3 Pemandian Air Panas di Rinjani yang Bakal Bikin Kamu Melting!

Ngadem.com – Siapa wisatawan yang tak mengenal Gunung Rinjani? Gunung yang selalu menjadi magnet wisatawan asing pun lokal ini kian memperkuat fakta bahwa Indonesia memang sangat kaya akan destinasi wisata. Di sekitaran Gunung Rinjani pun juga bertebar spot wisata hits berupa air terjun serta pemandian air panas yang wajib sekali disambangi saat muncak ke Rinjani. Setidaknya ada tiga spot pemandian air panas yang tersebar di sekitar kaldera Danau Sagara Anak, yaitu Pemandian Selandir, Gua Payung dan Gua Susu.

Nah, kalau ada rencana muncak ke Rinjani kamu wajib banget mampir ke 3 pemandian air panas tersebut. Seperti apa keindahan tiga pemandian air panas di sekitaran Gunung Rinjani?

1. Karena lokasinya yang tidak terlalu ekstrim, Pemandian Selandir jadi favorit para pendaki saat muncak ke Rinjani

Pemandian Selandir via Lombok Island

Nama pemandian ini berasal dari tokoh pewayangan, di mana Selandir adalah tokoh yang memiliki ilmu sakti mandera guna. Pemandian Selandir terbilang ramai karena aksesnya cukup mudah. Selain itu, adanya 4 titik mata air panas yang memiliki suhu panas berbeda, membuat pemandian ini sangat digemari wisatawan. Di bagian atas terdapat telaga dengan suhu air sangat panas (52-65 derajat), sedangkan di bagian tengah memiliki panas 40-50 derajat dan bagian bawah 25-30 derajat celcius. Sumber airnya sendiri berasal dari sela-sela tebing yang kemudian dipancurkan menggunakan bambu.

2. Di Gua Payung kamu bisa istirahat melemaskan otot yang tegang selepas muncak

Gua Payung via backtohijau.blogspot.com

Namanya berasal dari bentuk pemandian ini yang mirip seperti payung; dengan tinggi 10 meter dan luas 3 meter. Di bagian dalam, terdapat sumber mata air panas yang mengandung sulfur atau belerang. Gua yang memiliki keindahan tersendiri ini terletak sekitar 750 meter di sebelah utara kaldera Seger Anak. Itulah mengapa akses jalannya terbilang sulit dan melelahkan. Menariknya, saat melakukan perjalanan ke Gua Payung, kamu akan dimanjakan dengan keindahan bunga abadi atau Edelways yang tumbuh subur di sekitaran jalan setapak. Karena kontur jalannya didominasi bebetuan licin, jadi kamu yang ingin ke sini harap hati-hati dan jangan datang saat musim hujan.

3. Dari Gua Payung, cobalah berjalan ke arah selatan. Kamu akan menemui Gua Susu yang sangat cocok untuk berendam lama-lama.

Gua Susu via tripjalanjalan.wordpress.com

Mengapa namanya Gua Susu? Itu karena air yang ada dalam tempat ini berwarna putih kekuning-kuningan (mirip susu) dan air yang menetes dari dinding stalaktit (konon) memiliki rasa yang berbeda-beda. Letaknya tak jauh dari Gua Payung (sebelah selatan). Meski gua ini memiliki ukuran yang tidak begitu besar, namun keindahan alamnya sungguh menawan. Selain itu, suhu arinya pun tidak terlalu panas. jadi sangat cocok untuk berendam lama-lama.

Nah, gimana? Tertarik untuk mengujungi 3 pemandian air panas di sekitaran Gunung Rinjani tersebut?  Ayo ajak teman dan kekasihmu!


Baca Juga:

Sihir Dahsyat 7 Air Terjun Baru di Lombok yang Lagi Hits

Genks, Ini Ada 7 Wisata Baru di Lombok yang Lagi Ngehits. Yakin Mau di Kamar Aja?


Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Pesona Wisata Baru Cianjur, Curug Luhur yang Sangat Tersembunyi
Bogor Lantai Dua: Rumah Pohon Curug Ciherang Kece Buat Foto-Foto
Pesona Bukit Seribu Bintang (BSB): Tempat Wisata Baru di Kuningan