Ketika Karimunjawa Sudah Terlampau Bising, Mlipir deh ke Pulau-Pulau Kecilnya yang Puitis Beud

Ngadem.com – Siapa yang tidak mengenal pesona Karimunjawa? Pasir putih, matahari yang hangat, dan potensi bawah laut yang indah adalah daya tarik yang melambungkan nama wisata di Kabupaten Jepara ini. Mungkin kepopulerannya sudah mengalahkan kepopuleran R. A Kartini, ya.

Saat musim liburan tiba, Karimunjawa menjadi destinasi favorit semua wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun dari luar negeri. Bayangkan, betapa berisiknya Karimunjawa saat musim liburan tiba. Jika kamu, ingin menghabiskan liburanmu di Karimunawa, dan mulai pening dengan kebisingannya, gak ada salahnya kamu mencoba berlayar sebentar menuju pulau-pulau kecil di sekitar Karimunjawa yang kami rangkum di bawah ini.

1. Mungkin Kamu Bisa Maskeran Pakai Bengkoang di Pulau Ini.

Pulau Bengkoang via botsosani.wordpress.com

Kok maskeran pakai bengkoang sih? Gak dong, nama pulau ini memang Pulau Bengkoang dan konon, dulu di Pulau ini banyak ditumbuhi Bengkoang. Mungkin pemilihan nama Bengkoang karena itu kali ya. Luas pulau ini sekitar 105 Ha dan masuk dalam wilayah Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa. Dari pulau Karimunjawa kamu cukup menempuh perjalanan selama satu jam dengan menyewa perahu nelayan.

Setibanya kamu di pulau ini kamu dapat snorkeling untuk memanjakan matamu dengan pesona terumbu karang. Oh iya, pulau Bengkoang masuk dalam kawasan Balai Taman Nasional Karimunjawa loh, jadi kamu harus ekstra hati-hati ya, jangan sampai merusak apapun. Jika kamu ingin menepi sejenak dari keriuhan di Karimunjawa, pulau kecil ini sangat direkomendasikan untuk menenangkan dirimu.

2. Berenang Bersama Ratusan Ikan Karang di Pulau Sintok.

Pulau Sintok via e4rlgr3y.wordpress.com

 

Pulau Sintok berada di Timur Laut pulau Karimunjawa. Kedua pulau ini dibelah oleh sebuah selat yang menjadi tempat favorit bagi ikan Karang. Jadi tidak heran kalau kamu berada di pulau Sintok, kamu bisa menyaksikan ratusan ikan Karang yang berenang dengan cantiknya.

Selain menyaksikan ratusan ikan Karang, kamu juga bisa snorkeling dan dijamin pemandangan bawah lautnya masih sangat asri dan cantik. Pulau ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin menyepi loh guys.

3. Snorkeling Bareng Ikan Badut di Pulau Seruni.

Pulau Seruni Foto Dari @yasuke1230

Pulau Seruni terletak tidak jauh dari pulau Sintok. Dari Karimunjawa dapat diakses dengan perahu nelayan yang bisa kamu sewa dengan harga yang terjangkau. Pulau Seruni memiliki pantai yang berpasir putih dan di sini terdapat ratusan ekorikan badut atau yang biasa kita sebut ikan Nemo. Wow, wajib siapkan kameramu loh guys.

Di pulau ini kamu benar-benar bisa merasakan sensasi berenang di pulau pribadi. Kok bisa? Karena pulau ini adalah pulau kosong yang tidak berpenghuni, cocok bangatkan untuk menepi dan menenangkan diri? Tapi, jangan lupa loh guys, jika kamu ingin ke pulau ini sebaiknya bawa bekal ya biar gak mati kelaparan.

4. Ketemu Lagi Sama “Nemo” di Pulau Genting.

Pulau Genting via panduanwisata.id

Satu lagi surga ikan badut atau ikan Nemo yaitu pulau Genting. Pulau ini berada tidak jauh dari pulau Seruni loh. Sama halnya dengan pulau Seruni, pulau ini juga tidak berpenghuni loh guys. Jadi kalau kamu tertarik ke pulau ini, sangat sangat dianjurkan untuk membawa semua keperluan yang kamu butuhkan biar petualanganmu di pulau ini gak garing.

5. Sambangi Pulau Sambangan. Bonusnya Kamu Bakal Sunset Gratis!

Pulau Sambangan Foto Dari @fxayu

Jepara nih benar-benar surganya pulau-pulau kecil ya. Pulau Sambangan, pulau Genting dan pulau Seruni berada dalam satu untaian alias berjajar. Di antara tiga pulau ini terdapat gosongan atau hamparan pasir dan terumbu karang yang cocok bangat untuk dijadikan spot fotomu. Jika kamu sudah bosan berjemur di Karimunjawa, kamu bisa mengunjungi pulau ini dan melihat dari dekat tempat pembudidayaan terumbu karang dan ikan Kerapu. Jangan lupa bawa perlengkapan snorkeling ya.

