Ngadem di Event Jambore Kependudukan Tahun 2016

Ngadem.com – 23 April kemarin, Jambore Kependudukan tahun 2016 resmi dibuka oleh Kepala Perwakilan BkkbN DIY ibu Dra. Maria Evi Ratnawati. Acara yang yang diikuti 150 peserta tersebut berlangsung selama dua hari satu malam, yaitu tanggal 23-24 April dan diselenggarakan di Omah Petroek -Kaliurang.

Dengan diselenggarakannya Jambore Kependudukan ini, ibu Dra. Maria Evi Ratnawati selaku Kepala Perwakilan Bkkbn DIY berharap para generasi muda bisa turut serta dalam menyukseskan pembangunan, terutama dalam program kependudukan. Beliau juga menuturkan bahwa dengan adanya peran serta dari generasi muda dalam program pembangunan dan kependudukan, manfaatnya sudah dapat dirasakan pada tahun 2035. Selain itu, pengetahuan masyarakat tentang isu kependudukan juga lebih meningkat.

Ita Suryani selaku Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, mengungkapkan bahwa para peserta Jambore mendapatkan banyak materi dari beberapa narasumber, diantaranya: Wawasan Kependudukan, Penduduk Remaja di Indonesia dan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Remaja, Problema Lansia di Indonesia, Beauty Class dari sponsor dan Peran Pramuka dalam Program KKBPK.

Kegiatan Jambore Kependudukan tersebut dihadir juga oleh Kwarda DIY yang diwakili bapak Drs. Lukas Sumanasa dan Para Kepala Bidang di lingkungan Perwakilan BkkbN DIY.

Acara Jambore Kependudukan tahun 2016 ini dikemas dengan konsep yang lebih renyah sehingga para peserta jambore yang notabene masih remaja tidak diserang kejenuhan dan dapat lebih peka dalam menangkap berbagai materi yang diberikan oleh para nasumber.

Selama dua hari satu malam ini para peserta Jambore yang berjumlah 150 diwajibkan mengikuti serangkaian acara mulai dari cerdas cermat kependudukan, Gala Dinner, Outbond di obyek wisata Kaliurang, api unggun dan pentas seni, dan juga kelas-kelas materi.

Secara khusus, Ngadem.com teramat senang karena diberi kesempatan oleh panitia untuk datang dan ikut merasakan nunasa persahabatan yang sangat kental di sesi Gala Dinner. Para peserta Jambore tampil elegan ala-ala Indonesia Tempo Doeloe, dimana peserta perempuan mengenakan kebaya dan peserta laki-laki mengenakan belangkon. Mengingat acara tersebut berdekatan dengan Hari Kartini, maka panitia memutuskan untuk mengusung tema Indonesia Tempo Doeloe.

Acara Gala Dinner berlangusung dari pukul 19.00-22.00, acara dibuka oleh tarian sunda yang begitu memanjakan mata. Selanjutnya MC mulai menyampaikan susunan acara. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, menyanyikan lagu Indonesia raya, menyanyikan mars Jambore Kependudukan, pemilihan 10 peserta dengan kostum terbaik, makan-makan dan terakhir hiburan musik dari Soundcloud.

Hari kedua, para peserta mengikuti outbond yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Outbond tersebut diisi dengan permainan-permainan bernilai edukasi yang mengutamakan kerjasama dan strategi. Dengan adanya kegiatan outbond, berharap para peserta dapat lebih mengembangkan life skills-nya.

Foto dokumetasi Jambore Kependudukan Tahun 2016

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Pesona Wisata Baru Cianjur, Curug Luhur yang Sangat Tersembunyi
Bogor Lantai Dua: Rumah Pohon Curug Ciherang Kece Buat Foto-Foto
Pesona Bukit Seribu Bintang (BSB): Tempat Wisata Baru di Kuningan