Pendaki Pemula: Mengintip Eksotisnya 6 Gunung Pendek di Bogor

Ngadem.com – Tiap kali mendengar nama “Bogor” pasti langsung terbayang wisata Puncak dan hawa dinginnya. Kabupaten yang memiliki julukan kota hujan ini menjadi salah satu destinasi liburan yang memang banyak diburu wisatawan, baik daerah maupun luar daerah. Bogor sendiri adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat dan merupakan salah satu kawasan yang terletak di dataran tinggi. Tak heran bila udara di Bogor sangat sejuk dan segar. Sebagai kawasan dataran tinggi, Bogor memiliki banyak spot-spot menarik untuk dijadikan destinasi wisata, Seperti spot gunung dan spot bebukitan.

Nah, buat yang hobi mendaki, 6 gunung pendek di Bogor ini bisa dimasukan ke list pendakian selanjutnya. Yuk cek!

1. Nyari spot pendakian untuk pendaki pemula di Bogor? Ke Gunung Batu aja!

gunung-batu
Foto dari @febri_haryanto

Gunung Batu terletak di Dsa. Sukaharja, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor. Gunung Batu memiliki ketinggian kurang lebih 875 mdpl. Meski memiliki ketinggian di bawah 1000 mdpl, namun jalur pendakian menuju gunung yang satu ini terbilang cukup menegangkan. Jadi, tetap waspada dan berhari-hati ya! View yang disuguhkan Gunung Batu begitu elok. Seperti gunung-gunung pada umumnya, Gunung Batu juga memiliki pesona sunrise yang sangat menawan.

2. Nikmati romantisnya kabut tipis di Puncak Lalana

puncak-lalana
Foto dari @jens_imut

Puncak Lalana merupakan Puncak dari Gunung Kapur yang terletak di Dsa. Cibadak, Kec. Ciampea, Kab. Bogor, Jawa Barat. Memiliki ketinggian 385 mdpl, puncak yang satu ini sangat recommended untuk pendaki pemula. View yang ditawarkan pun begitu memesona. Untuk mencapai puncak, kamu akan memakan waktu sekitar 1 jam saja. Meski puncak Lalana sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula, disarankan untuk tetap berhati-hati, karena di beberapa titik ada jalur yang cukup ekstrim.

3. Dari Puncak Lalana, jangan lupa mampir ke Puncak Galau

puncak-galau
Foto dari @agungpuja-kusuma

Puncak Galau terletak di Kampung Reuma, Dsa. Cibadak, Kec. Ciampea, Kab. Bogor, Jawa Barat. Sama seperti Puncak Lalana, Puncak Galau juga berada di kawasan Gunung Kapur dengan ketinggian 354 mdpl. Puncak Galau jadi incaran banyak wisatawan karena lokasinya yang tak terlalu tinggi. Selain itu, viewnya juga cukup cantik.

4. Gunung Eusing, spot pendakian baru di Bogor yang harus kamu jajal

gunung-eusing-foto-dari-muhammadfirmanshah
Foto dari @muhammadfirmanshah

 

Gunung Eusing terletak di Dsa. Gobang, Kec. Rumpin, Kab. Bogor dan memiliki ketinggian sekitar 360 mdpl. Gunung Eusing sebenarnya sebuah bukit, tapi penduduk setempat sudah terbiasa menyebutnya gunung. Dengan ketinggian yang demikian, gunung ini cocok sekali untuk kamu pendaki pemula. Bisa dibilang, Gunung Eusing merupakan spot baru di Bogor. Mulanya spot ini adalah perkebunan milik warga setempat.  Karena view-nya yang ciamik, akhirnya dicoverlah sebagai destinasi wisata. Oh iya, kalau kamu ingin camping, minta ijin dulu pada warga setempat ya!


Baca Juga:

Bukit Alesano: Spot Camping Kece Untuk Menikmati Bogor Dari Ketinggian

Gunung Batu Jonggol: Wisata Hiking Asik di Bogor

6 Tempat Wisata di Bogor Anti Mainstream Ini Sedang Menunggumu!

Selain Puncak, Bogor Juga Punya Tempat Ngadem Hits: Curug Bengkok Leuwi Hejo


5. Gunung Alesano, salah satu spot camping asik di Bogor

Sunrise Bukit Alesano
foto dari @saputrahaddy

Bukit Alesano berada di kawasan kaki gunung Salak, tepatnya di Dsa. Cipelang, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor. Sama seperti gunung Eusing, Gunung Alesano juga sebuah bukit biasa. Hanya saja, beberapa wiatawan kerap menyebutnya Gunung. Di sini sering dimanfaatkan sebagai spot camping. View yang disuguhkan pun sangat menawan, terlebih saat pagi. Kamu akan melihat harmonisasi ciamik antara gunung Salak dan keindahan kota Bogor. Untuk camping di sini, kamu harus mengurus surat ijin terlebih dahulu.

6. Gunung Munara yang begitu eksotis

gunung-munara
Foto dari @albarisr

Gunung Munara memiliki ketinggian 1119 mdpl dan terletak di Dsa. Kampung Sawah, Kec. Rumpin, Kab. Bogor. Gunung Munara merupakan gunung yang di-tua-kan dan menjadi gunung tertinggi di antara gunung-gunung yang sudah disebutkan di atas. Untuk mencapai puncak, ada beberapa jalur pendakian yang membuatmu harus ektra hati-hati. Beruntunglah kamu memutuskan untuk camping di gunung yang satu ini, sebab sunrise di sini benar-benar cantik sekali. Buat kamu pecandu sunrise dan pecandu kabut, akan sangat sayang sekali bila melewatkan moment ini.

Nah, itulah 6 gunung di Bogor yang bisa kamu daki. Ketinggiannya yang rata-rata di bawah 1200 mdpl tentu sangat recommended untuk pendaki pemula.

Tetap jaga kebersihan dan utamakan keselamatan ya!

Komentar

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.