 2940 meter di atas permukaan laut. Cagar alam pegunungan Arfak berada di Kabupaten Manokwari, Propinsi Papua Barat. Catet tuh guys. Kali aja ada rejeki mampir di mari.

Hai para pendaki, gimana nih 12 danau atas awan di atas? Udah siap packing, kah? Ok deh. Jangan lupa untuk selalu dan selalu menjaga kebersihan ya. Salam lestari!

(Featured Image by @baperman_)

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Malang: Pantai Ngledakan Ciut
Leuwi Tonjong: Pesona Wisata Baru di Garut yang Sungguh Instagramable
Kenalkan, Bukit Cendana Wisata Baru di Kulonprogo, Jogja