Gardu Pandang Bukit Ternadi: Wisata Baru Menikmati Pesona Kudus Dari Ketinggian

Ngadem.com – Tempat wisata di Jawa Tengah yang sering dikunjungi wisatawan lebih didominasi kota-kota besar, seperti Jogja, Semarang dan Wonosobo. Selain gencar melakukan promosi, ketiga kota tersebut juga sering melahirkan tempat wisata baru. Meski demikian, jangan salah kira kalau kota-kota yang mengelilingi ketiga kota tersebut tak memiliki potensi wisata. Sebut saja Magelang, Purbalingga dan Boyolali yang beberapa waktu belakangan sering muncul wisata baru.

Masih di Jawa tengah, kali ini kami akan mengenalkanmu pada salah satu tempat wisata baru di Kudus bernama Gardu Pandang Bukit Ternadi yang terletak di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Pesona Gardu Pandang Bukit Ternadi mampu membuatmu lebih cinta pada wisata Indonesia. Keindahan serta suasana alammnya juga akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

Apa yang menarik dari Gardu Pandang Bukit Ternadi?

Foto dari @irul_anwarragil

Meski masih tergolong wisata baru, Gardu Pandang Bukit Ternadi sudah mampu menyedot antusias wisatawan. Karena keindahan serta suasanya yang menenangkan membuat wisata ini ramai saat akhir pekan. Hal menarik dari Gardu Pandang Bukit Ternadi adalah kamu bisa melihat hamparan pepohonan hijau yang berpadu dengan birunya langit alam kota Kudus. Bahkan kamu bisa melihat Waduk Logung dari sini. Dijamin, berada di Gardu Pandang Bukit Ternadi akan menyembuhkan segala luka dan lelahmu. Oh ya, objek unggulan dari wisata ini adalah spot foto yang sungguh Instagramable. Jadi, kalau kamu kebetulan ada di Kudus dan ingin menambah koleksi foto jalan-jalanmu, cobalah ke sini.

Karena belum diresmikan oleh pemda setempat, fasilitas yang ada di Gardu Pandang Bukit Ternadi belum begitu lengkap. Saat ini, kamu hanya akan melihat area parkir, gardu pandang dan beberapa warung kecil. Meski demikian, tak menyurutkan keindahan yang ditawarkan Gardu Pandang Bukit Ternadi.


Baca Juga:

Bukan Rokok Kretek Aja yang Ada di Kudus. Nih, Telusuri 7 Tempat Wisatanya yang Bisa Buatmu Bahagia

Bukit Ragas: Danau Kelimutunya Jepara yang Sungguh Instagramable


Akses untuk menuju Gardu Pandang Bukit Ternadi terbilang menantang. Beberapa meter sebelum sampai lokasi, kamu akan diajak naik turun bukit dan melewati rimbun pepohonan. Jalannya masih berbatu dan belum ada penerangan yang cukup. Saran kami, datanglah pagi hari. Untuk tiket masuk Gardu Pandang Bukit Ternadi belum ditetapkan mengingat wisata ini masih terus dikembangkan. Kalau kamu tahu harga tiket terbaru, share di kolom komentar ya!

Nah, kalau kamu mau ke sini bisa langsung ke Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Karena lokasinya belum ada di GPS, kamu harus bertanya pada warga sekitar lokasi Gardu Pandang Bukit Ternadi. Tenang saja, warga Desa Ternadi ramah-ramah, kok. Atau kamu bisa menghubungi salah satu pengurus Bukit Ternadi di sini.

Btw, tetap jaga kebersihan dan sikap ya! Keep safe and be wise travelers, guys!

(Foto featured dari @misbah.munir.69)

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.