Pesona Wisata Baru Kota Batu, Malang: Bukit Bulu

Ngadem.com – Batu merupakan sebuah kota yang ada di Jawa Timur. Sebelumnya, kota Batu menyatu dengan kabupaten Malang, namun pada tahun 2001 Kota Batu ditetapkan sebagai kota otonom atau terpisah dari Kabupaten Malang. Bersama Kapupaten Malang dan Kota Malang, Kota Batu masuk dalam kesatuan wilayah yang dikenal dengan nama Malang Raya.

Kota Batu berada diketinggian 700-1200 mdpl dengan suhu rata-rata mencapai 12-19o celcius. Tak heran bila udara di sini sejuk sekali. Kontur tanahnya yang berbukit-bukit, membuat kota Batu dianugrahi bukit-bukit cantik dan air air terjun yang eksotis.

Kota yang dijuluki sebagai Swiss kecil-nya Pulau Jawa ini memang terkenal memiliki spot-spot wisata yang luar biasa indah. Ya.. tak heran juga bila banyak wisatawan daerah mapupun luar daerah yang berlomba-lomba tamasya ke Kota Batu saat liburan tiba.

Seiring dengan jumlah wisatawan yang semakin meningkat ke Kota Batu, pemerintah setempat pun akhirnya semakin gencar mengembangkan setiap potensi yang ada, khususnya di bidang wisata. Nah.. spot keren yang baru-baru ini resmi dibuka untuk umum adalah Bukit Bulu. Bukit Bulu merupakan spot wisata baru di Kota Batu. Bukit ini berada di kawasan Coban Rais, tepatnya di Dsa. Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Malang Raya.

Apa yang menarik dari Bukit Bulu?

bukit-bulu-2
Foto dari @mahadsugiyanto

Seperti obyek wista bukit pada umumnya yang selalu menawarkan pesona alam, Bukit Bulu ini pun sama. Pada waktu-waktu tertentu, kamu bisa menyaksikan kabut tips yang pelan-pelan menyelimuti pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Benar-benar pemandangan yang sungguh romantis dan mendamaikan sekali. Di sini juga terdapat beberapa spot gardung pandang. Selain dimanfaatkan untuk melihat panorama alam sekitar dari ketinggian, spot gardu pandang ini juga dimanfaatkan untuk para wisatawan yang ingin selfie ataupun berfoto.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat hawa di sini sangat sejuk meski kamu datang saat siang hari.

Oh iya, karena lokasinya masih berada di kawasan Coban Rais, setelah puas menikmati keindahan alam sekitar di Bukit Bulu, kamu bisa mampir jejeguran di Coban Rais. Lelahmu pasti langsung terbayar!

Akses dan rute menuju Bukit Bulu

Akses menuju Bukit Bulu cukup menguras tenaga. Kamu akan dibawa melewati jalanan naik-turun dan berliku. Udara sejuk dan pemandangan alam sekitar turut menemani perjalananmu menuju lokasi. Rute menuju Bukit Buli bisa langsung mengikuti arah Coban Rais karena lokasinya berdekatan dengan Coban Rais. Atau kamu bisa gunakan google maps dengan rute Coban Rais untuk memudahkan perjalananmu. Jika sudah sampai, kamu bisa lanjut tanya ke warga setempat arah menuju Bukit Bulu.

Harga tiket masuk Bukit Bulu

Tiket masuk ke Bukit Bulu cukup ekonomis, yaitu Rp7.500/orang. Untuk parkirnya Rp2.000/motor. Lokasinya yang masih satu kawasan dengan Coban Rais tentu menambah pengalamanmu dalam berwisata. Sebab, kamu bisa menikmati dua spot wisata kece sekaligus dalam satu waktu.


Baca Juga:

14 Pemandian Sekaligus Spot Underwater Kece di Malang Raya

Ngadem di Apache Camp: Spot Baru di Malang Raya Ala Indian

5 Cafe Outdoor Baru di Malang Raya yang Kecenya Minta Ampun

Ada Spot Baru di Desa Wisata Pujon Kidul Guys! Yuk Ah ke Malang!


Sedikit tips dari Ngadem.com buat yang mau ke Bukit Bulu. Tetaplah berhati-hati. Usahakan kendaraan dalam kondisi prima dan full bensin. Bawa baju hangat buat yang nggak kuat dingin. Bawa bekal dari rumah untuk menghemat uang jajan. Gunakan alas kaki yang sesuai -jangan gunakan alas kaki seperti alas kaki berhak tinggi atau wedges. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan keindahan alam sekitar.

Tetap jaga keindahan dan jangan buang sampah sembarang ya!

(Foto featured dari @mahadsugiyanto)

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.