Sob, Ponorogo Punya 7 Tempat Wisata Baru Nih!

Ngadem.com – Ponorogo dikenal sebagai Kota Reog karena di kota inilah kesenian itu dilahirkan. Ya, kesenian tradisional Reog sudah mendunia dan menjadi ikonnya Kota Ponorogo. Bahkan, karena kesenian Reog Ponorogo itu, banyak wisatawan dari mancanegara yang rela datang ke kota ini hanya untuk menyaksikan pertunjukan tersebut.

Di samping mempunyai kesenian tradisional yang sudah mendunia, Ponorogo juga mempunyai sederet destinasi wisata yang menarik dan layak untuk kamu kunjungi. Nah, mau tahu apa aja? Berikut adalah tempat-tempat wisata baru yang ada di Kota Ponorogo.

1. Awali Perjalanan Wisatamu di Bukit Cumbri

Bukit Cumbri Purwantoro, Ponorogo foto dari @teguh_ariyantoo

 

Obyek wisata Bukit Cumbri merupakan sebuah bukit yang berada di perbatasan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wonogiri. Tepatnya terletak di Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. Bukit ini mempunyai ketinggian 638 mdpl, dan sebagian wilayahnya didominasi oleh batu-batuan besar yang menjulang di ketinggian. Yap, di lokasi ini kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar, lengkap dengan pemandangan kece yang menyerupai film Jurassic Park.

Setibanya di tempat parkir kendaraan, kamu bisa berjalan ke atas melalui jalur tracking yang cukup mudah. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam perjalan dengan berjalan santai. Di puncak bukit ini, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset dan sunrise yang istimewa, tentunya jika cuacanya mendukung. Nah, untuk masuk ke lokasi ini, kamu tidak akan dikenai biaya masuk selain untuk parkir kendaraan sebesar Rp. 3000,00/ motor. Udah deh, nggak perlu mikir lagi. Yuk, cus!

2. Nikmati Pemandangan Kota Ponorogo dari Gardu Pandang Gunung Masjid

Gardu Pandang Gunung Masjid, foto dari @aldiguna3

 

Lokasi Gardu Pandang Gunung Masjid ini terletak di Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Untuk mencapai puncaknya, kamu memerlukan tenaga yang lumayan ekstra. Nah, maka dari itu, sebelum memutuskan untuk berangkat ke lokasi ini, kamu harus mengisi perutmu dulu biar nggak semaput di tengah jalan. Ya, perjalananmu yang melelahkan itu akan segera dibayar lunas setelah kamu sampai di puncaknya.

Istimewanya lagi, untuk memasuki obyek wisata ini kamu tidak akan dikenai biaya sepeserpun, alias gratis. Tapi, untuk parkir kendaraannya, kamu diwajibkan untuk membayar mahar sebesar Rp. 3000,00/ motor. Akses jalan menuju Gardu Pandang Gunung Masjid ini sudah lumayan baik, akan tetapi, kamu tetap harus memastikan kendaraanmu dalam keadaan prima; supaya nggak mlorot pas lagi lewat di tanjakkan jalan. Oke, Gaes?

3. Setelah Puas Menikmati Suasana Pegunungan, Kini Tiba Saatnya untuk Ngadem di Air Terjun Mimang

Air Terjun Kedung Mimang, foto dari @hero_sain

 

Air Terjun Mimang terletak di Desa Karang Patihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Dari area parkir kendaraan, kamu harus berjalan kaki melewati jalan setapak bebatuan dengan panjang sekitar 2 km. Di tengah-tengah perjalanan itu, kamu bisa menemukan tempat yang biasa dipakai untuk kegiatan panjat tebing. Nah, kalau kamu berminat, kamu pun bisa menjajalnya dengan berlagak SKSD (Sok Kenal Sok Deket) pada mereka yang lagi melakukan kegiatan tersebut. :D

Oke, sesampainya di lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan hijau dedauanan dan sebuah air terjun dengan ketinggian 15 meter. Untuk saat ini, warga sekitar sudah mengelola tempat ini menjadi lebih baik. Dan oleh karenanya, kamu diwajibkan untuk membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000,00/ orang lengkap dengan biaya parkir kendaraan.

