Ngadem Sambil Jeguran di Batu Gedong, Tulungagung

Ngadem.com – Potensi tempat wisata di Jawa Timur kian berkembang. Dari pembenahan infrastruktur sampai kehadiran pokdarwis di beberapa daerah adalah bukti bahwa Jawa Timur tak bisa dipandang sebelah mata. Dari banyaknya kota di Jawa Timur, Tulungagung salah satu yang getol membangkitkan semangat pokdarwis.

Nah, setelah beberapa lalu Tulungagung dihadiahi tempat wisata baru bernama Kedung Simin dan Kedung Tritis, kali ini Tulungagung kembali menawarkan pesona wisata lain bernama Batu Gedong. Meski tak secantik Kedung Tumpang, Batu Gedong terbilang asyik untuk sekedar santai atau jeguran. Selain itu, adanya mitos; barang siapa yang mandi di Batu Gedong niscaya akan mendapatkan berkah dan panjang umur, menjadi daya tarik tersendiri bagi Batu Gedong.

Batu Gedong terletak di Desa Sebalor, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Satu rute dengan Pantai Prigi, Tranggalek.

Jadi apa yang manarik dari Batu Gedong?

watu-gedong
alignment 10 px margin Ads7 :
foto dari @feri_wahy

Keindahan corak bebatuan di sekitar sungai serta jernihnya air di Batu Gedong adalah alasan mengapa banyak wisatawan yang datang mengujunginya. Panorama alam yang hijau berpadu dengan nyanyian serangga jadi magnet tersendiri. Kamu bisa main air sampai puas di sini. Kalau tak ingin basah-basahan, kamu bisa sejenak istirahat sambil foto-foto cantik. Dijamin hasil fotomu akan buat siapa pun melongo! Selain itu, menurut kepercayaan warga setempat, barang siapa yang mandi di sini segala cita-citanya akan tercapai. Ini mitos lho ya, terserah kamu mau percaya atau tidak.

Karena masih tergolong wisata baru, fasilitas yang ada di Batu Gedong belum terlalu lengkap. Kamu hanya akan menemukan area parikir dan warung. Untuk aksesnya sendiri terbilang mudah. Dari tempat parkir kamu harus berjalan kaki kurang lebih 10 menit untuk bisa sampai Batu Gedong.  Untuk tiket masuknya belum ditetapkan alias gratis. Tapi kamu harus bayar parkir Rp. 2.000/motor.


Baca Juga:

Tulungagung Kembali Punya Wisata Baru: Kedung Simin

Lagi, Tulungagung Punya Tempat Wisata Baru: Kedung Tritis

Tempat Wisata Hits di Tulungagung yang Bikin Hati Ayem


Nah, kalau kamu mau ke Batu Gedong bisa langsung ke Desa Sebalor, Kecamatan Bandung. Setelah sampai di Desa Sebalor, tanyakan warga di mana letak Batu Gedong. Kalau kamu tak tahu Desa Sebalor, kamu bisa gunakan GPS. Mudah bukan? :D

Batu Gedong terbilang wisata alam yang layak kamu kunjungi saat berada di Tulungagung. Corak bebatuan serta jerninya air Batu Gedong bisa jadi obat segala lelah dan gundahmu. Btw, tetap jaga kebersihan ya! Jangan melakukan hal yang merugikan orang di sekitarmu. Be wise travelers guys!

(Foto featured dari @feri_wahy)

Komentar

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.