Hay Pendaki, Setelah Menjelajah Banyak Gunung Harusnya 7 Sifat Ini Sudah Ada Dalam Dirimu

Ngadem.com – Dalam dua atau tiga tahun ini tiba-tiba jadi banyak banget orang yang berlomba-lomba mendaki gunung. Tapi sebenarnya kegiatan mendaki gunung udah ada dari dulu sih. Buktinya pas jaman Soe Hok Gie kuliah doi udah sering menghabiskan akhir pekannya di puncak gunung.

Tapi entah kenapa, akhir-akhir ini mendaki gunung menjadi aktifitas yang kece aja. Mendaki seolah-olah menjadi bagian dari gaya hidup anak-anak muda modern. Bahkan mungkin bisa jadi ukuran sejauh mana sih anak muda ini kece bisa dilihat dari berapa banyak postingan foto doi pas lagi di puncak gunung baik di Instagram atau pun fbnya. Iya gak sih?

Asumsi ini bisa saja salah sih tapi bagaimana pun cara kita melihat fenomena banyaknya orang melakukan kegiatan mendaki gunung ini harapannya sih setelah mendaki, kamu bisa menjadi orang yang berbeda. Laaah, beda gimana sih? Yuk cek aja rangkuman Ngadem.com di bawah ini.

1. Kamu Mestinya jadi Lebih Care sama Kebersihan karena Gunung Memberitahumu Bagaimana Kebersihan Telah Membawa Banyak Kenyamanan Bagi Setiap Mata yang Melihat

alignment 10 px margin Ads7 :
Gunung Mengajarkanmu Bahwa Bersih Itu Menentramkan Foto Dari @pejalanresah

Untuk bisa menjadi seseorang yang care atau peduli dengan kebersihan sebenarnya gak perlu repot-repot mendaki gunung sih karena berada di lingkungan atau rumah yang bersih adalah kebutuhan semua orang. Tapi mengingat kamu sudah pernah berada di puncak gunung lalu menyaksikan bagaimana alam bebas yang begitu bersih ternyata sangat mengagumkan paling gak telah meningkatkan standar akan kebersihan dong. Nah disitulah seharusnya kamu menjadi pribadi yang lebih care sama kebersihan.

Mungkin bisa kamu mulai dari kebersihan tubuhmu atau yang lebih dari itu kebersihan rumah dan bahkan yang lebih luas lagi kebersihan lingkungan tempat tinggalmu. Iya gak sih? Atau yang lebih kece lagi adalah dengan tidak mengubah gunung yang bersih menjadi tempat yang kotor dan tidak enak dipandang.

2. Kamu Mestinya jadi Lebih Care sama Isu-Isu Kerusakan Lingkungan

Alam Pegunungan yang Indah Ini Jangan Sampe Rusak ya.. Foto Dari @bebbomoor

Perjalanan dalam pendakian menuju puncak bisa sangat membius. Udara segar yang kamu hirup tentunya juga membuatmu tersadar bahwa alam bebas yang indah dan terawat adalah anugerah yang maha dahsyat.

Lalu kamu kemudian akan menjadi takut kalau suatu saat anak cucumu kesulitan menghirup udara segar atau menikmati air bersih? Kamu takut kalau suatu saat di masa depan tidak ada gunung yang bisa didaki karena semuanya sudah rusak dan menjelma menjadi tempat yang tidak nyaman untuk didatangi.

Nah kalau sudah begitu kamu tentunya bakal jadi orang pertama yang geram dengan isu-siu kerusakan lingkungan dong. Pastinya kamu bakalan takut kalau kerusakan-kerusakan lingkungan akan merambah pada persoalan yang lebih besar. Seperti kesadaran untuk tidak membuang sampah ke sungai karena kalau sungai penuh dengan sampah maka akan terjadi banjir saat musim penghujan tiba. Iya gak sih?

3. Kamu Mestinya Lebih Care sama Kesehatan Tubuh karena Beratnya Medan Pendakian Hanya Bisa Ditaklukan oleh Tubuh yang Sehat

Untuk Mendaki Gunung Kamu Harus Sehat Foto Dari @js_khairen

Untuk mendaki gunung kamu tidak hanya menyiapkan uang tapi juga tubuh yang fit. Coba bayangkan kalau udah punya banyak uang tapi gak punya tubuh yang sehat gimana dong?

