Hai Perindu Sunrise, Cobalah ke Gunung Telomoyo. Ada Pesona Sunrise yang Tak Kalah Epic dari Punthuk Setumbu

Ngadem.com – Di antara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, terdapat sebuah spot kece nan hits untuk melihat matahari terbit. Spot yang tak kalah epic dari Punthuk Setumbu atau Bukit Rhema ini rasanya sayang sekali bila tak kamu kunjungi saat jalan-jalan ke Jawa Tengah. Namanya Gunung Telomoyo, atau biasa warga sekitar menyebutnya Gunung Pemancar.

Memiliki ketinggian 1.894mdpl, Gunung Telomoyo masih termasuk gunung cekak dan sepanjang sejarah belum pernah meletus. Suasana yang asri dengan lanskap Gunung Andong, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran akan membuatmu percaya bahwa Indonesia luar biasa indah.

Ekstrim! Bukit Telomoyo foto dari @ahkaspp .

Berbeda dengan gunung-gunung lain, di Telomoyo kamu tak harus bercapek-capek ria untuk mendaki dan melihat pesona sunrise-nya. Untuk sampai puncak, kamu bisa menggunakan motor atau mobil dengan waktu tempuh satu jam saja dari pintu pos.

Akses jalannya pun lumayan mudah, tak sesulit saat kamu mendaki gunung-gunung besar di Jawa Tengah. Di sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan suasana alam yang mendamaikan -dan paling tidak bisa jadi penawar letihmu. Ada juga sebuah curug tak bernama yang bisa kamu ajak selfie atau isntirahat. Nah, saat sampai di puncak, kamu akan melihat banyak sekali tower dan pemancar yang tentu saja masih beroperasi hingga kini. Itulah mengapa warga sekitar lebih suka menyebutnya Gunung Pemancar ketimbang Gunung Telomoyo.


Baca juga:

10 Wisata Magelang Yang Membuatmu Yakin Jawa Tengah Itu Keren!

Kalau Kamu ke Semarang, 11 Tempat Wisata Hits Ini Jangan Sampai Lolos Dari Listmu Ya…

Wisata Ke Gunung Andong Magelang: Hiking Asik Tanpa Bikin Pening


Rute menuju Gunung Telomoyo juga tak terlalu sulit. Bila dari Magelang, kamu langsung ke arah Pasar Ngablak, sekitar 2 km ada pertigaan, belok kiri ikuti arah Dalangan. Nah, sekitar 3 kilo-an, kamu akan melihat pertigaan, langsung ambil kiri. Lurus terus sekitar 1.5 km sampai kamu melihat jalan kecil di kanan jalan. Ada papan informasi ke arah Stasiun Pemancar. Itulah jalan satu-satunya menuju Puncak Telomoyo. Atau kamu bisa langsung gunakan Google Maps di ponselmu; search Gunung Telomoyo.

Oh ya, agar makin sip, hal yang harus kamu siapkan bila ingin ke Gunung Telomoyo antara lain: fisik yang prima, bensin, bekal, jaket, kamera, foto mantan dan setangkup rindu pada sunrise untuk dipecakahkan!

(Foto featured dari @totohandoko)

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Pesona Wisata Baru Cianjur, Curug Luhur yang Sangat Tersembunyi
Bogor Lantai Dua: Rumah Pohon Curug Ciherang Kece Buat Foto-Foto
Pesona Bukit Seribu Bintang (BSB): Tempat Wisata Baru di Kuningan