6. Meditasi di Heningnya Pulau Galeang.

Pulau Galeang Foto Dari @herry_nurzamany

Beralih ke bagian Barat Karimunjawa, kamu bisa mengunjungi pulau Galeang guys. Pulau ini memiliki bibir pantai yang sangat luas dan sejauh mata memandang berhiaskan putihnya pasir pantai. Wow, kamu bisa snorkeling, jemuran, berenang, main pasir, apapun yang kamu mau bisa kamu lakukan di pulau kecil ini. Untuk mencapai pulau ini, gampang kok! Tinggal sewa saja perahu para nelayan di sekitar Karimunjawa. Okkan?

7. Ada Burung Apakah di Pulau Burung ini?

Pulau Burung via amorekarimunjawa.wordpress.com

Pulau Burung, memang ada burungnya. Ya begitulah adanya guys. Pulau ini dinamai pulau Burung karena di sini banyak burungnya dan……. Ok kamu boleh percaya atau gak, tapi kalau kamu memperhatikan dengan baik kontur pulau ini dari kejauhan, kamu akan mengerti kenapa pulau ini dinamai seperti itu. Aaaaah ribet bangat sih. Pokoknya, katanya, pulau ini memiliki bentuk yang mirip burung gitu. Kamu bisa snorkeling seharian dan mengamati keindahan pesona bawah laut di pulau Burung tanpa perlu rebutan sama pengunjung lain loh. Jangan lupa bawa perlengkapan dan bekal ya guys.

8. Pulau Nyamuk? Penasarankan?

Pulau Nyamuk Foto Dari @fendywahyuddin

Pulau ini sudah berpenduduk loh guys, dan percaya atau gak di pulau ini gak ada nyamuknya karena yang ada hanya keindahan pulau yang tiada duanya. Jadi kamu gak usah takut digigit nyamuk. Terus kenapa harus dinamai pulau Nyamuk? Katanya lagi, bentuk pulau ini kalau di amati dari udara, mirip tubuh nyamuk gitu. Udahlah, percaya aja!

Pulau Nyamuk ini sudah diresmikan menjadi desa dengan nama yang sama, namun bukan berarti kamu gak boleh berkunjung kesini. Pulau ini sangat welcome menerima kedatanganmu. Setibanya disini kamu bisa berenang, snorkeling atau menjelajahi kampung Nyamuk. Dijamin keasrian pulau maupun kampungnya sangat terjaga loh guys.

9. Foto Cantik Bersama Cemara Laut di Pulau Cilik.

Pulau Cilik Foto Dari @jodywibowo

Pulau ini adalah pulau yang dipenuhi spot-spot foto yang ikonik loh guys. Jadi, pulau Cilik ini entah kenapa banyak ditumbuhi cemara laut dan pohon Setigi yang berjajar rapi gitu. Siapkan kamera dan caption terbaik untuk melepas foto-fotomu di instagram ya guys.

Cuma segitu doang? Ya gak dong, di pulau ini kamu juga bisa berselfie ria di dermaga kecil bahkan kamu bisa menenangkan dirimu dengan memancing dari dermaga kecil ini. Benar-benar menenangkan.

10. Kok Pulau Parang sih? Kok Ngeri sih?

Pulau Parang Foto Dari @auliaduta

Lupakan kata “Parang”nya guys karena pulau ini sama sekali tidak akan menyakitimu. Pulau ini jadi pulau tertua di kecamatan Karimunjawa dan dijamin bisa bangat buat kamu tenang. Dari Karimunjawa, kamu bisa menyebrang ke Pulau Parang menggunakan perahu nelayan dengan 2 jam perjalanan. Potensi di desa yang berdiri di atas pulau ini juga sangat menggoda loh. Apalagi buat kamu yang tertarik dengan kerajinan kayu. Sudah saatnya kamu menjawab rasa penasaranmu akan kerajinan kayu di pulau ini.

11. Pesona Hutan Mangrove di Pulau Kemujan.

Pulau Kemujan Foto Dari @damarjs

Pulau Kemujan bisa dibilang jauh lebih maju dari pulau lain karena di pulau ini sudah dilengkapi dengan dermaga laut, bandar udara Dewodaru dan PLTD. Pulau ini sudah berpenghuni loh guys. Sudah ada perkampungan yang eksotis . Kamu bisa mendatangi pulau ini dan menyaksikan kehidupan masyarakatnya atau menyusuri jalanan kampung yang pasti apik jika difoto. Pulau Kemujan juga sangat terkenal dengan hutan mangrovenya bahkan jika kamu ingin menyaksikan keindahan hutan mangrove, sudah disiapkan gardu pandangnya loh. Auuuw.

11 pulau kecil di Karimunjawa sudah Ngadem.com rangkum buat kamu. Tenang aja, semua pulau di atas mudah dijangkau kok jadi tentukan saja tanggal kunjunganmu. Ok!

Komentar

Written by Dj Wonga

Kontributor Ngadem.com - Bukan siapa-siapa tapi dari keluarga baik-baik.