Sihir Dahsyat 7 Air Terjun Baru di Lombok yang Lagi Hits

Ngadem.com – Lombok, selain terkenal akan deretan pulau dengan lautan biru toskanya, juga terkenal dengan bukit-bukit cantik yang memagari kawasan alamnya. Tentu saja, letaknya yang berada di kawasan perbukitan, membuat Lombok juga menyimpan destinasi air terjun yang beberapa waktu belakangan kian populer. Tercatat,  ada 7 air terjun di Lombok yang kini sedang ramai diposting di media sosial. Apa saja?

1. Air Terjun Tiu Kelep yang membuat hari-harimu ceria

Foto by @azlin.ismail

Foto by @azlin.ismail

Air terjun ini berada di Desa Senaru, Bayan, Lombok Utara. Memiliki ketinggian 42 meter dan air kolam di bawahnya tidak terlalu dalam. Di sini kamu bisa berenang sambil foto-foto dalam air. Suasananya sungguh asik untuk ngadem. Dalam bahasa Sasak, nama Air terjun Tiu Kelep berarti “terbang”. Ini menggambarkan kondisi Air Terjun Tiu Kelep yang buih-buih airnya berterbangan ditiup angin. Oh ya, jaraknya kurang lebih 60 km dari Mataram.

Baca juga: Genks, Ini Ada 7 Wisata Baru di Lombok yang Lagi Ngehits. Yakin Mau di Kamar Aja?

2. Air Terjun Sendang Gile yang akan membuatmu awet muda

Foto by @windasaputri233

Foto by @windasaputri233

Air terjun yang memiliki tinggi 35 meter ini berada di kawasan treking Gunung Rinjani. Airnya jernih dan dingin. Keindahan lain yang bisa kamu dapat di Air Terjun Sendang Gile adalah kamu akan melihat aneka pohon dan tumbuhan yang sungguh menyejukan mata. Masyarakat sekitar perrcaya, bahwa jika kamu mandi atau mencuci muka saja di Air Terjun Sendang Gile, kamu akan awet muda. Untuk mencapainya, kamu harus melewati 500 anak tangga yang bisa dibilang cukup melelahkan. Tapi, itulah keasyikannya; bercapek-capek dahulu, bersenang-senang kemudian. Oh ya, bila kamu lapar, tepat di pinggir air terjun ada sebuah warung bernama Rumah Makan Senaru yang menyediakan aneka makanan dan minuman.

3. Air Terjun Tiu Pupas yang jarang dikunjungi travelers

Foto via lombok.panduanwisata.id

Foto via lombok.panduanwisata.id

Air terjun yang memiliki ketinggian 50 meter ini berada di Dusun Keruak, Desa Genggaleng, Kecamatan Gangga. Nama “Tiu” berarti genangan air yang besar, dan “Pupas” berarti akar pohon yang biasanya hidup di hutan-hutan atau di pegunungan. Di tempat ini kamu akan disuguhkan panorama alam pegunungan yang sungguh memukau. Karena letaknya yang cukup terpencil, membuat air terjun ini jarang dikunjungi. Nah, ini kesempatan kamu untuk merasakan nuansa alam khas Lombok tanpa gangguan.

4. Air Terjun Batara Lejang yang terpencil tapi menghipnotis

Foto via yukpegi.com

Foto via yukpegi.com

Air terjun ini berada di hulu Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile. Tempatnya masih sangat asri dan alami. Di tempat ini kamu bisa mandi di bawah guyuran air yang sangat dingin dan segar. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan pemandangan alam khas Lombok yang begitu memukau. Oh ya, karena letaknya yang sangat terpencil, tak banyak orang yang mengujunginya. Untuk mencapai Air Terjun Batara Lejang, kamu harus melewati track ke Gunung Rinjani. Perjalanan akan memakan waktu 30 menit dari pos pemeriksaan pertama.

5. Air Terjun Mangku Sakti yang menyimpan sejuta keeksotisan di Lombok

Foto by @LaluAlithRahman

Foto by @LaluAlithRahman

Air terjun yang terletak di Desa Sajang, Lombok Timur ini masih terbilang asing bagi traveler yang ada di luar Lombok. Mengapa namanya Mangku Sakti karena dulunya ada seseorang pertapa sakti yang berdiam diri di tempat ini sampai meninggal dunia. Untuk mencapainya, kamu akan membutuhkan waktu 5 jam perjalanan dari Kota Mataram dengan sepeda motor. Di Air Terjun Mangku Sakti kamu akan menemukan keindahan dari jalur yang ditempuh, ada padang sabana yang cukup luas yang membuatmu merasa damai dan nyaman.

6. Air Terjun Joben yang memiliki keunikan tersendiri

Foto via webwisata.com

Foto via webwisata.com

Air terjun yang sering dikenal dengan sebutan Otak Kokok Gading ini memiliki tinggi 5 meter. Airnya berasal dari akar pohon Banjur yang sudah berumur ratusan tahun. Masyarakat sekitar percaya bahwa air terjun ini bisa menyembuhkan penyakit, dan bila buih airnya berubah menjadi warna putih, artinya badan kamu terkena penyakit. Terletak di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur.

7. Air Terjun Tiu Teja yang akan membuatmu betah berada di Lombok

Foto by aryaryadi

Foto by aryaryadi

Air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter ini terletak di Desa Santong, Kecamatan Kayangan. Arti namanya sendiri adalah Pelangi, karena memang saat siang hari Tiu Teja akan memancarkan bias dari sinar matahari. Di sini kamu bisa berenang dan bermain air sampai puas. Untuk mencapinya, kamu harus melakukan perjalanan selama 1 jam dari Bangsal. Meski pun akses jalan untuk menuju tempat ini terbilang mudah, ada baiknya kamu gunakan kendaraan pribadi yang dalam keadaan prima.

Nah, itulah 7 air terjun di Lombok yang beberapa waktu ini sedang hits di kalangan anak muda. Ada rekomendasi lain? Yuk share J

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Satu Lagi Pantai Tersembunyi di Malang: Pantai Ngledakan Ciut
Leuwi Tonjong: Pesona Wisata Baru di Garut yang Sungguh Instagramable
Kenalkan, Bukit Cendana Wisata Baru di Kulonprogo, Jogja