Malang Punya Wisata Baru Lagi! Namanya Goa Pinus, Cantik Buat Selfie

Ngadem.com – Setiap daerah yang berhawa sejuk selalu erat dengan hutan pinus, begitu pun di Malang. Baru-baru ini muncul wisata baru di Malang bernama Goa Pinus. Goa Pinus sebenarnya sudah lama ada, hanya saja baru beberapa waktu lalu mulai dukembangakan. Goa Pinus sangat recommended buat kamu yang lagi nyari tempat ngadem asyik di Malang.

Goa Pinus terletak di kawasan Jl. Paralayang, Pujon, Batu-Malang, Jawa Timur. Dinamakan Goa Pinus karena terdapat sebuah Goa yang kelilingi oleh hutan Pinus. Goa Pinus memiliki ketinggian 1 meter, jadi para wisatawan harus membungkuk jika ingin masuk ke dalam goa.

Goa Pinus menawarkan pesona alam yang indah nan mendamaikan. Rimbunannya pepohonan dan suguhan alam yang hijau seolah menjadi bius tersendiri bagi para wisatawan yang lelah dengan tugas sekolah atau pekerjaan.

Foto dari @septianto_sanjoyo

Goa Pinus sedikit berbeda dari goa-goa di Malang, selain lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan, Goa kece ini  tak memiliki stalaktit dan stalakmit seperti goa pada umumnya. Awalnya, Goa Pinus merupakan tempat penambangan pasir. Karena sudah  sudah lama ditinggalkan, maka penduduk setempat menyulap tempat ini untuk dijadikan tempat wisata. Selain goa dan hutan pinus, di sini juga ada gardu pandang atau spot selfie dengan landscape yang memukau. Cocoklah buat kamu yang suka foto-foto.

Buat kamu yang penasaran dengan pesona Goa Pinus, bisa langsung meluncur ke kawasan Pujon. Tidak ada tiket masuk alias gratis untuk menikmati wisata kece yang satu ini. Meski gratis, kamu jangan bersikap sesuka kamu ya di tempat ini. Tetap jaga etika dan tetap jaga kebersihan.


Baca Juga:

Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Malang: Pantai Ngledakan Ciut

Ngetrip Tipis-Tipis ke Wisata Baru di Malang: Bukit Budukasu

Main ke Taman Kelinci: Spot Wisata Baru di Malang

Campfire Outdoor Cuisine: Spot Nongki Baru di Malang

10 Wisata Baru yang Akan Hits di Malang Raya

14 Pemandian Sekaligus Spot Underwater Kece di Malang Raya


Akses menuju lokasi sedikit sulit, karena belum ada angkutan umum menuju lokasi. Oleh karena itu, disarankan untuk bawa kendaraan pribadi. Selama perjalanan, kamu akan dimanjakan oleh hawa sejuk dan pemandangan sekitar yang menyegarkan.

Untuk rutenya sendiri, bila ditengok dari google maps (berhubung lokasi Goa Pinus belum ada di GPS) kamu bisa mengikuti arah menuju kawasan Pujon melalui Jl. Brigjend Abd Manan Wijaya dengan jarak tempuh sekitar 11,6 km atau memakan waktu sekitar 28 menit dari pusat kota Batu. Setelah sampai di kawasan Pujon, kamu lihat beberapa plang menuju Goa Pinus atau bisa bertanya pada warga setempat.

Nah, bagaimana teman-teman? Tertarik untuk berkunjung ke Goa Pinus? Oh iya, sedikit informasi lagi, karena obyek wisata Goa Pinus masih terbilang sangat baru dan masih dalam tahap pengembangan, harus dimakmuli bila ada fasilitas yang belum memadai. Buat kamu yang berkunjung ke sini, dimohon jaga kelestarian dan kebersihan sekitar ya!

(Foto featured dari @ikhaheny)

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.