4. Meski Namanya Air Terjun Kokok, Tapi Di Lokasi Ini Nggak Banyak Ayamnya

Air Terjun Kokok foto dari @isromleonard

 

Lokasinya terletak di Desa Temon, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Di kawasan obyek wisata ini, kamu bisa melihat sebuah air terjun berundak dengan tebing-tebing batu kapur yang mempunyai ketinggian sekitar 18 meter. Akses jalannya sudah cukup baik, dengan pemandangan perbukitan di sekelilingnya dan lahan persawahan yang menghijau di kanan kirinya, Tempat ini bisa kamu akses dengan memakai kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk masuk ke kawasan obyek wisata Air Terjun Kokok ini, kamu diharuskan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000,00 lengkap dengan biaya parkirnya. Nah, dari area parkir kendaraan, kamu masih diharuskan melewati jalur treking yang cukup menantang. So, kamu siap berpetualang, Gaes?

5. Ada Lagi Nih Spot yang Tak Kalah Kece, Namanya Air Terjun Sunggah

Air Terjun Sunggah foto dari @farizal_hakim

 

Air Terjun Sunggah terletak di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Di sini kamu akan disuguhi pemandangan luar biasa berupa air terjun yang di sekelilingnya dipenuhi oleh bebatuan sungai yang ukurannya cukup besar. Batu-batu itu memiliki warna yang cukup unik, yakni agak kecoklat-coklatan dan semu kehitaman. Selain sejuk dan dingin, air yang mengalir pun sangat jernih. Tak hanya itu, kolam yang ada di bawah air terjun ini pun juga dipenuhi berbagai jenis ikan. So, kamu nggak penasaran?

6. Kurang Puas? Nih, Kami Kasih Air Terjun Pletuk Buat Kamu

Air Terjun Pletuk foto dari @bulan.septina

 

Air Terjun Pletuk, atau yang juga dikenal dengan nama Coban Temu ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Lokasinya berada di ketinggian 450 mdpl, dan memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Kawasan air terjun ini dikelilingi oleh perbukitan yang menjulang tinggi, serta ditumbuhi sejumlah tanaman yang cukup bervariasi. Tapi sayangnya, tempat yang memiliki potensi alam luar biasa ini justru tidak diperhatikan oleh pemkab setempat, khususnya Dinas Pariwisata Kota Ponorogo.

Lokasinya terletak di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo. Di tempat ini juga telah disediakan tempat parkir yang luas, mushola, toilet dan beberapa warung penjaja makanan. Selain itu, di sini kamu juga bisa mendapati area climbing yang sangat cocok buat kamu yang menyukai  aktivitas panjat tebing. Harga tiket masuknya sebesar Rp. 5000,00/ orang, dan parkir sebesar Rp. 2000,00 (motor) dan Rp. 5000,00 (mobil).

7. Selanjutnya Masih Ada Kedung Kenthus yang Cocok Banget Buat Ceceburan

Kedung Kenthus foto dari @abusyiri

 

Obyek wisata Kedung Kenthus ini merupakan sumber mata air alami yang terletak di Desa Jenangan, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Sumber mata air ini tak pernah dilanda kekeringan meski di musim kemarau sekalipun. Dari pusat Kota Ponorogo, kamu bisa menempuhnya dengan estimasi waktu 30 menit perjalanan ke arah Kecamatan Sumoroto, dan dilanjutkan ke arah Kecamatan Sampung yang terkenal dengan tambang batu kapurnya.

Nah, sesampainya di lokasi, kamu bisa melihat aliran sungai yang unik dengan bentuknya yang menyurupai gentong raksasa yang panjangnya mencapai 25 meter. Selain itu, warna airnya yang agak kehijauan, juga akan menambah kesan sejuk dan asri. Dinding-dinding batunya pun terlihat tidak beraturan, sehingga menghadirkan kesan artistik yang cukup memukau. Nah, untuk biaya masuknya, kamu akan dikenai biaya sebesar Rp. 5000,00/orang. Sedangkan biaya parkirnya Rp. 2000,00 (motor) dan Rp. 5000,00 (mobil).

Yap, 9 tempat wisata baru yang ada di Kota Ponorogo udah ada di tangan. So, mau nunggu siapa lagi? Yuk, segera cus dan ajakin pacar biar nggak nglangut!

Komentar

Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalimantan Papua Sulawesi Sumatera Wisata Yogyakarta
Pesona Wisata Baru Cianjur, Curug Luhur yang Sangat Tersembunyi
Bogor Lantai Dua: Rumah Pohon Curug Ciherang Kece Buat Foto-Foto
Pesona Bukit Seribu Bintang (BSB): Tempat Wisata Baru di Kuningan