Kenalkan, Bukit Cendana Wisata Baru di Kulonprogo, Jogja

Ngadem.com – Tak pernah lelah tempat wisata baru bertebaran di Jogja. Kota yang penuh kenangan bagi banyak orang ini, terus menumbuhkan wisata baru bagi wisatawan. Bahkan beberapa waktu lalu, Jogja dikejutkan dengan wacana adanya wahana Disney Land di Kulonprogo. Meski baru wacana, setidaknya ini memicu geliat pariwisata di Jogja.

Nah, kalau kamu mau lebih mengeksplore Jogja, khususnya Kulonprogo, kamu akan menemukan keindahan lain dari kawasan perbukitan ini. Yup, kalau biasanya Kulonprogo lebih dikenal dengan Kalibirunya itu, kali ini Ngadem.com akan mengajakmu jalan-jalan ke tempat wisata baru di Kulonprogo bernama Bukit Cendana.

Bukit Cendana terletak di Dusun Tegiri 2, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta. Hanya 1-2 jam perjalanan dari Jogja kota.

Apa yang menarik di Bukit Cendana?

Foto dari @aconk_van_houtten

Hampir mirip dengan Kaliburu, Bukit Cendana menawarkan panorama alam yang berpadu dengan landskap Waduk Sermo. Wisata ini hadir dengan konsep spot foto gardu pandang. Udaranya yang sejuk, suguhan alammnya yang hijau serta lokasinya yang masih sangat sepi bisa membuatmu betah belama-lama di sini. Hal menarik yang bisa kamu lakukan tentu saja duduk bersantai menikmati eloknya kawasan perbukitan Kulonprogo. Kamu bisa banget menjadikan Bukit Cendana sebagai background fotomu. Dijamin, koleksi fotomu akan lebih ciamik!

Karena masih wisata baru, fasilitas yang ada di Bukit Cendana masih terus dikembangkan. Kamu akan melihat area parkir, warung kecil dan tentu saja gardu pandang. Akses ke Bukit Cendana tak begitu sulit. Kamu hanya akan melakukan tracking selama 5-10 menit dari area parkir.


Baca Juga:

40 Tempat Wisata Baru di Jogja

5 Jembatan di Jogja yang Sering Terbidik Tustel

11 Tempat Wisata di Jogja Paling Rekomended Pilihan Ngadem.com

Ngopi Asyik di Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat

Epicnya Gardu Pandang Baru di Kulon Progo: Watu Tekek

Bakso Kelapa Kini Ada di Jogja


Bukit Cendana juga belum diresmikan oleh Pemda setempat sebagai tempat wisata. Mengingat umurnya belum ada 3 bulan dan belum ada pengamanan yang lengkap di gardu pandangnya. Jadi tetap hati-hati ya! Jangan buang sampah sembarang! Tiket masuk Bukit Cendana belum ditetapkan, tapi kamu harus bayar parkir Rp. 2.000/motor.

Nah, kalau ingin ke Bukit Cendana kamu bisa langsung datang ke Dusun Tegiri 2, Hargowilis, Kokap. Lokasinya tak begitu jauh dari kawasan Waduk Sermo dan kawasan wisata alam Kalibiru. Kalau bingung kamu bisa gunakan Google Maps dengan kordinat -7.812616, 110.095472

Bukit Cendana terbilang asyik untuk kamu kujungi saat akhir pekan. Datanglah bersama kawan dan kekasih agar perjalananmu lebih menyenangkan. Oh ya, waktu terbaik berada di Bukit Cendana adalah pagi dan sore hari. Btw, stay safe and clean, guys!

(Foto featured dari @dimas.hy)

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.