Jalan-Jalan di Akhir Pekan ke Bukit Maracah, Gunungkidul

Ngadem.com – Beberapa bulan terakhir, Gunungkidul menjadi primadona baru bagi wisata Yogyakarta. Munculnya banyak wisata hits serta keunikan yang ada, membuat Gunungkidul jadi pilihan utama ketika ingin berlibur. Tempat wisata di Gunungkidul memang lebih didominasi wisata alam. Meski terkenal dengan tanahnya yang gersang, nyatanya Gunungkidul menyimpan banyak surga tersembunyi. Nah, di Padukuhan Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari berdiri sebuah spot baru untuk kamu pengagum alam, namanya adalah Bukit Maracah.

Spot ini sebenarnya masih satu area dengan Pantai Butuh. Jadi kalau kamu ke sini, kamu bisa dapat dua tempat wisata sekaligus! Jadi apa yang menarik dari Bukit Maracah?

Adanya gardu pandang diatas bukit, tentu jadi hal yang ditonjolkan dari Bukit Maracah. Dari sini kamu bisa melihat birunya Samudera Hindia yang berpadu dengan megahnya langit serta awan putih. Bukan hanya pagi dan siang, Bukit Maracah juga sangat epic saat malam hari. Taburan bintang serta kerlip lampu dari perahu nelayan akan membuatmu betah berlama-lama.

Bukit maracah foto dari @herushp

Fasilitas yang disediakan di Bukit Maracah terbilang lengkap, ada toilet, warung, serta area parkir yang cukup luas. Harga tiket masuk Bukit Maracah adalah Rp. 5.000/motor. Terbilang murah untuk ukuran destinasi wisata alam di Gunungkidul. Meski tempat wisata ini masih terbilang baru, tapi akses jalannya sudah cukup baik. Hanya disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Sampai saat ini pengembangan Bukit Maracah masih terus dilakukan.

Kalau kamu mau ke sini, kamu bisa melewati jalur Wonosari atau Panggang. Tapi agar lebih dekat kamu bisa gunakan jalur ke arah Panggang. Nah, dari arah Panggang terus lagi ke arah Pantai Ngenden. Setelah itu, tanya pada warga sekitar di mana letak Bukit Maracah. Atau biar kamu nggak bingung, kamu bisa gunakan GPS atau Google Maps dengan rute Pantai Ngenden.


Baca Juga

Jalan-jalan Sore: Green Village Gedangsari, Gunungkidul

Guys, Udah Tahu Kalo Ternyata Mall Terbesar di Jawa Tengah Ada di Gunungkidul?

Meluruhkan Penat di Pantai Ngitun, Gunungkidul

6 Pantai Baru Untuk Camping di Gunungkidul


Oh ya, pesan kami tetep jaga kebersihan ya. Jangan buang sampah sembarangan dan jangan mengabaikan peraturan yang ada di sekitaran Bukit Maracah. Ingat, ada orang lain di sekitarmu yang juga ingin menikmati keindahan Bukit Maracah. Be wise travelers, guys!

(Foto featured dari @tereskm)

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.