Gunung Batu Jonggol: Wisata Hiking Asik di Bogor

Ngadem.com – Bogor. Sebuah kabupaten yang terkenal dengan sebutan kota hujan ini selalu menarik untuk dijadikan destinasi wisata ketika liburan. Hawanya sejuknya memang selalu dirindukan para wisatawan. Banyak obyek wisata Bogor diburu para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan. Dan yang paling sering adalah obyek wisata Puncak. Ya, saat akhir pekan atau libur panjang, Puncak selalu ramai dipenuhi para wisatawan. Bahkan tak jarang lalu lintas menuju Puncak macet total. Tapi, bukan obyek wisata Puncak yang akan Ngadem.com bahas. Karena terlalu mainstream, Ngadem.com tertarik membahas salah satu obyek wisata yang berada di kawasan Jonggol, Gunung Batu namanya.

Jonggol adalah salah satu kecamatan di kabupaten Bogor. Bicara soal Jonggol, mungkin nama Jonggol masih cukup asing di telinga teman-teman khususnya para wisatawan. Meski demikian, keindahan obyek wisatanya patut untuk diperhitungankan. Jadi, buat kamu yang ingin mencari suasana berbeda di Bogor, cobalah berkunjung ke kawasan Jonggol.

Gunung Batu memiliki ketinggian sekitar 875 mdpl. Puncaknya yang tidak terlalu tinggi membuat gunung Batu ini cocok untuk para pendaki pemula, bahkan dalam waktu kurang dari 45 menit kamu sudah bisa mencapai titik puncak. Medannya pun tidak terlalu sulit, jadi bisa dengan mudah juga untuk sampai ke titik puncak. So, hiking ke Gunung Batu dijamin  nggak bakal bikin fisik kamu lesu.

Tiket Masuk?

Untuk bisa menikmati pesona Gunung Batu, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 sudah termasuk biaya parkir. Kamu juga sudah bisa mencicipi hawa sejuk dan landscape epic yang ditawarkan Gunung Batu. Bukan hanya itu, kamu pun bisa camping di sini.

Akses dan Rute Menuju Gunung Batu?

Untuk mencapai puncak, kamu harus melewati jalan setapak (lebar 2 meter) terlebih dahulu. Jalan yang sempit membuat para pendaki harus mengantri. Alasan tersebutlah yang membuat para pendaki terkadang lama untuk bisa mencapai titik puncak. Yang penting tetap jaga keselamatan dan kesehatan fisik ya.

Untuk Rutenya, bila start dari Jakarta,  kamu bisa langsung tancap gas menuju Cileungsi tancap gas terus sampai memasuki kawasan Jonggol. Sesampainya di Jonggol, lanjutkan lagi perjalananmu sampai tiba di Mengker, dan tibalah di kawasan obyek wisata Gunung Batu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa tengok google map atau GPS aja yah…

Hal-hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Gunung Batu.

[list icon=”fa-check”]

  • Camping ceria sembari menikmati pesona Gunung Batu yang sungguh surga dunia. Terlebih saat malam maupun pagi hari. Jika langit tak mendung, kamu bisa menikmati langit malam bertabur bintang dan sunrise yang menawan saat fajar datang.
  • Buat kamu yang suka selfie atau fotografi, Gunung Batu menawarkan landscape yang tak kalah epic dengan gunung-gunung lainnya di indonesia. So, silahkan foto-foto.
  • Mendapatkan teman baru sesama pecinta traveling dan hikking. Hal ini tentu akan menambah keseruan pendakianmu.
  • Buat kamu yang lagi galau mendaki adalah salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh, hati dan pikiran kembali segar. So, relaksasikanlah dirimu. Jangan buang-buang waktumu untuk menggalau. Ayo bersenang-senanglah.
  • Hal paling seru dari sekian keseruan yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kelestarian dan kebersihan kawasan gunung. Pliss, jangan buang sampah sembarang. Sayangilah alam sekitar.

[/list]

Tips Mendaki ke Gunung Batu

[list icon=”fa-check”]

  • Sebelum mendaki, alangkah baiknya kamu cek dulu kesehatan tubuhmu. Pastikan kondisi tubuhmu benar-benar dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.
  • Mendaki pasti membuat tubuhmu cepat lelah, maka dari itu jangan lupa bawa bekal secukupnya seperti minuman, cemilan atau makanan. Jangan lupa juga bawa jaket atau baju hangat.
  • Buat kamu yang ingin foto-foto, pastikan kondisi batre ponsel dan batre kameramu dalam keadaan full. Bila perlu bawa powerbank.
  • Gunakanlah alas kaki sandal atau sepatu gunung yang pas dengan ukuran kakimu. Alas kaki yang kesempitan atau kebesaran takutnya membahayakan dirimu.
  • Pastikan segala perlengkapan pendakian ada di dalam tas. Dan kalau bisa gunakanlah tas anti air, buat jaga-jaga saja takutnya turun hujan. Bicara soal hujan, jangan lupa juga bawa mantol atau jas hujan.

[/list]

Oke, itulah sedikit informasi mengenai obyek wisata Gunung Batu Jonggol  dan tips-tipsnya.  Semoga bermanfaat. Ingat, utamakan keselamatan. Selamat hikking teman-teman.

(Foto featured dari @@xaverius_endro)

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Malang: Pantai Ngledakan Ciut
Leuwi Tonjong: Pesona Wisata Baru di Garut yang Sungguh Instagramable
Kenalkan, Bukit Cendana Wisata Baru di Kulonprogo, Jogja