Padang Punya Hidden Paradise yang Lagi Hits: Lubuak Bonta

Ngadem.com – Seperti yang kita tahu, Padang terkenal dengan makanan khasnya, rendang. Bahkan saking enaknya, rendang menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Rasanya yang gurih dan beraroma sedap membuat rendang jadi salah satu sajian wajib saat hari besar tiba. Tapi tentu saja, keistimewaan Padang bukan hanya rendang. Ada hal menarik lain yang bisa membuatmu jatuh cinta dengan Padang. Ya, apalagi kalau bukan tempat wisatanya.

Kali ini kita akan menuju Padang Pariaman, salah satu kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia.  Padang Pariaman menjadi kabupaten terkecil di provinsi Sumatera Barat, yaitu hanya 1.328,79 km². Sebelum diperluasnya Kota Padang tahun 1980, serta sebelum dimekarkannya Kab. Kepulauan Mentawai tahun 1999, Padang Pariaman dahulunya pernah menjadi kabupaten terbesar di Sumatera Barat.

Nah, jika kamu ke Padang Pariaman cobalah untuk singgah ke Kayu Tanam. Kenapa? sebab, di Kayu Tanam ada spot wisata yang lagi hits dan tentunya asik banget buat santai-santai, basah-basahan dan mencari udara segar. Nama spot wisata tersebut yaitu Lubuak Bonta.

Hal asik di Lubuak Bonta

Lubuak Bonta merupakan sebuah pemandian yang berada di Dsn. Korong Tarok, Dsa. Kenagarian Kapalo Hilalang, Kec. 2 X 11 Kayu Tanam, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Wisata air ini bisa banget bantu kamu yang memang lagi butuh tempat untuk ngadem. Oh iya, di sini juga ada spot yang tak kalah kece, namanya Lubuak Bonta 2. Jadi, kalau kamu ada rencana mau mainan air di Lubuak Bonta, jangan sampai lupa juga untuk mampir ke Lubuak Bonta.

Lubuak Bonta dan Lubuka Bonta II memiliki pesona pemandangan yang indah nan eskotis. Harmoni alam yang cantik antara dua air terjun dan lubuk dengan air jernih nan biru. Di sini, kamu juga bisa menikmati aktifitas foto-foto underwater.


Baca juga:

8 Tempat Wisata di Padang yang Jarang Terekspos Media

6 Tempat Wisata Hits di Bengkulu Ini Bakal Bikin Kamu Candu!

12 Tempat Wisata di Palembang dan Sekitarnya yang Siap Membiusmu!


Fasilitas yang ada di Lubuak Bonta

Fasilitas di Lubuak Bonta masih jauh dari kata lengkap. Dulu sempat dibuatkan fasilitas kamar mandi untuk ganti baju bagi yang habis mandi, namun karena tidak ada yang merawatnya, kebersihan kamar mandi tersebut jadi terbengkalai.  Buat kamu yang ingin kesini, jangan lupa bawa baju ganti, minuman, dan makanan ringan ya.

Tiket masuk dan akses menuju Lubuak Bonta

Untuk tiket masuknya tidak dipungut biaya sepeserpun kecuali untuk parkir, itupun kalau lagi ada tukang parkir. Lubuak Bonta sebenarnya sudah ada cukup lama, namun Dinas Pariwisata setempat belum meresmikan tempat ini.

Untuk bisa sampai lokasi, kamu hanya memakan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota Padang. Selama perjalanan kamu akan disuguhi susasana pedesaan yang asri nan mendamaikan. Setelah itu, kamu juga akan melewati jembatan dan jalan setapak yang akan membuat adrenalinmu tertantang.  Overall, akses menuju lokasi cukup melelahkan tapi juga menyenangkan.

lubuak bonta foto dari @pokee30

Tips-tips dan hal-hal yang bisa kamu lakukan ketika sudah sampai lokasi

[list icon=”fa-check”]

  • Merasakan sensasi sonrkeling yang berbeda di Lubuak Bonta. Kamu juga bisa foto-foto kece underwater di dalamnya. So, bawa kamera yang anti air ya. Atau kamu bawa waterproof untuk melindungi ponsel kamu dari air.
  • Buat pecinta fotografi alam, di sini ada beberapa spot epic buat didokumentasikan. Nah, buat kamu yang suka selfie, tempat ini juga recommended nih.
  • Buat kamu yang lagi galau atau lagi pingin mencari udara segar, Lubuak Bonta adalah pilihan yang tepat. Karena tempatnya agak tersembunyi, bawalah teman kalau kamu ingin ke sini. Biar nggak kayak orang ilang aja sich.
  • Jangan lupa bawa cemilan ringan dan minuman secukupnya. Karena di sini masih minim sekali warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman. Oh iya, jangan lupa bawa baju ganti juga buat kamu yang ingin mandi.
  • Kalau kamu udah puas maenan air di Lubuak Bonta, kamu bisa mampir sejenak di Kayu Tanam untuk memborong durian. Sebab Kayu Tanam ini salah satu kecamatan penghasil durian terbesar di Sumatera Barat.

[/list]

Nah, Itu dia informasi mengenai Lubuak Bonta, tempat wisata hits di Padang yang bisa kamu temukan di Kayu Tanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Menurut cerita warga setempat, katanya tempat ini agak angker. Namun, terlepas dari mitos-mitos yang beredar tersebut, Lubuak Bonta ini bener-bener spot wisata yang keren banget.  Oke deh. Selamat jalan-jalan yaa.

(Foto featured [email protected])

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Pesona Wisata Baru Cianjur, Curug Luhur yang Sangat Tersembunyi
Bogor Lantai Dua: Rumah Pohon Curug Ciherang Kece Buat Foto-Foto
Pesona Bukit Seribu Bintang (BSB): Tempat Wisata Baru di Kuningan