Film Negeri Van Oranje Akan Membuatmu Sadar: Persahabatan yang Sehat Datang dari Niat yang Baik

Ngadem.com – Hello Cantik. Btw, udah Nonton Film Negeri Van Oranje belum? Daripada bingung libur tahun baru mau kemana, mending nonton film ini aja gih. Dijamin seru, apalagi kalau nontonnya rame-rame bareng temen, atau boleh juga sama pacar.

Film Negeri Van Oranje yang diadaptasi dari sebuah buku dengan judul sama ini, bukan cuma memiliki cerita cinta romantis yang ngegemesin, tapi juga memiliki cerita persahabatan yang super seru dan nyenengin. Film yang mengisahkan tentang 5 sahabat yang kuliah S2 di Negeri Tulip ini dibintangi oleh Tatjana Saphira (Lintang), Abimana Aryasatya (Wicak) Chico Jericho (Geri), Arifin C. Putra (Banjar), dan Ge Pamungkas (Daus). Nah, berikut ini 5 pelajaran tentang persahabatan yang bisa dipetik dari film Negeri Van Oranje.

1. Sahabat sebenarnya bisa didapat di mana saja

Film Negeri Van Oranje via google image

Cerita persahabatan Lintang, Daus, Banjar, Wicak, dan Geri, bermula ketika kelimanya secara tak sengaja bertemu di Amersfoort, Utrecht, tepatnya di stasiun kereta api. Saat itu mereka sedang sama-sama menunggu kereta yang delay karena badai yang tak juga usai. Sebagai sesama orang Indonesia, mereka akhirnya saling berkenalan dan berbincang panjang. Dari sinilah persahabatan mereka berlima dimulai yang kemudian diberi nama genk Agaban.

Bercermin dari cerita di atas, kalau sedang menunggu sesuatu, apalagi di negeri orang atau tempat baru, tidak ada salahnya menjalin pertemanan dengan orang-orang baru, siapa tahu perkenalan tersebut bisa berujung persahabatan seperti persahabatan Lintang, Daus, Banjar, Wicak, dan Geri dalam film Negeri Van Oranje.

2. Selalu sempatkan kumpul bareng

Film Negeri Van Oranje via www.bintang.com

Meskipun Lintang kuliah di Leiden, Banjar kuliah di Rotterdam, Daus kuliah di Utrecht, Wicak kuliah di Wageningen, dan Geri kuliah di Den Haag, mereka berlima selalu menyempatkan diri untuk berkumpul bersama, dari via Skype sampai hangout atau piknik bersama mengelilingi taman bunga tulip. Oleh karena itulah, persahabatan mereka berlima tetap terjalin erat meskipun tinggal di kota yang berbeda-beda dan dengan kesibukan yang juga berbeda-beda.

3. Saling Memberi Semangat dan Memberi Perhatian

Negeri Van Oranje via www.trentekno.com

Saat Lintang sedang galau-galaunya karena putus cinta, Lintang tetiba menjadi sulit dihubungi, tetiba menghilang dari genk Agaban. Geri yang khawatir, langsung datang ke rumah Lintang untuk mencari tahu keondisinya, apakah baik-baik saja atau tidak. Sesampainya di rumah Lintang, tanpa bertanya apapun, Geri mencoba menghibur dan memberi semangat pada Lintang. Begitu juga dengan Banjar, Wicak, dan Daus, merekapun langsung memberi semangat pada Lintang agar tidak terus-terusan larut dalam kesedihan dan kegalauan. Begitulah, kadang saat sedih, yang kita butuhkan hanya tempat yang menenangkan dan nyaman, bukan diberondong dengan pertanyaan-pertanyaan.

4. Saling Menerima apa adanya

Negeri Van Oranje via www.muvila.com

Lintang, Daus, Banjar, Wicak, dan Geri, memang memiliki latar belakang yang berbeda, baik dari segi agama, ekonomi, dan sosial budaya. Lintang dan Geri yang hidupnya serba bekercukupan, Daus yang berpropesi sebagai PNS, Banjar yang bekerja partime untuk bertahan hidup di salah satu restoran Indonesia di Belanda, dan Wicak yang selalu hidup sederhana dan seorang aktivis lingkungan. Meski latar belakang berbeda, bagi mereka berlima tidak pernah jadi masalah. Karena persahabatan sejati tak pernah membutuhkan alasan. Contoh lainnya yaitu Geri yang merupakan homoseksual, mereka tak langsung menghakimi atau bahkan menjauhi Geri. Mereka tetap mau mau mendengarkan penjelasan Geri dan mau menerima Geri apa adanya.

5. Saling Membantu Tanpa Pamrih

Negeri Van Oranje via m.detik.com

Punya kelebihan itu jangan dipendam, manfaatkan, dan sebar ke orang-orang. Contohnya, Geri yang kaya raya, dia tidak pelit dan tidak pernah sungkan buat mentraktir teman-temannya. Atau Lintang dan Wicak yang sengaja datang ke Bandara pagi-pagi untuk menjemput mahasiswa baru yang merupakan adik kelasnya dan menjadi pemandunya seharian. Ada juga Daus yang super pintar dan mau membantu mengajari Lintang dibidang akademik agar kuliah Lintang semakin lancar. Berbagi itu sama artinya dengan peduli, begitulah moto yang dipegang mereka berlima.

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Pesona Wisata Baru Cianjur, Curug Luhur yang Sangat Tersembunyi
Bogor Lantai Dua: Rumah Pohon Curug Ciherang Kece Buat Foto-Foto
Pesona Bukit Seribu Bintang (BSB): Tempat Wisata Baru di Kuningan