Sekaten Udah Dimulai Kengkawan! Ini Beberapa Hal yang Harus Kamu Tahu

Ngadem.com – Hallo, Jogja. Siapa nih yang akan atau sedang di Jogja? Jadi, hari ini tepat tanggal 10 November 2017, bertepatan dengan hari Pahlawan, event tahunan Sekaten 2017 resmi dibuka. Nah, Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) tahun ini akan digelar dari tanggal 10 hingga 30 November di Alun-alun Utara (Altar) Yogyakarta dengan tema “Harmoni Ekonomi Budaya dan Religi untuk Yogyakarta Istimewa”.

Masih Belum Tahu Dimana Lokasi Pasar Malam Perayaan Sekaten? Haduuhh… Ya Ampun.

Jadi, lokasi Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) tidak akan hijrah kemana-mana, lokasinya masih tetap sama seperti sebelum-sebelumnya. Untuk lokasi Pasar Malam Perayaan Sekaten di Yogyakarta terletak tepat di kawasan Alun-alun Utara (Altar) Yogyakarta atau di Jln. Alun-Alun Utara No.1, Kec. Ngupasan, Kraton, Kota Jogja, Yogyakarta. Seme

Sementara untuk perayaan Sekaten di Solo biasanya diadakan di Alun-alun Utara Solo atau di jln. Alun Alun Utara, Kauman Solo (Surakarta), Jawa Tengah. Namun Perayaan Sekaten di Solo sudah 3 kali tidak dibersamai dengan pasar malam, begitu pun dengan tahun ini. Hal tersebut disebabkan karena Alun-alun Utara yang kerap ditradisikan sebagai tempat diselenggarakannya pasar malam Sekaten, untuk saat ini tengah dialih fungsikan sebagai pasar darurat para pedagang Pasar Klewer. Para pedagang tersebut menempati kios-kios darurat yang terdapat di Alun-alun karena 3 tahun silam Pasar Klewer terbakar dan pembangunannya hingga kini belum juga selesai.

Btw, Gimana Sich Sejarah Tentang Pasar Malam Perayaan Sekaten?

Sekaten sendiri merupakan event tahunan di Yogyakarta dan Solo untuk memperingati hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW yang diselenggarakan setiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud (Rabiul Awal tahun Hijriah). Puncak dari acara sekaten ini adalah Grebeg Maulud atau sering disebut dengan Grebeg Sekaten yang bertepatan dengan hari lahir Nabi Muhammad tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Islam.

Jadi Gengs, Ini Lho Yang Menarik Dari Pasar Malam Perayaan Sekaten

Selain Grebeg Maulid, yang menarik dari Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) ini yaitu adanya berbagai wahana permanian menarik, seperti: ombak cinta, kora-kora, kursi putar, komedi putar, kincir angin atau bianglala, bom bom car, trampolin, rumah hantu, dll. Masing-masing wahana dikenakan tiket masuk mulai dari Rp8.000/orang.

Puas dengan wahana bermain, kamu pun akan kembali dimanjakan dengan berbagai suguhan kuliner yeng menggoda lidah, mulai dari kuliner tradisional sampai kuliner modern, mulai dari kuliner legendaris sampai kuliner kekinian. Masing-masing menu memiliki harga yang relatif ekonimis.

Selepas dimanjakan dengan beragam kuliner, kamu bisa menuju ke stand-stand yang menjajakan beraneka macam kerajinan dan aksesoris. Bagi kaum hawa, stand-stand ini merupakan surga dunia. Selain menjajakan barang-barang yang ciamik, pun harganya cukup ekonomis.


Baca Juga:

4 Alasan Mengapa Bakpia Mutiara Jogja Layak Kamu Icip!

Berburu Kabut dan Sunrise di Gunung Ireng, Jogja

Selandia Baru? Bukan. Ini di Jogja! Rumah Hobbit yang Masih Baru Banget


Masih mau belanja? Yuk kita menuju deretan stand awul-awul. Stand awul-awul ini merupakan stang yang menjajakan beraneka macam pakaian wanita dan pria, mulai dari pakaian orang dewasa hingga anak-anak. Belanja di sini jangan takut dompetmu menipis, karena harga yang ditawarkan di sini jauh dari kata mahal alias sangat ekonomis. Pakain-pakaian dibandrol dengan harga yang sangat murah karena memang pakaian-pakaian yang diperjualkan di sini merupakan pakaian bekas. Meski demikian, kualitas dari pakaian-pakaian yang diperjualkan di sini tak beda jauh dari yang ada di toko-toko maupun distro. So, ingin belanja pakaian tapi kondisi keuangan sedang cukup mengkhawatirkan? Coba deh mampir ke stand awul-awul, kali aja kamu nemuin pakaian yang sudah sedari lama kamu idam-idamkan dan tentunya dengan harga terjangkau.

Nah.. bagaimana nih, gengs? Yakin nih nggak mau kesini? Yuk.. yuk.. sempatkan diri untuk menikmati kebahagiaan di sini. Biar makin asik, jangan lupa ajak juga orang terdeketmu kesini.

(Foto featured dari @riswandharony)

Written by Amie Uliel

CEO Ngadem.com - Wanita asal Brebes yang menyukai apa pun saja tentang travel dan buku-buku roman. Kini sedang kurang khusyuk kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni UNY 2011.