7 Tempat Wisata di Jogja yang Epic Banget Untuk Menikmati Fenomena Segitiga Musim Panas

Ngadem.com – Sabtu, 6 Agsutus 2016 besok Indonesia bakal ditaburi ratusan bintang dan 2 planet sekaligus di angkasa. Fenomena yang disebut oleh Lapan sebagai Segitiga Musim Panas ini cuma terjadi antara jam 8 sampai 9 malam. Menariknya, fonemena Segitiga Musim Panas bisa kamu nikmati dengan mata telanjang. Jadi kamu nggak perlu teleskop atau teropong asalkan tempat di mana kamu menikmati Segita Musim Panas di lingkungan yang gelap. Nah, itulah mengapa Thomas Djamaluddin, selaku Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengajak masyarakat untuk sama-sama mematikan lampu di jam 8 sampai 9 malam.

Langit yang akan kamu lihat besok malam

segitiga musim panas via earthsky.org

Besok malam, kamu bisa melihat rasi Angsa (Cygnus) berdampingan dengan Segitiga Musim Panas (Summer Triangle) di langit utara dan tiga bintang terang di sekitar rasi Angsa: Deneb, Altair dan Vega. Di langit selatan ada rasi Salib Selatan (Crux) yang sering digunakan untuk menunjuk arah Selatan. Dan tepat di atas kepala, kamu akan melihat cantiknya rasi Kalajengking (Scorpio) dengan bintang Antares. Tak sampai di situ, karena tak ada bulan, besok kamu jaga akan melihat planet Mars dan Saturnus yang bersanding dengan bintang Antares. Keren kan?

Nah, kalau kamu stay di Jogja dan ingin menikmati fenomena epic tersebut, berikut Ngadem.com berikan 7 tempat wisata yang asyik untuk melihat fenomena Segitiga Musim Panas.

Terkenal dengan keindahan sunset-nya, Bukit Kosa Kora bisa jadi tempat asik untuk menyaksikan fenomena Segitiga Musim Panas

Kosa kora via nalacita.com

Di Bukit Kosa Kora, kamu bisa melihat fenomena Segitiga Musim Panas dengan lulasa. Karena letaknya di Jogja Lantai Dua, memudahkan kamu untuk memfoto atau membuat video dari fenomena epic ini. Selain itu, kamu juga bisa sekalian camping di Bukit Kosa Kora. Ajaklah teman karena pasti tempat ini bakal sepi sekali. Ya, biar kamu ada temennya aja sih :D Oh ya, lokasi Bukit Kosa Kora sendiri ada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tangjung Sari, Gunungkidul (sebelah Pantai Drini)

Baca Juga: Ngadem di Bukit Kosakora dan Pantai Drini, Gunungkidul

Kalau Gunungkidul Punya Bukit Kosa Kora, Bantul punya Bukit Paralayang yang juga cocok melihat fenomena Segitiga Musim Panas

Paralanyang via lookjogja.blogspot.com

Bukit yang difungsikan sebagai tempat olahraga Paralayang ini sangat cocok untuk melihat fenomena Segitiga Musim Panas. Selain disajikan taburan bintang, kamu juga akan melihat luasnya Pantai Selatan yang sungguh memanjakan mata. Datanglah sedari sore, sebab akses jalan menuju Bukit Paralayang akan sangat gelap saat malam hari. Lokasinya sendiri berada di kawasan Pantai Parangtritis, Bantul.

Selain bisa menikmati fenomena Segitiga Musim Panas, di Embung Nglanggeran kamu juga bisa melihat gagahnya Gunung Api Purba

Bukit Ngelangran foto dari @ariefkyanopic

Nah, kalau Bukit Kosa Kora terlalu jauh, kamu bisa ke Embung Nglanggeran. Lokasinya ada di Desa Ngelanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Di sini kamu bisa menikmati fenomena Segitiga Musim Panas dengan tenang dan leluasa karena lokasinya cukup luas dan terbilang gelap. Oh ya, kalau ke sini jangan lupa cek kendaraanmu dulu ya, sebab akses jalannya terbilang ekstrim apalagi saat malam hari.

Kalau kamu di Sleman, cobalah ke Candi Abang

Foto via Reshie Fastriadi

Candi yang dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies ini juga terbilang epic untuk melihat fenomena Segitiga Musim Panas. Karena lokasinya yang cukup gelap saat malam hari, aktivitasmu saat melihat fenomena Segitiga Musim Panas pun jadi maksimal. Letak Candi Abang sendiri berada di  Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman. Tak begitu jauh dari pusat Kota Jogja.

Baca Juga: Main Kejar-kejaran Sama Sunset di Candi Abang, Berbah

Cek juga Kebun Buah Mangunan. Ada hamparan pepohonan yang makin epic berpadu dengan Segitiga Musim Panas

Mangunan via heri-sugianto.blogspot.com

Kebun Buah Mangunan yang sering digunakan untuk camping ini juga cocok bila kamu ingin melihat fenomena Segitiga Musim Panas saat malam hari. Sebab, selain tempatnya yang gelap, areanya juga cukup luas. Selain itu, ada juga gazebo dan warung di sekitaran lokasi. Jadi kamu bisa duduk-duduk santai sambil melihat taburan bintang di angkasa. Lokasinya sendiri berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Kalau kamu berada di perbatasan Sleman – Klaten, kamu bisa ke Spot Riyadi

Spot Riyadi foto dari @iwanamac

Spot yang beberapa waktu belakangan sedang hits di kalangan para tervelers ini sangat cocok untuk melihat fenomena Segitiga Musim Panas. Selain itu, kamu juga bisa melihat hamparan kota Jogja dan Candi Prambanan dari Spot Riyadi. Spot Riyadi memang terkenal dengan pesona sunrise-nya yang epic gila, tapi saat malam hari pemandangan di sekitaran area juga tak kalah epic! Lokasi Spot Riyadi sendiri berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Baca Juga: Nyunrise ke Spot Riyadi. Spot Asyik Nikmati Jogja Saat Pagi Hari

Nah, itu dia 7 tempat melihat fenomena Segitiga Musim Panas di Jogja. Kalau kamu punya rekomendasi tempat lain, yuk share di kolom komentar. Stay clean and be wise traveler, guys!

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Malang: Pantai Ngledakan Ciut
Leuwi Tonjong: Pesona Wisata Baru di Garut yang Sungguh Instagramable
Kenalkan, Bukit Cendana Wisata Baru di Kulonprogo, Jogja