Event Jalamuda: Nyastro Pinggir Segoro

Ngadem.com – Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, Komunitas Ngopinyastro Yogyakarta bekerjasama dengan Garis Depan Generasi Muda Parangtritis (Garda Gempa), Mancingan, Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, akan mengadakan acara seni pertunjukan dengan tema “JALAMUDA; Nyastro Pinggir Segoro”. Acara tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2016 mulai pukul 19.00 WIB. Pelataran Ikon “PANTAI PARANGTRITIS” akan dijadikan sebagai panggung acara tersebut. Komunitas Ngopinyastro dan Garda Gempa juga mengundang komunitas-komunitas seni di Yogyakarta sebagai pengisi acara.

Untuk membangkitkan lagi semangat kepemudaan dalam rangka hari sumpah pemuda, representasi dari acara “JALAMUDA” semoga dapat memberi motivasi bagi pemuda khususnya pemuda desa Parangtritis dan sekitarnya untuk mengembangkan kreativitas dan inovasinya. Acara tersebut juga bertujuan untuk mendekatkan seni kepada pemuda dan masyarakat umum. Pantai Parangtritis sebagai objek wisata yang selalu ramai di Yogyakarta menjadi tempat yang tepat untuk mendekatkan seni ke masyarakat. Tentu saja acara tersebut juga memberi timbal balik dari segi promosi wisata kepada pihak terkait.

Seni yang akan ditampilkan bukan hanya seni pertunjukan biasa, melainkan kolaborasi dari seni sastra, teater, musik, rupa, dan lain-lain. Diharapkan dari acara tersebut dapat memberi pengetahuan baru bagi masyarakat Parangtritis dan wisatawan tentang perkembangan seni dan komunitas seni. Pasalnya, perkembangan seni dan komunitas seni di Yogyakarta saat ini lebih cenderung terfokus di pusat kota.

“JALAMUDA” akan menampilkan pembacaan puisi dari Studio Pertunjukan Sastra (Yogya), pembacaan cerpen dari Teater Seriboe Djendela (Universitas Sanata Dharma), Perform Art dari Pejalan Bergerak, dan penampilan musik puisi dari KMSI (Universitas Negeri Yogyakarta), Rastabil, Gemintang Kirana, Orkes Ngopicerdas.

Acara tersebut juga akan memberi ruang bagi masyarakat umum untuk berpartisipasi mengisi acara dengan diadakannya sesi “Panggung Bebas”. Panggung bebas merupakan ciri khas dalam setiap acara yang diadakan Komunitas Ngopinyastro, tujuannya untuk menyatukan seni dan masyarakat umum dengan cara memberi ruang bagi masyarakat untuk berekspresi di panggung bebas. Komunitas Ngopinyatro dan Garda Gempa juga mengundang bagi penggiat seni di sekitar Yogyakarta untuk berpartisipasi dan berkontribusi menyukseskan acara.

Koordinator acara:

  • Alamat : Mancingan, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta
  • Surya Wijaya : 085729189353
  • Garda Gempa

Follow Ngopinyastro: Facebook, Instagram, Twitter