Setelah mendaki satu gunung kamu pasti paham banget bahwa hanya tubuh yang sehatlah yang bisa dibawa keluar masuk hutan atau mendaki dan menuruni bukit. Gunung dan keindahan yang bersembunyi sudah tentu mengajarkanmu akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Jadi kalau sehat kamu bisa sekali lagi merasakan manisnya melewati malam di tengah dinginnya udara gunung. Ingat hanya tubuh yang sehatlah yang bisa diajak kompromi untuk mendaki gunung.

4. Kamu Mestinya jadi Lebih Care dengan Sesama karena Gunung Selalu Membawamu Pada Pertemuan-Pertemuan yang Menggetarkan

Menghargai Sesama Foto Dari @kabutpagi

Pendakian gunung bersama teman-teman atau pengalaman selama pendakian yang membawamu bertemu dengan orang-orang baru adalah anugerah yang tiada duanya. Tidak hanya sekedar bertemu, tidak sedikit dari kamu yang kemuidan saling menolong satu sama lain dan akhirnya bersahabat atau menjalin hubungan yang lebih dari itu.

Naaah, hal-hal itu sudah tentu bisa meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup bersama. Bagaimana cara menghargai orang lain dan menerima mereka menjadi bagian dari kita sekalipun berbeda dari berbagai hal baik latar belakang pendidikan, suku, agama, jenis kelamin, status sosial atau apapun. Iyakan?

5. Kamu Mestinya Bisa Belajar Menjadi Pribadi yang Lebih Kuat dari Kegagahan Gunung

Jadilah Kuat Seperti Gunung Foto Dari @saynoaja

Mendaki gunung bukanlah perkara mudah. Butuh tenaga dan kondisi tubuh yang tentunya fit. Medan pendakian yang berat atau dinginnya udara gunung yang mesti dilalui selama pendakian tanpa kamu sadari menuntutmu untuk menjadi lebih kuat. Naah, kekuatan itu seharusnya kamu bawa dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu harus kuat menjalani segala yang memang menjadi kewajibanmu. Seperti ketika kamu senantiasa berusaha menuntaskan sebuah pendakian. Hidupmu pun harus tuntas. Hadapi masalah-masalah yang menghadangmu dengan jiwa yang kuat sebagaimana gunung yang selalu gagah berdiri atau sebagaimana gunung mengajarkanmu untuk menjadi kuat agar tiba dalam pelukannya.

6. Kamu Mestinya jadi Pribadi yang Lebih Bersyukur karena Gunung Sekali Lagi Membuka Matamu pada Indahnya Mahakarya Tuhan

Gunung Membuka Matamu pada Mahakarya Tuhan Foto Dari @@anak_bebek

Kamu pernah sangat dekat dengan jantungnya kehidupan. Gunung adalah berkah. Memberi hidup bagi banyak mulut manusia yang mendekam di kakinya. Tidak hanya itu kamu bahkan pernah berada di puncak. Di tempat yang tinggi kalau bisa sih jangan smapai membuatmu tinggi hati.

Puncak-puncak yang pernah kamu pijaki dan dunia di bawah sana yang kecil dan tak berarti seharusnya mengajarkanmu pada rasa syukur yang besar. Bersyukur karena telah diberkahi puncak gunung dengan pemandangannya yang luar biasa. Bersyukur karena telah di beri kekuaan untuk menikmati semua keindahan itu. Semua pengalaman itu seharusnya membuat kamu menjadi pribadi yang jauh lebih bersyukur dari pada siapaun!

7. Kamu Mestinya jadi Pribadi yang Rajin Menabung karena Mendaki Gunung Butuh Modal. Klise Sih, Tapi Seriusan Deh!

Mendaki Butuh Modal Foto Dari @kribojungel

Poin ini sudah seharusnya ada dalam dirimu dong. Setelah mendaki satu gunung kamu pastinya akan ketagihan untuk mendaki gunung-gunung yang lainkan? Dan seperti yang sudah kamu hafal luar kepala, untuk mendaki dibutuhkan modal alias ongkos. So, kamu mestinya rajin menabung karena uang adalah pembuka jalan agar kamu bisa mencicipi lagi manisnya pendakian. Nabungnya yang rajin ya!

Guys semoga ketujuh sikap tadi memang sudah tertanam dalam dirimu ya. Selamat mendaki!

Komentar

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.