Nyari Hidden Paradise di Cianjur? Coba deh ke Curug Ngebul

Ngadem.com – Kalau kamu bertanya di mana tempat wisata paling oke di Jawa Barat, kamu akan mendapatkan banyak jawaban yang justru membuatmu kian bingung. Jawa Barat punya Bandung dan Sukabumi yang beberapa waktu belakangan muncul banyak tempat wisata baru. Mulai dari wisata alam, pantai, bahkan adrenaline. Nah, sedikit bergeser, Jawa Barat juga punya Cianjur dengan tempat wisatanya yang tentu saja tak bisa kamu abaikan.

Tempat wisata di Cianjur yang memiliki pemandangan alam romantis dan lagi hits-hitsnya adalah Curug Ngebul. Mengapa namanya “Ngebul”? Itu karena air yang jatuh di sekitaran curug terlihat seperti uap, dan ya.. ngebul. Sederhana bukan?

Curug Ngebul berada di Desa Bunijaya, Kecamatan Pegalaran, Cianjur. Tak banyak wisatawan (bahkan orang Cianjur) yang tahu ada curug seindah ini di tanah Sunda. Lokasinya cukup tersembunyi dan akses jalannya pun belum bisa dikatakan baik. Dengan demikian, Curug Ngebul bisa masuk dalam jejeran hidden paradise di Cianjur yang tentu saja harus segera kamu kunjungi.

Curug Ngebul foto dari @chepybennington

Apa yang menarik di Curug Ngebul?

Karena wisata air, jadi kamu bisa menikmati terpaan buih air yang jatuh di wajahmu. Menikmati panorama alamnya, mengirup sejuk udaranya, mekubangkan diri di jernih airnya, mendengar nyanyian serangga yang bersembunyi di balik rimbun pepohonan. Atau, agar terlihat kekinian, kamu bisa menggunakan Curug Ngebul sebagai background dalam tiap jepretan kameramu. Selain itu, suasana romantis juga bisa kamu dapatkan bila mengajak kekasih atau mantan terbaikmu. Atau, coba lihat kumpulan bunga berwarna persis di bawah Curug Ngebul, indah bukan?

Harga tiket Curuh Ngebul masih belum ditetapkan. Kamu hanya bayar parkir di area yang sudah disediakan. Karena aksesnya terbilang sulit, ada baiknya kamu datang dengan persiapan tubuh yang fit serta ajaklah teman atau kerabat atau mantan terbaikmu. Kami tak menyarankan kamu datang sendiri. Sebab sendirian itu dingin, toh?

Baca juga: Cianjur dan Surga-Surga Tersembunyinya yang Akan Buatmu Susah Move-on

Nah, bila kamu ingin ke Curug Ngebul, kamu bisa langsung ke Desan Bunijaya, sekitar 2 jam dari Jalan raya Pagelaran. Setelah itu, kamu harus berjalan kaki melewati hutan belantara dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Trust me, hal yang paling berkesan saat ke Curug Ngebul adalah saat rute dari area pakir. Kamu akan melewati pematang sawah, ribuan pepohonan yang tak mungkin kamu tahu namanya, penduduk setempat yang tak segan membagikan senyumannya, serta bunyi serangga yang diam-diam membangkitkan rasa rindumu pada kampung halaman.

So, have nice trip guys. Stay clean and be wise travelers!

(Foto featured dari @phensopian)

Written by Reshie Fastriadi

Kontributor Ngadem.com - Pemuda beruntung yang lahir dan besar di lingkungan berbeda. Telanjur jatuh cinta pada dunia otak kanan dan Nasi Pecel khas Nganjuk. Sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah dan menata hati dari bisikan setan yang terkutuk.