Leuwi Tonjong: Pesona Wisata Baru di Garut yang Sungguh Instagramable

Ngadem.com – Garut merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang sebagian besar wilayahnya dikelilingi pegunungan. Tak heran bila udara di Garut sangat sejuk; membuat siapa saja yang berada di sini pasti merasa tenang dan damai. Garut juga memiliki makanan khas yaitu Dodol Garut. Kepopuleran Dodol Garut sudah menyebar keseluruhan pelosok Nusantara, bahkan mancanegara.

Selain dodolnya, Garut juga menyimpan banyak surga wisata tersembunyi. Beberapa waktu lalu muncul wisata baru di Garut bernama Leuwi Jurig, dan kini muncul lagi bernama Leuwi Tonjong. Nama Leuwi sendiri diambil dari bahasa sunda yang artinya sungai. Leuwi Tonjong ini merupakan aliran dari sungai Cihurip yang diapit dua tebing setinggi 90-210 m. Lokasi Leuwi Tonjong berada di kawasan kampung Rentog, Ds. Jayamukti, Kec. Cihurip, Kab, Garut, Jawa Barat. Tiket masuknya sebesar Rp15.000.

Hal menarik di Leuwi Tonjong

Foto dari @rickieedollar_

Leuwi Tonjong menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan. Air terjun kecil dan kolam air alami dengan kedalaman yang relatif dangkal merupakan ciri khas dari Leuwi Tonjong. Banyak wisatawan yang berenang atau sekedar bermain air di tempat ini. Viewnya yang instagramble, membuat Leuwi Tonjong ini recommended untuk kamu yang ingin menambah koleksi foto Instagram.

Selain cocok buat spot foto, Leuwi Tonjong juga cocok buat kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama orang-orang terkasih. Udaranya yang sejuk dengan pemandangan sekitar menjadi daya tarik tesendiri dan tentu membuat siapa saja betah untuk berlama-lama di sini. Leuwi Tonjong juga bisa dimanfaatkan untuk aktifitas camping. Fasilitas di Leuwi Tonjong meliputi: Mushola, toilet dan warung makan. Karena tempat wisata ini masih terbilang baru, mohon dimaklumi bila ada fasilitas yang belum memadai. Kalau ke sini, pastikan bawa kemara dan baju ganti ya.


Baca Juga

Garut Punya Wisata Baru Nih. Leuwi Jurig

6 Tempat Wisata Hits di Garut


Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat akses menuju Leuwi Tonjong terbilang cukup sulit. Beberapa kilometer sebelum sampai lokasi kamu akan dibawa menempuh jalanan sempit, berbatu, curam dan menanjak. Saat musim hujan, kondisi jalan menjadi licin dan sedikit mengkhawatirkan. Untuk rutenya, karena Leuwi Tonjong belum masuk GPS, kamu bisa mengabil arah menuju kawasan Desa Jayamukti melalui jalan Raya Garut – Cikajang dengan jarak tempuh sekitar 58,2 KM atau memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Garut. Nah, karena lokasinya yang sedikit membingungkan, setelah sampai di kawasan Desa Jayamukti, kamu bisa bertanya pada warga setempat arah menuju Leuwi Tonjong.

Buat kamu yang mau ke Leuwi Tonjong, pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan full bensin. Pastikan juga saat menuju lokasi cuaca tidak hujan, karena saat hujan kondisi air jadi sedikit keruh dan debit air menjadi lebih besar.

Ingat, jangan buang sampah sembarangan. Tetap lestarikan keindahan alam sekitar. Semoga harimu selalu menyenangkan. Selamat liburan.

(Foto featured dari @rioarisantoso_ )

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.